ANALISIS SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA YANG TERAKREDITASI A

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1615

Keywords:

Penjaminan Mutu Pendidikan, Standar Nasional Pendidikan, Akreditasi

Abstract

Penelitian ini tujuannya adalah untuk mendeskripsikan sistem penjaminan mutu pendidikan pada SMA yang ter-akreditasi A yang letaknya di Kabupaten Bengkayang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data yang bersifat deskriptif, sedangkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data yang diperoleh dari berbagai sumber harus di verifikasi dengan menggunakan teknik triangulasi data. Triangulasi data dalam penelitian ini dilakukan untuk memvalidasi data ataupun informasi dari berbagai sumber yaitu Kepala sekolah, tim penjaminan mutu, guru, peserta didik, dan komite sekolah. Kajian terhadap implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dapat memberikan informasi bagi sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dua SMA yang mendapatkan peringkat akreditasi A, yaitu SMA N 1 Bengkayang dan SMA N 3 Bengkayang implementasi sistem penjaminan mutu pendidikannya sudah berjalan dengan baik, mencakup: penetapan standar mutu sesuai dengan kriteria minimal dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) dengan melibatkan seluruh komponen sekolah, pemetaan mutu melalui kegiatan evaluasi diri, penyusunan rencana mutu berdasarkan hasil pemetaan mutu yang telah dilakukan, pelaksanaan rencana pemenuhan mutu dengan terwujudnya budaya mutu, evaluasi atau audit pelaksanaan rencana pemenuhan mutu untuk meningkatkan mutu sekolah secara terus menerus. Pada SMA yang ter-akreditasi A tersebut dapat dibuktikan bahwa pengelolaan kebijakan, regulasi, program, kegiatan, telah sesuai dengan tata cara prosedur yang ditetapkan mengenai Standar Nasional Pendidikan, serta dapat dipercaya dan disepakati bersama oleh seluruh komponen sekolah, meskipun masih ada beberapa kendala dalam penerapannya.

References

Asmara, Rahidi. 2015. “Analisis Implementasi Delapan Standar Nasionalpendidikan Pada SMP Yang Terakreditasi A” 9 (Manajer Pendidikan): 173–84.
Asy’ari Mukaromah, HasyimLailil. 2019. “Jurnal Kependidikan:” Jurnal Kependidikan 7: 111–26.
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah Provinsi Kalimantan Barat.
http://bansmprovkalbar.or.id/index.php/Akreditasi/index/105/Data-Akreditasi.html, diakses 21 November 2021.
Data Referensi Kemendikbud.
https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=130800&level=2, diakses 26 Agustus 2021.
Dewi, Yetty Fatri. 2016. “Penjaminan Mutu Pendidikan Melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).” Education Management 1: 1–4.
Hajar, Ruyatul. 2017. “Implementasi Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Madrasah : Studi Di MTs Assurur Dan MTs Arrohmah Kota Tasikmalaya.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review IJEMAR 1 (1): 89–98.
Muhammad, Hamid. 2016. Pedoman umum sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
MY, Nurmaini. 2019. “Meraih Mutu Sekolah Melalui Data Mutu: Suatu Tinjauan.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 19 (2): 347. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.677.
Nugraha, RL. 2018. “Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan Di SMPN 1 Bantarkawung Kabupaten Brebes” 4 (Masters thesis, FIP Universitas Negeri Malang): 75496735.
Pemerintah Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Presiden Indonesia.
Pemerintah Republik Indonesia. 2021. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan. Presiden Indonesia.
Raharjo, dkk. 2019. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Panjar. Vol. 1.
Rahmania, Ika. 2020. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Untuk Meningkatk an M Utu Pendidik an Di Smp Negeri 21 Malang.
Rahwati, Dedeh. 2019. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar.” Indonesian Journal of Education Management and Administration Review 3 (Management and Administration Review): 13–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.4321/ijemar.v3i1.2945.
Simarmata, Jonner. 2015. “Analisis Implementasi Penjaminan Mutu Di Sma Negeri 3 Kota Jambi.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 15 (4): 54–62.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Wijaya, Hengki. 2018. “Ringkasan Dan Ulasan Buku Analisis Data Penelitian Kualitatif (Prof. Burhan Bungin).” ResearchGate, no. March: 1–45.
Zahrok, Asnaul Lailina Nikmatuz. 2020. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8 (2): 196–204. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.31288.

Published

2021-12-01

How to Cite

Dimmera, B. G. and Purnasari, P. D. (2021) “ANALISIS SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PADA SMA YANG TERAKREDITASI A”, Sebatik, 25(2), pp. 367–372. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1615.