IMPLEMENTASI COLOR DETECTION MENGGUNAKAN ALGORITMA MIDPOINT BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1631

Keywords:

Midpoint, Warna, RGB, Smartphone, Android, JavaScript Object Nation.

Abstract

Pengolahan citra selalu berhubungan erat dengan warna, namun ada beberapa metode pada yang mempunyai banyak kekurangan seperti metode Hue Saturation Value (HSV) yang hanya dapat mengenali 6 warna saja dan beberapa model pengenalan citra lainnya seperti Hue Saturation Lightness (HSL), Hue Saturation Intensity (HSI),  Hue Chroma Lightness (HCL), dan masih banyak metode pengolahan citra lainnya yang penggunaannya tidak secara real time. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah aplikasi pengolahan citra untuk mendeteksi warna berdasarkan kode heksa, kode Red, Green, Blue (RGB), dan pencatatan waktu pendeteksian yang dilakukan, mengimplementasikan Algoritma Midpoint ke dalam aplikasi, dan melakukan proses pengenalan citra tersebut secara real time. Algoritma Midpoint merupakan algoritma untuk mendapatkan titik tengah dari layar pada saat mengambil gambar objek menggunakan kamera smartphone. Titik tengah diperoleh dengan mendapatkan parameter yaitu koordinat ½ tinggi untuk sumbu y, dan ½ lebar untuk sumbu x sehingga dapat diperoleh titik pusat dari tengah layar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan bahasa pemrograman Java dengan JavaScript Object Nation (JSON) sebagai alat penyimpanan data dari warna yang digunakan untuk melakukan proses pengenalan warna Red, Green, Blue (RGB). Penelitian ini juga menambahkan metode Waterfall yaitu perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pada saat pengujian, peneliti menggunakan 15 data citra untuk diproses dan diharapkan adanya aplikasi ini dapat mempermudah pengguna dalam mengenali berbagai macam citra pada area di sekitar.

References

Aditya, M. R. V., Husni, N. L., Pratama, D. A., & Handayani, A. S. (2020). Penerapan Sistem Pengolahan Citra Digital Pendeteksi Warna pada Starbot. TEKNIKA, 14(2), 185–191.
Ayuningsih, K. (2018). Klasifikasi Citra Makanan Menggunakan HSV Color Moment dan Local Binary Pattern dengan Na\"\ive Bayes Classifier. Universitas Brawijaya.
Dalimunthe, A. (2021). Deteksi Kematangan Buah Manggis Berdasarkan Fitur Warna Citra Kulit Menggunakan Metode Transformasi Ruang Warna Hsv. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Hansun, S., Kristanda, M. B., & Saputra, M. W. (2018). Pemrograman Android dengan Android Studio IDE. Yogyakarta: Andi.
Harmayani, H., Apdilah, D., Helmiah, F., Siagian, Y., & Syah, A. Z. (2021). Interaksi Manusia dan Komputer. Yayasan Kita Menulis.
Hermana, A. N., Zulkarnain, A., & Riadi, Y. A. (2018). Implementasi Pengolahan Model Warna RGB Pada Aplikasi Identifikasi Warna. MIND (Multimedia Artificial Intelligent Networking Database) Journal, 3(1), 49–60.
Hilyard, G., & Hilyard, L. (2018). Herbert L. Welch: Black Ghosts and Art in a Maine Guide’s Wilderness. Rowman & Littlefield.
Kara, M. S., Wara, F. A., & Rumba, M. F. (2021). Identifikasi Jenis Bunga Menggunakan Ekstraksi Ciri Orde Satu (Studi kasus di Seminari Tinggi Rita Piret). Increate-Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi, 6(1).
Karja, I. W. (2021). Makna Warna. Bali-Dwipantara Waskita, 1(1).
Ryansyah, R. (2021). Identifikasi Tingkatan Warna Pada Kopi Roasting Menggunakan Metode HSV Berbasis Mobile. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(10), 520–526.
Simarmata, J., Manuhutu, M. A., Yendrianof, D., Iskandar, A., Amin, M., Sinlae, A. A. J., Siregar, M. N. H., Hazriani, H., Herlinah, H., Sinambela, M., & others. (2021). Pengantar Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis.
Susilo, A. A. T., Sunardi, L., & Waruwu, Y. (2019). Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Kosmetik di Toko Sharly Kota Lubuklinggau. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 4(2), 92–100.
Swedia, E. R., & Cahyanti, M. (2010). Algoritma Transformasi Ruang Warna. Universitas Gunadharma, Depok, Jakarta.
Tamsir, N., Soetikno, Y. J. W., & others. (2021). Aplikasi Penjualan Baju Kaos Berbasis Web dan Android. SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 10(1), 1–8.

Published

2022-06-01

How to Cite

Amrullah, D. L., Swedia, E. R., Cahyanti, M. and Dwi Septian, M. R. (2022) “IMPLEMENTASI COLOR DETECTION MENGGUNAKAN ALGORITMA MIDPOINT BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID”, Sebatik, 26(1), pp. 121–130. doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1631.

Issue

Section

Articles