PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDITASI METODE KITAB SUCI METODE IGNATIUS LOYOLA DAN METODE TERESIA AVILA BAGI CALON GURU AGAMA KATOLIK

Keywords: Pendidikan Karakter; Meditasi; calon Guru Agama Katolik

Abstract

Peran guru dalam pendidikan karakter sangat penting. Melalui pendidikan karakter, guru diharapkan menjadi pribadi yang membuka alam dan pikir serta jiwa, mampu mencerahkan, memupuk nilai-nilai keteladanan, nilai-nilai perilaku, nilai-nilai kasih sayang, nilai-nilai moralitas, serta nilai-nilai kebhinekaan. Mengingat guru menjadi kunci sukses pendidikan karakter, maka perlu dipikirkan bagaimana menyiapkan atau mendidik calon guru yang berkarakter unggul. Melalui Program Penguatan Pendidikan Karakter, terdapat 5 nilai karakter yang bersumber dari Pancasila yang dapat dikembangkan dalam pendidikan calon guru agama katolik, yaitu nilai karakter religius, nasionalisme, integritas, mandiri dan gotong-royong. Pendidikan karakter bagi calon guru, khususnya guru agama katolik tidak cukup hanya melalui pembiasaan. Perlu upaya internalisasi juga, salah satunya melalui kegiatan meditasi. Terdapat tiga metode meditasi yang sering digunakan dalam pembinaan calon guru agama katolik, yaitu metode kitab suci, metode Ignatius Loyola dan metode Teresia Avila. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif dengan responden adalah mahasiswa calon guru agama katolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang paling banyak digunakan dalam kegiatan meditasi adalah metode kitab suci. Penelitian juga menunjukkan bahwa kegiatan meditasi dapat mengembangkan karakter religius, nasionalisme, integritas, mandiri dan gotong-royong bagi calon guru agama katolik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. 2017. Peran fasilator guru dalam penguatan pendidikan karakter ( PPK ) Iskandar Agung The Role Of Teacher Facilator. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31(2), 106–119. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.312.6
Buchanan, T. K. 2017. Mindfulness and Meditation in Education. A Local Study. Young Children, 72(July), 69–74. https://www.researchgate.net/publication/329715051_Mindfulness_and_Meditation_in_Education.
Darminta. 1993. Latihan Rohani St. Ignatius Loyola. Kanisius.
Dirja, A. (2019). Meditasi Katolik: Bertemu Tuhan Dalam Keheningan Batin, Melalui Kontemplasi, Meditasi, Doa Kehadiran, Dan Pemeriksaan Batin. Obor.
Indonesia, C. 2021a. Guru Cabuli 7 Murid SD di Nias Sumut Ditangkap Polisi. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211028140034-12-713616/guru-cabuli-7-murid-sd-di-nias-sumut-ditangkap-polisi
Indonesia, C. 2021b. Korban Pedofilia Guru Pesantren di Sumsel Jadi 26 Orang. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210916160459-12-695347/korban-pedofilia-guru-pesantren-di-sumsel-jadi-26-orang
Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. 2016. Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12045
Nasa, R., & Nuwa, G. 2019. Penguatan Nilai Karakter melalui Kegiatan Meditasi Kitab Suci di Sekolah Menengah Pertama Seminari Maria Bunda Segala Bangsa Maumere Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 53–61. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n2.2019.pp53-61
Rachmawati. 2021. Kronologi Siswa SMP Meninggal Usai Dipukul Guru gara-gara Tak Kerjakan PR, Sempat Dirawat 2 Hari di RS. Kompas.Com. https://regional.kompas.com/read/2021/10/26/130300478/kronologi-siswa-smp-meninggal-usai-dipukul-guru-gara-gara-tak-kerjakan-pr
RI, K. P. dan K. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. 17-07-2017. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional
Surinono, C. 2019. Doa Batin bersama St. Teresa dari Avila. Kanisius.
Wahyuni, S. 2014. Profesi Guru Adalah Panggilan Ilahi. Antusias, Jurnal Teologi dan Pelayanan, III(5), 147–160. http://www.sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/18
Wijaya, A. I. K. D., & Gaudiawan, A. V. E. 2020a. Dampak Pembelajaran Reflektif Bagi Calon Guru Agama Katolik Terhadap Panggilan. JPAK, 20, 101–112. https://doi.org/https://doi.org/10.34150/jpak.v20i1.259
Wijaya, A. I. K. D., & Gaudiawan, A. V. E. 2020b. Reflective Learning as a Model of Character Education for the Teacher Candidate in the Industrial Revolution 4.0. 465(Access 2019), 190–193. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.048
Published
2021-12-01
How to Cite
Wijaya, A. I. K. D. and Permana, N. S. (2021) “PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDITASI METODE KITAB SUCI METODE IGNATIUS LOYOLA DAN METODE TERESIA AVILA BAGI CALON GURU AGAMA KATOLIK”, Sebatik, 25(2), pp. 500-507. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1644.