KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING DI KOTA KUPANG MENURUT PERSEPSI KEPALA SEKOLAH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1651

Keywords:

Kinerja, Tugas Pokok, Guru BK, Persepsi, Kepala Sekolah

Abstract

Kinerja guru bimbingan konseling adalah bentuk hasil kerja yang dicapainya dalam melaksanakan penugasan yang dibebankan kepadanya, baik secara kualitas maupun kuantitas, yang dilaksanakan selama periode waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru Bimbingan Konseling (BK) menurut persepsi kepala sekolah sebagai pemimpin, manajer, dan supervisor terhadap semua kegiatan yang dilaksanakan oleh warga sekolah sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis survey. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 65 orang kepala sekolah pada Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Kupang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner, dan dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini adalah kinerja guru bimbingan konseling secara umum tergolong cukup (55%). Jika dilihat per-aspeknya, maka kinerja dalam perencanaan dan pengembangan program, cukup (58%), pelaksanaan layanan-layanan BK, cukup (55%), serta evaluasi dan tindak lanjut, cukup (63%). Hal ini menunjukkan bahwa menurut pengetahuan, pemahaman, keyakinan, perasaan, dan tindakan kepala sekolah, kinerja guru bimbingan konseling masih berada pada kategori rata-rata, belum menunjukkan kinerja yang baik. Hambatan yang dialami adalah pada hampir 70% sekolah tidak ada jam tatap muka dengan siswa, guru BK sering dibebani dengan tugas-tugas lain di luar tugas pokoknya, kurangnya sarana prasarana yang menunjang pelaksanaan tugas seperti tidak ada ruang khusus bimbingan.

References

Adi, NI.M .A., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. 2015. Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Konseling Pada SMA Se Kabupaten Tabanan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 1–8.
Afdal. 2015. Kolaboratif : Kerangka Kerja Konselor Masa Depan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3, 1–7.
Astiti, P, dkk. 2018. Konstruksi Identitas Guru Bimbingan dan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi, 06(1), 1–9.
Babtista, O., Ernawati., & W. 2020. Persepsi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Selaras, 3(2), 111–128.
Bahri, S. 2020. Studi Evaluasi Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jurnal Pencerahan, 14(1), 1–23.
Barida, M., & Muarifah, A. 2019. Perbedaan Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menyelenggarakan Konseling Individual Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pengalaman Bekerja. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.17977/um001v4i12019p022
Barida, M., & Sutarno, S. 2018. Studi Komparasi Kinerja Konselor dalam Layanan Konseling Individual Berdasarkan Self Evaluation dan Peer Evaluation. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 3(1), 33–40.
Brown, C. H. 2019. Perceptions of School Counselors Surviving a School Shooting. Professional School Counseling, 22(1), 1–13. https://doi.org/10.1177/2156759X19853250
Busmayaril, H. 2016. Persepsi Peserta Didik terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat. Konseli: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 03(1), 11–18.
De Keizer, H., & Pringgabayu, D. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi, dan Budaya Sekolah, Terhadap Kinerja Guru di SMK ICB Cinta Niaga Kota Bandung. Manajemen Bisnis dan Inovasi, 4(1), 14–25.
Hadi, S. 2018. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Di SDLB Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, VIII(1).
Hamlyn, D. 2017. The Psychology of Perseption. Routledge & Kegan Paul Ltd.
Hapsyah, D.R., & Herdi, H. 2019. Factors Affecting the Problem of Guidance and Counseling Service Programs in High Schools. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 06(2), 99–108.
Imron, M., Naqiyah, N., & Hastuti, R. 2021. Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMA Kota Surabaya dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(111).
Indrasari, M. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Tinjauan dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, dan Karakteristik Pekerjaan. Indomedia Pustaka.
Irawan, S., & Meylani, H. 2021. Persepsi Guru Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Satya Widya, XXXVI(2), 88–96.
Karsono. 2016. Kinerja Guru Bimbingan Konseling Dalam Penyusunan Rencana Program Layanan Melalui Pendampingan Supervisi Klinis. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11, 123–132.
Kemensesneg. 2017. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 tentang Guru.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Mendikbud No.111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Khansa, R. (2015). Teachers ’ Perceptions toward School Counselors in Selected Private Schools in Lebanon. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 185, 381–387. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.411
Lubis, L.S.P., Solehuddin., & Budiman, N. (2020). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Latar Belakang Masa Kerja. Hadhârah, 12, 49–66.
Nagul, W., Yusuf, A.M., & S. 2013. Persepsi Tentang Tugas dan Motivasi Kerja Serta Pengaruhnya terhadap Kinerja Guru BK SMPN se-Kota Kupang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(1978), 1–8.
Putranti, D., Fithroni, F., & Kusumaningtias, D. 2020. Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Program Bimbingan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2).
Ramadani, D., & H. 2021. Studi Kepustakaan Mengenai Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Edukasi, Jurnal Bimbingan Konseling, Vol. 7(1), 42–52.
Saputri, S.M., Prayitno., & Jaya, Y. 2018. Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Serta Pembinaannya. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 1–20.
Siregar, Y. 2018. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling di SMA negeri Jakarta Timur. Teraputik, Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(3), 232–238. https://doi.org/10.30998/teraputik.32160
Solikin. 2012. Persepsi Kepala Sekolah , Guru Bidang Studi , dan Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling, 87–98.
Sudibyo, H. 2019. Kinerja Guru BK dalam Perencanaan Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 36–40.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta.
Supardi. 2016. Kinerja Guru. PT Rajagrafindo Persada.
Suryarsi, S., Hidayat, D.R., & Badrujaman, A. 2019. Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMP Di Sub Rayon 01 Kota Bekasi. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 51–64.
Wibowo, M. E. 2018. Profesi Konseling Abad 21. UNNES Press.
Wibowo, M. E. 2019. Konselor Profesional Abad 21. UNNES Press.

Published

2021-12-01

How to Cite

Margaretha, D., Erlinda, M. and Doni, Y. D. (2021) “KINERJA GURU BIMBINGAN KONSELING DI KOTA KUPANG MENURUT PERSEPSI KEPALA SEKOLAH”, Sebatik, 25(2), pp. 449–459. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1651.