PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI DI WILAYAH PERBATASAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1653

Keywords:

Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Pandemi, Peserta Didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh peran orang tua terhadap motivasi dan disiplin belajar selama pandemi di wilayah perbatasan Kalimantan Barat - Malaysia. Penelitian ini dilakukan melihat perubahan budaya pendidikan yang terjadi akibat pandemi Corona Virus-19. Salah satu perubahan yang terjadi yakni ketika proses pembelajaran peserta didik yang sebelumnya dipantau oleh guru di sekolah, beralih menjadi tugas orang tua dalam memantau proses pembelajaran peserta didik. Peserta didik lebih diharuskan memiliki motivasi dan disiplin belajar agar dapat melangsungkan pembelajaran dengan baik di masa pandemi, secara khusus di peserta didik yang berada di wilayah perbatasan yang memiliki berbagai kendala. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ex-post facto dan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa sekolah dasar di Bengkayang sebanyak 164 orang peserta didik. Instrumen penelitian sebelum digunakan diuji validasi dengan uji product moment dan diuji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data multivariate manova dengan taraf signifikasi α = 0.05. Uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov Smirnov dan uji Homogenitas varians dengan menggunakan Levene Statistic dilakukan sebelum analisis data. Pengolahan data angket menggunakan IBM SPSS versi 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan secara simultan antara peran orang tua terhadap motivasi dan disiplin belajar peserta didik dengan nilai Fhitung= 3.650.553 dengan Sig. = 0.000 < 0.005.

References

Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri. Prosiding Seminar Nasional, ISBN: 978-, 280–186.
Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo , Kebumen Arifia Sabila Hayati. Jurnal Tasyri’, 2, 23–32.
Hidayati, N., & Wulandari, I. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran Anak SMP Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumpulrejo Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021. Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 57–77.
Lisyani, L. (2021). Peran Orang tua dalam Mendampingi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 pada PAUD Tarbiyatul Aulad. Jurnal Syntax Transformation, 2(8), 1125–1129.
Moldovan, O. D. (2014). Intrinsic and Extrinsic Motivation to Primary School Children. Journal Plus Education, 5(1), 203–211.
Nugraheni, R. K. (2015). Pengaruh Peran Orangtua Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Se-Gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. http://repository.upy.ac.id/138/.
Priansa, D. J. (2015). Manajemen peserta didik dan model pembelajaran cerdas, kreatif, dan inovatif. Alfabeta.
Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 279–285.
Putri, D. M. (2021). Pengaruh Peran Orangtua Terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar Anak Sebagai Dampak Wabah Covid-19. Jurnal Paradigma, 11(1), 109–144.
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.
Teguh, M. (2015). Difusi Inovasi Dalam Program Pembelajaran Jarak Jauh Di Yayasan Trampil Indonesia. Scriptura, 5(2), 71–78. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar Wahidin*. 3(1), 232–245.
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Wulandari, W., Zikra, & Yusri. (2017). Peran Orangtua dalam Disiplin Belajar Siswa. 2(1), 24–31.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Published

2021-12-01

How to Cite

Lumbantobing, W. L. and Purnasari, P. D. (2021) “PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI DI WILAYAH PERBATASAN”, Sebatik, 25(2), pp. 555–561. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1653.