EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BENGKAYANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1658

Keywords:

Media Pembelajaran Daring, Kurikulum 2013, Pembelajaran Tematik, Pendekatan Saintifik, Sekolah Dasar

Abstract

 

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan media pembelajaran daring serta kendala dan faktor yang dihadapi guru dan peserta didik dalam menerapkan media pembelajaran daring pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduction, data display, dan conclusion drawing. Keabsahan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SDN 02 Bengkayang ditemukan bahwa pembelajaran tematik dengan menerapkan media pembelajaran daring belum efektif, dikarenakan berbagai kendala dan faktor yang mempengaruhi diterapkannya media pembelajaran daring dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan bersama guru dan peserta didik di SDN 02 Bengkayang ditemukan bahwa dalam proses pembelajaran tematik guru belum menggunakan media pembelajaran daring yang menarik dan sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga peserta didik tidak mampu memahami pembelajaran yang diberikan oleh guru secara utuh. Selain itu peserta didik tidak memiliki sarana penunjang seperti smartphone pribadi untuk mengikuti pembelajaran yang menerapkan media pembelajaran daring hal ini membuat peserta didik menggunakan smartphone milik orang tua nya, jaringan internet yang kurang memadai dan kondisi ekonomi keluarga peserta didik berada di tingkat menengah sehingga peserta didik tidak mampu membeli kuota/data internet untuk menunjang proses belajar mengajar yang menerapkan media pembelajaran daring. Guru sebaiknya mengikuti pelatihan mengenai berbagai media pembelajaran berbasis teknologi atau media pembelajaran daring sehingga dapat merancang dan mengelola pembelajaran daring dengan baik dan efektif sesuai dengan perkembangan zaman.

References

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.
Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1909–1917.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Depdiknas. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Cet. Kelima. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Febriani, D. A., Hafid, A., & Sudirman, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Tematik melalui Daring di Kelas IV SD Inpres 6/86 Biru. JPPSD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 45-58.
Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.
Hafid, A. (2019). Efektifitas Penerapan Pendidikan Karakter Pada Kurikulum 2013 Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Inpres 6/75 Ta'Tanete Riettang Kabupaten Bone. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 3(3), 283-293.
Hilna, P., Maula, H. L., & Uswatun, A. D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Pendidik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4), 861-872.
Hidayati, W. (2016). Implementation Of Curriculum 201 In Primary School Sleman Yogyakarta. Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7-12.
Hamid, N., & Jusmiana, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 66-80.
Izzuddin, A. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar. AS-SABIQUN, 3(1), 45-63.
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Genta Mulia, 12 (1), 281–294.
Kurniawati, W., & Ahmad, M. (2018). Analisis Pembuatan Media Pembelajaran dalam Mata Kuliah Pendidikan Multimedia oleh Mahasiswa Program Studi Teknologi Pendidikan IKIP Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2), 215-219.
Kurnianti, I. D., & Nuroso, H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Kelas 1 Tema 4 Sub Tema 2 melalui Pembelajaran Zoom dengan Media Power Point SD Negeri 01 Lambur Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik, 6 (1), 114–125.
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika secara Daring Efektif. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11 (2), 136–142.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.
Lubis, M. A. (2019). Pembelajaran tematik di SD/MI: Pengembangan kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI)
Mahsup, M., Islahudin, I., & Anwar, Y. S. (2018). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Menentukan Volume Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 27-30.
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran box nusantara untuk membentuk kemampuan memahami konsep tematik pada siswa sekolah dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 284-291.
Naziroh, N., & Muhammadi, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Group Investigation (GI) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V/A Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3462-3472.
Nurhidayati, S., & Rahayu, A. (2019, April). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).
Narati, Y., & Dkk. (2016). Tematic Learning Implemantation in Elementary School.(Phenomenology Student in Pamotan SDN 01 Majangtengah Malang. International Journal of Science and Research, Vol. 5, No. 11.
Qondias, D., Anu, L. E., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kelas Iii Kabupaten Ngada Flores. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), Vol. 5, No. 2.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sma Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 29-34.
Susila, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tematik Terpadu Menggunakan Model PBL di Kelas IV SDN 15 Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2826-2832.
Wajdi, M. B. N., Kuswandi, I., Al Faruq, U., Zulhijra, Z., Khairudin, K., & Khoiriyah, K. (2020). Education Policy Overcome Coronavirus, A Study of Indonesians. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 3(2), 96-106.
Wartini, A. N. A. (2016). Kebijakan Pembelajaran Tematik Integratif Dalam Kurikulum 2013 Paud. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1).
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group (Divisi Kencana).
Yulianto, D., & Nugraheni, A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33-42.

Published

2021-12-01

How to Cite

Silvester, S., Purnasari, P. D. and Sumarni, M. L. (2021) “EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR NEGERI 02 BENGKAYANG”, Sebatik, 25(2), pp. 411–417. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1658.