EKSPLORASI KECERDASAN DAYA JUANG (ADVERSITY QUOTIENT) MAHASISWA AKUNTANSI DALAM TINJAUAN FENOMENOLOGI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1670

Keywords:

Daya Juang, Adversity Quotient, Mahasiswa Akuntansi, Fenomenologi

Abstract

Riset ini adalah riset keperilakuan yang bermanfaat bagi pendidikan akuntansi. Tujuan dari penelitian ini yaitu eksplorasi daya juang (adversity quotient) mahasiswa ketika dihadapkan pada situasi-situasi pemicu stres karena berdasarkan hasil riset sebelumnya, mayoritas menunjukkan kecenderungan tingkat stres di kalangan mahasiswa. Kecerdasan daya juang (adversity quotient) tersebut merupakan salah satu aspek otak kanan yaitu unsur kecerdasan berlandaskan Tuhan, hati dan perasaan. Penelitian yang bersifat prediktif untuk mengetahui faktor penyebab stres mahasiswa dinilai belum lengkap. Atas dasar tersebut, peneliti menyajikan kisah daya juang mahasiswa dalam menghadapi tantangan dan peluang stres nya masing-masing dengan menggunakan salah satu metode dalam riset kualitatif yaitu metode fenomenologi transendental. Riset ini memanfaatkan hasil kuesioner dari penelitian sebelumnya yang berjudul “Academic Stress Inventory of Students at Universities and Colleges Technology” dengan informan mahasiswa Akuntansi. Hasil menunjukkan bahwa kecerdasan daya juang (adversity quotient) atau sederhana nya kemampuan individu menghadapi kesulitan berbeda antara satu dengan lain sesuai karakter individu masing-masing yaitu climbers, campers dan quitters. Tipe quitters adalah individu dengan dorongan untuk maju yang rendah dan memiliki sedikit ambisi. Tipe campers dapat didefinisikan sebagai individu yang telah berhenti bergerak maju dalam karier mereka karena mereka telah lelah dengan banyak rintangan di lingkungan dan cenderung puas dengan keadaan saat ini. Di sisi lain, tipe climbers merupakan individu yang terus mencari perbaikan dan menginginkan pertumbuhan dalam hidup nya.

References

Ajiwibawani, M. P., & Subroto, W. T. 2017. The Effect of Achievement Motivation, Adversity Quotient, and Entrepreneurship Experience on Students Entrepreneurship Attitude. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(9), 441-450.
Augesti, G., Lisiswanti, R., Saputra, O., & Nisa, K. 2015. Differences in stress level between first year and last year medical students in medical faculty of Lampung University. Jurnal Majority, 4(4).
Azaria, U. N., & Suprihatin, T. 2018. Adversity Quotient Pada Siswa Homeschooling. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 12(2), 79-86.
Chang, H.-J., & Wang, W. 2017. Comparisons of students’ stress source in different countries. WSEAS Trans. Adv. Eng. Educ, 14, 9-17.
Chin, S. T. S., Anantharaman, R., & Tong, D. Y. K. 2011. The roles of emotional intelligence and spiritual intelligence at the workplace. Journal of Human Resources Management Research, 2011, 1-9.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2017. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches: Sage publications.
Farisuci, R. M., Budiman, B., & Lukmawati, L. 2019. Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Pada Siswa Madrasah Aliyah Di Kota Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 5(1), 74-82.
Geng, G., & Midford, R. 2015. Investigating first year education students' stress level. Australian Journal of Teacher Education (Online), 40(6), 1-12.
Gerrard, Y. 2018. Beyond the hashtag: Circumventing content moderation on social media. New Media & Society, 20(12), 4492-4511.
Kamayanti, A. 2012. Cinta: Tindakan Berkesadaran Akuntan (Pendekatan Dialogis Dalam Pendidikan Akuntansi). Simposium Nasional Akuntansi XV.
Koohbanani, S. E., Dastjerdi, R., Vahidi, T., & Far, M.-H. G. 2013. The relationship between spiritual intelligence and emotional intelligence with life satisfaction among birjand gifted female high school students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 84, 314-320.
Lune, H., & Berg, B. L. 2017. Qualitative research methods for the social sciences: Pearson.
Lusiono, E. F., & Noviriani, E. 2019. Menumbuhkan Jiwa Sherlock Holmes Seorang Calon Akuntan. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(1), 28-38.
Mason, H. D. 2017. Stress-management strategies among first-year students at a South African University: A qualitative study. Journal of Student Affairs in Africa, 5(2), 131-149.
McCready, K. 2018. Anxiety and Stress in First Year University Students.
Mulawarman, A. D. 2014. Nyanyian Metodologi Akuntansi Ala Nataatmadja: Melampaui Derridian Mengembangkan Pemikiran Bangsa “Sendiri”. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(1), 149-164.
Mwivanda, M., & UoN, P. K. 2018. Effects of Teachers Adversity Quotient on student academic Performance in Public Secondary Schools in Kenya. International Journal of Education and Social Science, 5(11).
Noviriani, E., Ludigdo, U., & Baridwan, Z. 2015. Studi Fenomenologi Atas Dilema Etis Auditor Internal Pemerintah. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 19(2), 217-240.
Phoolka, E. S., & Kaur, N. 2012. Adversity Quotient: A new paradigm to explore. Contemporary Business Studies, 3(4), 67-78.
Puspitacandri, A. 2020. The Effects of Intelligence, Emotional, Spiritual and Adversity Quotient on the Graduates Quality in Surabaya Shipping Polytechnic. European Journal of Educational Research, 9(3), 1075-1087.
Shen, C.-Y. 2014. The Relative study of gender roles, and job stress and adversity quotient. Journal of Global Business Management, 10(1), 19.
Soraya, S., & Al Farizi, Z. 2017. Pemilihan Karir Perempuan Sebagai Akuntan Pendidik Dalam Perspektif Simone de Beauvoir: Studi Kasus pada Akuntan Pendidik Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 5(3), 216-236.
Triyuwono, I. 2013. Makrifat Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif untuk Pengembangan Disiplin Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi Syariah.(September), 1-12.

Published

2021-12-01

How to Cite

Noviriani, E. (2021) “EKSPLORASI KECERDASAN DAYA JUANG (ADVERSITY QUOTIENT) MAHASISWA AKUNTANSI DALAM TINJAUAN FENOMENOLOGI”, Sebatik, 25(2), pp. 418–425. doi: 10.46984/sebatik.v25i2.1670.