ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PORTAL RESMI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL DELONE AND MCLEAN
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1671Keywords:
Kampus Merdeka, Adopsi Pengguna, Model Analisis, Kesuksesan Sistem, Efektivitas Sistem.Abstract
Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan program pemerintah yang telah diselenggarakan sebagai kebijakan dalam pembelajaran di Perguruan Tinggi. MBKM merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta kultur belajar yang inovatif, tidak mengekang dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Untuk mendukung keberlangsungan nya, tentunya program ini juga didukung dengan sistem terintegrasi yang dirancang khusus untuk mengakomodir kegiatan MBKM. Portal resmi MBKM memuat segala informasi dan proses pelaksanaan kegiatan MBKM bagi mahasiswa, dosen maupun Universitas seluruh Indonesia. Namun sejauh ini belum terdapat data yang menyajikan tentang bagaimana efektivitas portal resmi tersebut dan hal apakah yang dapat dikembangkan berdasarkan persepsi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan portal resmi kampus merdeka dan efektivitas penggunaan dengan menggunakan model Kesuksesan Sistem Informasi. Penelitian ini dikembangkan dengan metode kuantitatif dengan proses pengembangan variabel dan indikator-indikator dari model yang dikembangkan. Untuk mendapatkan data primer, penulis menyebarkan kuesioner kepada 136 orang responden dan melakukan analisis data menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar variabel terkait dapat mempengaruhi efektivitas penggunaan sistem. Dari keseluruhan hipotesis, delapan hipotesis diterima dan menyatakan pengaruh signifikan pada model yang diteliti, serta hanya terdapat satu hipotesis yang menyatakan tidak berpengaruh signifikan, yakni kualitas layanan terhadap niat untuk menggunakan. Hal ini dapat diartikan bahwa minat pengguna untuk mengadopsi portal resmi kampus merdeka cukup besar dan efektivitas sistem masih dapat dikembangkan lagi. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak pengembang agar memperhatikan kembali faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu dan mengetahui efektivitas sistem untuk pengembangan sistem ke depannya.
References
Sudaryanto, W. W. R. A., 2020. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa, 9(2).
Nurhayani Siregar, R. S. A. A. H., 2020. Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1).
Faiz, A., 2021. Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).
Tuti Marjan Fuadi, D. A., 2021. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), pp. 603-614.
Aini, Q., 2021. Gamification-based The Kampus Merdeka Learning in 4.0 era. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 15(1).
Theresia Wati, A. M. A. N. H. & Seta, H. B., 2018. E-Learning Success Model: An Extention of DeLone & McLean IS' Success Model. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Informatics (IJEEI), 6(3).
Ojo, A. I., 2017. Validation of the DeLone and McLean Information Systems Success Model. Healthcare Informatics Research, 23(1), pp. 60-66.
Trihandayani, L. H., Aknuranda, I. & Mursityo, Y. . T., 2018. Penerapan Model Kesuksesan Delone dan Mclean pada Website Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(12).
Hidayatulloh, S., 2020. Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, 6(1).
Azizah, A. H. dkk., 2020. Factors affecting ERP (Enterprise Resource Planning) system adoption: A comparative analysis between SMEs and large companies. The Second International Symposium on Future Information and Communication Technology, 1(2).
Alzahrani, A. I., 2017. Modelling digital library success using the DeLone and McLean information system success model. Journal of Librarianship and Information Science, 51(2), pp. 291-306.
Jaafreh, a. B., 2017. Evaluation Information System Success: Applied DeLone and McLean Information System Success Model in Context Banking System in KSA. International Review of Management and Business Research, 6(2), pp. 829-845.
Riasti, B. K. & Nugroho, A., 2019. Analysis of the Success of Student Monitoring Information System Implementation Using DeLone And McLean Model. International Conference Computer Science and Engineering.
Nugraheni, D. M. K. & Bayastura, S. F., 2021. Analysis of factors that influence satisfaction and usefulness for attendance system with the Delone & McLean model (case study: attendance system at Diponegoro University). Journal of Physics: Conference Series, Volume 1943.
Zhu, Y.-q., Azizah, A. H. & Hsiao, B., 2021. Examining multi-dimensional trust of technology in citizens’ adoption of e-voting in developing countries. Information Development, 37(2), pp. 193-208.
Azizah, A. H., Fauzi, R. & Alam, P. F., 2020. Discovering the Impact of ERP (Enterprise Resource Planning) Adoption toward Employee Performance. Proceedings of the First International Conference of Science, Engineering and Technology, p. 231.
Lubis, M., Witjaksono, R. W. & Azizah, A. H., 2019. Implementation of Enterprise Resource Planning (ERP) using Integrated Model of Extended Technology Acceptance Model (TAM) 2. 7th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), Volume 7, pp. 1-6.
Anfina, A., Salisah, F. . N. & Permana, I., 2018. Analisa Kesuksesan Penerapan Sistem Perhotelan Dengan Pendekatan Model Delone and Mclean. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), pp. 56-59.
Sorongan, E., 2020. Evaluation of Implementation E-Government with Delone and Mclean. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, 4(10).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article