ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Keywords: Strategi pembelajaran, hasil belajar, peserta didik sekolah dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan strategi-strategi guru dalam proses pembelajaran di kelas dan dampak strategi belajar tersebut terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di sekolah dasar negeri 9 Rangkang, Bengkayang. Peneliti melibatkan guru pada jenjang kelas rendah dan guru pada jenjang kelas tinggi sebagai subjek penelitian ini. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi belajar yang digunakan guru sebelum masa pandemi covid-19 lebih efektif dibandingkan masa pandemi, ada beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya guru tidak bisa mengontrol dan memantau peserta didik secara langsung, penyampaian materi tidak optimal, pengerjaan tugas kurang maksimal dikarenakan materi yang diberikan oleh guru terbatas. 2) strategi pembelajara yang digunakan oleh guru wali kelas I dan wali kelas IV sebelum masa pandemi memberikan dampak yang baik terhadap hasil belajar peserta didik. 3) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru wali kelas I dan wali kelas IV selama masa pandemi memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, ini dibuktikan dengan hasil perolehan belajar peserta didik mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhe, K. R. (2018). Pengembangan media pembelajaran daring matakuliah kajian PAUD di jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education), 1(1), 26-31.
Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi orang tua dalam mengajar dan mendidik anak dalam pembelajaran at the home masa pandemi COVID-19. Al Athfal: Jurnal kajian perkembangan anak dan manajemen pendidikan usia dini, 3(1), 37-46.
Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Creswell, J. W. (2002). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative (p. 676). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Majid, A. (2017). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, L. J., & MA, D. Moleong, Lexi J.(2014).” Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi”. Bandung: Remaja Rosdakarya. PT. Remaja Rosda Karya.
Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga sebagai strategi Pendidikan Anak Usia Dini saat pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(1), 41-51.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.
Peraturan Pemerintah Nomor 1 Pasal 1. 2021. Tentang Standar Pendidikan Nasional.
Putra, N. (2012). Metode penelitian kualitatif pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Rachmah, H. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif Di Sekolah Dasar. MAJALAH ILMIAH WIDYA.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.
Surat Mendikbud No. 46962/MPK.A/HK/2020, tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 pada Perguruan Tinggi.
Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2011). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini.i (J. D. & Z. Jamalie (ed.)). Comdes.
Suyono, H. (2011). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2022-06-01
How to Cite
Sumarni, M. L., Silvester, S. and Sadewo, Y. D. (2022) “ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR”, Sebatik, 26(1), pp. 48-53. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1680.
Section
Articles