PERSEPSI NASABAH TERHADAP BANK BRI DAN CREDIT UNION PANCUR KASIH DI KOTA BENGKAYANG : MARKETING MIX
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1701Keywords:
Persepsi Nasabah, Marketing Mix, Nasabah, Bank BRI, Credit UnionAbstract
Perbankan merupakan salah satu badan usaha dalam bidang jasa pelayanan keuangan. Tugas utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana tersebut kepada peminjam, kemudian digunakan untuk ditanamkan pada sector produksi dan investasi. Oleh karena itu, system keuangan memiliki peranan yang sangat mendasar dalam perekonomian dan kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi konsumen terhadap Bank dan Credit Union di Kota Bengkayang, dari sisi marketing mix, diharapkan penelitian dapat memberikan solusi kepada pihak manajemen Bank BRI Dan CU Pancur Kasih cabang kota Bengkayang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif,. Dan jenis penelitiannya studi kasus didukung dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan observasi dengan subyek Penelitian yaitu Bank BRI dan Credit Union (CU) Pancur Kasih serta nasabah yang ada di Kota Bengkayang. Sifat penelitian ini adalah Explanatoring Research, dimana Teknik analisis dalam penelitian untuk mencapai tujuan yaitu dengan menggunakan analisis komparatif yaitu dengan menggunakan test “t” (uji beda) yakni untuk mencari perbedaan yang signifikan dari dua buah mean, baik antara dua sampel data atau antara beberapa sampel data. Berdasarkan hasil analisis data dengan pendekatan probalitas untuk dimensi produk dan promosi, persepsi nasabah Bank BRI Dan CU Pancur Kasih berbeda, sementara untuk ketiga dimensi pelayanan, lokasi, kredibilitas dengan pendekatan analisis probalitasnya > 0,025 maka H0 diterima yang artinya rata-rata persepsi nasabah terhadap Bank BRI dan CU Pancur Kasih ketiganya sama.
References
Ajuha, B. N. (2017). Dasar Dasar Perbankan. PT. Gramedia.
Andrianto, D. (2019). Manajemen Bank. Qiara Media.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian (Jakarta). Rineka Cipta.
Beni, S. (2017). Pembangunan Manusia Melalui Pendidikan Dasar Credit Union. Mer-C Publishing.
Budisantoso, T., & Nuritomo. (2014). Bank dan Lembagan Keuangan Lainnya. Salemba Empat.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen. Alfa Beta.
Kasmir. (2012). Pemasaran Bank. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (14th ed.). Pearson Prentice Hall.
Kuncoro, B. (2017). analisis persepsi nasabah terhadap produk tabungan dan bank serta implikasinya bagi strategi pemasaran produk tabungan.
Lany, J. C. &. (2013). Diagonostic And Statistical Manual Of Mental Dioders. Arlington: Physchotratric.
Mahmud, M. D. (2015). Psikologi Pendidikan. Depdikbud.
Paul, C., & McCrae, R. (n.d.). Personality Trait Structure As a Human. American Psychologi.
Peraturan Pemerintah, (1995). https://ppklkemenkop.id/index.php?rute=post&term=detail&pos=73
Undang Undang Negara Repebulik Indonesia, Pub. L. No. 10 (1998).
S. Mar’at, P. D. (2021). Psikolinguistik. Refika Aditama.
Stuart, G. . V. (2012). Bank Politik. Ghalia Indonesia.
Swastha, B., & T. Hani Handoko. (2014). Manajemen Pemasaran. BPFE UGM.
Widiyanto. (2013). Statistika Terapan. Erlangga.
Wulandari, C. D. (2015). Analisis perbandingan kualitas layanan bank pemerintah dan bank swasta. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ekonomi-komputer/article/view/748
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article