POPULARITAS DAYA TARIK WISATA PANTAI DI BALI SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT WISATAWAN DOMESTIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1814

Keywords:

Wisata Pantai, Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pandawa, Pantai Melasti

Abstract

 

Daya tarik wisata pantai adalah daya tarik andalan bagi Destinasi Bali selain daya tarik budaya. Penelitian ini menggunakan Tool Google Trends untuk menentukan popularitas empat daya tarik wisata pantai di Bali yakni Pantai Kuta, Sanur, Pandawa, dan Melasti. Pantai Kuta sebagai salah satu destinasi wisata favorit menjadi andalan pariwisata Bali. Pantai Kuta menjadi lokasi untuk menikmati panorama matahari terbenam yang indah di Pulau Bali. Pantai Sanur adalah pantai yang dikenal dengan sebutan Sunrise atau matahari terbit. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kab. Badung, Provinsi Bali. Pembangunan berbagai infrastruktur seperti jalan dan sarana pendukung lainnya terus dikerjakan di daerah ini. Hasil analisis menunjukkan bahwa sejak awal tahun 2000 hingga akhir tahun 2021, semua daya tarik wisata pantai mengalami penurunan popularitas. Daya Tarik Wisata Pantai Kuta adalah daya tarik wisata pantai yang paling popular sejak lima tahun terakhir, kemudian pada posisi kedua Pantai Pandawa, posisi ketiga Pantai Sanur, dan posisi terakhir adalah Pantai Melasti. Segmentasi daya tarik wisata pantai di Bali adalah wisatawan lokal Bali, dan wisatawan domestic yang berasal dari DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Para pengelola daya tarik wisata pantai perlu memberikan pelayanan yang lebih baik bagi wisatawan domestic yang berasal dari DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

Author Biographies

I Gusti Bagus Rai Utama, Manajemen, Universitas Dhyana Pura

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika Bisnis dan Humanioara

Ni Putu Dyah Krismawintari, Manajemen, Universitas Dhyana Pura

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomika Bisnis dan Humaniora

References

Al Mana, A. M., & Mirza, A. A. (2013). The impact of electronic word of mouth on consumers’ purchasing decisions. International Journal of Computer Applications, 82(9).
Aprianingsih, A., Setiawan, M., Affandy, F. B., Immanuel, B. C., & Fachira, I. (2020). Factors Affecting Celebrity Endorsement on Purchase Intention Through Instagram Fashion Online Shop: An Indonesian Perspective. International Journal of Marketing, Communication and New Media, 8(15).
Carneiro, H. A., & Mylonakis, E. (2009). Google trends: a web-based tool for real-time surveillance of disease outbreaks. Clinical Infectious Diseases, 49(10), 1557–1564.
Fitriani, N. (2018). PENGEMBANGAN PANTAI MELASTI SEBAGAI SURGA TERSEMBUNYI DI BALI. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.
Juniasih, I. A. K., Gumi, W. S., & Yanthi, N. M. D. (2020). Potensi Pengembangan Pantai Melasti Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung. Prosiding, 2, 204–217.
Krisnayani, N. K., Liestiandre, H. K., & Pranjaya, I. G. P. A. (2021). Pengaruh Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Di Pantai Melasti, Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 134–143.
Marie, A. L., & Widodo, R. E. (2019). Pengaruh Online Reviews terhadap Online Hotel Booking Intentions, Study Kasus pada Traveloka. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(3), 194–207.
Mavragani, A., Ochoa, G., & Tsagarakis, K. P. (2018). Assessing the methods, tools, and statistical approaches in Google Trends research: systematic review. Journal of Medical Internet Research, 20(11), e9366.
Nafah, H. K., & Purnaningrum, E. (2021). Penggunaan Big Data Melalui Analisis Google Trends Untuk Mengetahui Perspektif Pariwisata Indonesia di Mata Dunia. SNHRP, 3, 430–436.
Pemasaran. (2015). Positioning Eco-Tourism Objects for Improving Image of Bali Indonesia as An International Tourist Destination. Journal of Business on Hospitality and Tourism. https://doi.org/10.22334/jbhost.v1i1.17
Putra, A. Y., & Suyuthie, H. (2022). Persepsi Pengunjung tentang Fasilitas Daya Tarik Wisata Pantai Sako di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1).
Sulistyafani, A., & Sastrawan, I. G. A. (2021). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Di Pantai Pandawa, Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(1), 96–104.
Trimurti, C. P., & Utama, I. G. B. R. (2020). The examination bali destination marketing chain model based on tourist motivation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(3).
Utama, I. G. B. R. (2016). Daya tarik wisata kota Denpasar Bali. Daya Tarik Wisata Kota Denpasar Bali, September 2015.
Violinaa, S., & Suryawana, I. B. (2016). Kualitas Kebersihan Lingkungan sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Pantai Sanur Kaja. Jurnal Destinasi Pariwisata ISSN, 2338, 8811.
Wedayani, N. M. (2018). Studi pengelolaan sampah plastik di pantai kuta sebagai bahan bakar minyak. Jurnal Presipitasi: Media Komunikasi Dan Pengembangan Teknik Lingkungan, 15(2), 122–126.
Zhao, F., Zhou, J., Nie, C., Huang, H., & Jin, H. (2015). SmartCrawler: a two-stage crawler for efficiently harvesting deep-web interfaces. IEEE Transactions on Services Computing, 9(4), 608–620.

Published

2022-06-01

How to Cite

Utama, I. G. B. R. and Krismawintari, N. P. D. (2022) “POPULARITAS DAYA TARIK WISATA PANTAI DI BALI SEBELUM DAN MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT WISATAWAN DOMESTIK”, Sebatik, 26(1), pp. 326–331. doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1814.

Issue

Section

Articles