PENGARUH ETIKA BISNIS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ROLIMEX MEDAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1839

Keywords:

etika bisnis, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan etika bisnis dan pelayanan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada PT Rolimex Medan.Kepuasan konsumen merupakan aset yang sangat penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Jika konsumen merasa puas, maka konsumen akan menjadi pelanggan setia dan akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Dalam penelitian ini, menganalisis tentang etika bisnis dan kualitas pelayanan yang diduga mempengaruhi kepuasan konsumen. Etika bisnis adalah kaidah secara tertulis maupun tidak tertulis mengenai perilaku individu maupun kelompok saat melakukan aktivitas bisnis dengan konsumen sedangkan kualitas pelayanan adalah perilaku yang dilakukan seorang individu maupun kelompok, dengan harapan bahwa perilaku tersebut sudah memenuhi keinginan dan harapan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, ujiregresi linear berganda, uji parsial (uji-T), uji signifikansi simultan (uji-F) dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan bantuanSoftware Statistical Program Of Social Science (SPSS) versi 26For Windows. Metode pengambilan sampel dengan metode purpose sampling dan penarikan sampel sebanyak 70 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa etika bisnis dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan adanyapengaruh variabel etika bisnis dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dengan kontribusi pengaruh sebesar 0.264(26,4%) dan sisanya 73,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti kualitas produk, harga, cara iklan, kemudahan akses produk dan lain sebagainya.

References

Abdullah, iT., i& iTantri, iF. i(2018). iManajemen iPemasaran i(7th ied.). iPT iRajaGrafindo iPersada.
Apriansyah, iR. i(2018). iPengaruh iKualitas iPelayanan idan iPromosi iTerhadap iVolume iPenjualan ipada iPT iPrioritas iRengat. iJurnal iManajemen iDan iBisnis, i7(2), i37–45. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.34006/jmbi.v7i2.48.
Dianto, iI. iW. i(2013). iAnalisis iKepuasan iKonsumen iWaroeng iSteak i& iShake iJl. iCendrawasih iNo i30 iYogyakarta. i30. ihttps://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1
Gunawan, iC. i(2020). iMahir iMenguasai iSPSS i(New iEdition): iPanduan iPraktis iMengolah iData iPenelitian. iDeepublish iPublisher.
Jubelio.com. i(n.d.). i5 iIndikator iKepuasan iPelanggan iyang iWajib iKamu iKetahui. iRetrieved iMarch i15, i2022, ifrom ihttps://jubelio.com/2021/5-indikator-kepuasan-pelanggan-yang-wajib-kamu-ketahui/
Kotler, iP., iKartajaya, iH., i& iSetiawan, iI. i(2019). iMarketing i4.0: ibergerak idari itradisional ike idigital i(A. iTarigan i(Ed.)).
Maulana, iA. iS. i(2016). iPengaruh iKualitas iPelayanan idan iHarga iterhadap iKepuasan iPelanggan. iJurnal iEkonomi, i7(2), i113–125. ihttps://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13
Muliati, iT., i& iNurmatias, iF. i(2021). iPengaruh iEtika iBisnis iIslam iDan iKualitas iPelayanan iTerhadap iKepuasan iKonsumen iMuslim iPada iRestaurant iDr. iNia iBaker iSeafood iN iSteak iHouse iDi iKota iDumai. iJurnal iAl-Hisbah, i2(3), i1–15.
Noor, iF. iV. i(2020). iPengaruh iKualitas iPelayanan iterhadap iKepuasan iPelanggan iPT iHerba iPenawar iAlwahida iIndonesia i(Studi ipada iAlfatih iBusiness iCenter iII iHPAI iKota iBengkulu).
Patri, iE. i(2021). iPengaruh iKualitas iPelayanan iTerhadap iKepuasan iPelanggan ipada iJust iCafe idi iMakassar. ihttps://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/22387-Full_Text.pdf
Priyatno, D. (2016). SPSS Handbook: Analisis Data, Olah Data, dan Penyelesaian Kasus-kasus Statistik (1st ed.). Mediakom.
Rachmarwi, W. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Bebek H. Slamet Cabang Joglo, Jakarta Barat. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(1), 30–38. https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i1.268
Reni, D., & Asmawati, S. (2016). Kualitas Pelayanan Frontliner dan Kepuasan Nasabah. Islaminomic, 7(Agustus), 1–15.
Rohman, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel MR.Montir Citayam. In DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36006/1/ABDUR ROHMAN - FITK.pdf)
Santoso, S. (2017). Menguasai Statistik dengan SPSS 24. Elex Media Komputindo.
Saputra, F. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Keuntungan Usaha Pengusaha Laundry di Kecamatan Tembalang. August.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran : Teori & Implementasi (S. FL (Ed.); 1st ed.).
Sunyato, D. (2016). Methodologi Penelitian Akuntansi. PT Refika Aditama.
Tao, F. (2014). Customer Relationship Management based on Increasing Customer Satisfaction. International Journal of Business and Social Science, 5(5), 256–264. https://ijbssnet.com/journals/Vol_5_No_5_April_2014/32.pdf
Taupik Ismail. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1124–1135.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, quality dan Satisfaction (Edisi 4) (4th ed.). Andi.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2017). Pemasaran : Esensi dan Aplikasi. Andi.

Published

2022-06-01

How to Cite

Denni, D., Robin, R., Irwadi, I., Hendy, H. and Victor, V. (2022) “PENGARUH ETIKA BISNIS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ROLIMEX MEDAN”, Sebatik, 26(1), pp. 231–238. doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1839.

Issue

Section

Articles