IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TUTURAN PATA DELA MASYARAKAT NGADA DALAM UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1849

Keywords:

Nilai-nilai, Kearifan Lokal, , Pendidikan Karakter, Pata Dela, Masyarakat Ngada

Abstract

Pendidikan karakter di Indonesia telah banyak dilakukan dengan berbagai pendekatan, tetapi masih jarang berlandaskan pada budaya dan kearifan lokal. Indonesia adalah negara yang kaya dengan budaya dan nilai-nilai lokal, sejalan dengan banyaknya suku, bahasa, adat istiadat, dan kebiasaan hidup. Pata Dela adalah kearifan lokal etnis Ngada, yang mengandung  nilai-nilai luhur yang perlu diidentifikasi dan dianalisis implikasinya dalam pendidikan karakter. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling, dan informan adalah  tokoh adat di Kelurahan Mangulewa, Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada NTT. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi literatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam tuturan pata dela. Data dianalisis secara kualitatif dengan tahapan reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah tuturan Pata Dela  mengandung nilai-nilai yang berisikan kewajiban dan larangan yang bermaksud mendidik individu untuk berperilaku baik (modhe), benar (molo), indah-bersih (bila), dan kudus-suci (milo), yang mempresentasikan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu disiplin, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, persatuan, kerja sama, kerendahan hati, menghormati hak orang lain, tanggung jawab, hemat, peduli sesama, dan peduli lingkungan.

References

Abdullah, I. (2010). Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan. Pustaka Pelajar.
Andi, D., Abid, M., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Nilai-nilai Kearifan Lokal di Mts Darul Huda Kp . Cimuncang. JIPP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 149–153.
Balaya, A. N., & Zafi, A. A. (2020). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 27–34.
Dora, N., Susanti, E., & Wandini, R. R. (2021). Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa di MIS Al-Afkary Batang Kuis. Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2692
Gunawan, G., Nugraha, Y., Sulastiana, M., & Harding, D. (2017). Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Purwakarta. Humanitas, 1(3), 147–160.
Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendekia, 10(1), 1–18.
Jeynes, W. H. (2019). A Meta-Analysis on the Relationship Between Character Education and Student Achievement and Behavioral Outcomes. https://doi.org/10.1177/0013124517747681
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Budaya dan Karakter Bangsa.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2015). Desain Induk Pendidikan Karakter.
Koesoema, D. (2012). Pendidikan Karakter: Utuh dan Menyeluruh. Kanisius.
Kusuma, R. S. (2018). Peran sentral kearifan lokal dalam peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal Pedagogik, 05(02), 228–239.
Lalumilo, E., & Meka, A. (2012). Kode Etik Orang Ngadha Dalam Teks Tuturan Pata Dela dan Nilai-Nilai yang Terkandung Di dalamnya.
Lickona, T. (2013a). Character Matters (Persoalan Karakter) (Wahyudin & Budimansyah (ed.); Kedua). Bumi Aksara.
Lickona, T. (2013b). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Woodsworth Publishing Company.
Lidi, M. W., Ningsih;, & Dhiki, Y. Y. (2020). Identifikasi Potensi Kearifan Lokal Masyarakat Golewa Kabupaten Ngada Sebagai Upaya Pengembangan di Bidang Pendidikan. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 21–29.
Mansur, M. (2019). Membangun karakter siswa melalui kearifan lokal (Suatu tinjauan di Halmahera Barat). Pusaka, 1(1), 22–33.
Mei-ju, C., Chen-hsin, Y., & Pin-chen, H. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children ’ s Parent-Child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431
Muazimah, A., & Wahyuni, I. W. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 70–76.
Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/DOI : 10.37329/cetta.v3i2.454
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education For Golden Generation 2045 ( National Character Building for Indonesian Golden Years ). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197
Sibarani, R. (2012). Folklore sebagai Media dan Sumber Pendidikan: Sebuah Ancangan Kurikulum dalam Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Nilai Budaya Batak (Endraswara Suwardi (ed.)). Penerbit Lontar.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Sukarno, Sularmi, Suharno, & Surya, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar: Kajian Praksis. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 167–173.
Suri, D., & Chandra, D. (2021). Teacher ’ s Strategy for Implementing Multiculturalism Education Based on Local Cultural Values and Character Building for Early Childhood Education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 271–285. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/937
Umah, R. Y. H. (2020). Character Education Based on Local Wisdom : Exploring the " Dongkrek Dance " Culture as an Effort to Internalize Character Values in Learning Arts in Elementary School. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(2), 283–296. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v12i2.261
Wahyudin. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal untuk Menghadapi Tantangan dan Isu-Isu Global. 10–19.
Watu, Y. V. (2013). Representasi Kode Etik Orang Ngada, Kajian dari Kampung Adat Guru Sina. Penerbit Gita Kasih.
Watu, Y. V. (2016). Tuhan, Manusia, dan Sa’o Ngaza (Kajian Filsafat Budaya Rumah Tradisional Orang Ngada-Flores) (L. Indarwati (ed.); 1 ed.). PT. Kanisius.
Wigunadika, I. W. S. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali. Purwadita, 2(2), 91–100.
Yunus, R. (2013). Transformasi Nilai-Nilai Budaya Lokal Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa (Studi Kasus Budaya Huyula di Kota Gorontalo). Penelitian Pendidikan, 14(1), 65–77.
Zuriah, N., Widodo, R., & Sunaryo, H. (2016). Model pendidikan karakter berbasis nilai kearifan lokal dan civic virtue sebuah rekayasa sosial. 164–177.

Published

2022-06-01

How to Cite

Margaretha, D. (2022) “IDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TUTURAN PATA DELA MASYARAKAT NGADA DALAM UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER”, Sebatik, 26(1), pp. 106–114. doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1849.

Issue

Section

Articles