PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KAWA COFFEE POINT TENGGARONG TERHADAP MINAT PELANGGAN UNTUK BERKUNJUNG
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1876Keywords:
Kualitas pelayanan, Fasilitas, Coffee shop, Pelanggan, Minat berkunjungAbstract
Coffee shop dapat menarik minat dan mempertahankan agar customer merasa nyaman serta puas terhadap layanan yang diberikan oleh pengelola coffee shop secara khusus Kawa Coffe Point Kota Tenggarong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh Kawa coffee point Tenggarong berpengaruh terhadap minat customer untuk berkunjung. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para pengunjung Kawa Coffee Point Tenggarong. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hipotesis dalam penelitian ini Kualitas Pelayanan dan Fasilitas yang diberikan Kawa coffee point Tenggarong berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat customer untuk berkunjung. Dan hasil nilai r square penelitian ini sebesar 0.620 atau hanya 62 % yang mampu menjelaskan bahwa minat pelanggan atau pengunjung untuk berkunjung, sedangkan sisanya 38 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang dapat menjadi alasan sehingga para pengunjung mau datang ke Kawa Coffee Point di Kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
References
Ahror, U. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Milkmoo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 6 (3)(Manajemen), 1–20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1061/1076
Ardi, F. F., Mariam, I., & Widhi, N. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Fasilitas dan Petugas Commuter Line ticket Vending Machine (C-VIM) terhadap kepuasan konsumen PT. KAI Commuter Line JABODETABEK di Stasiun Pondok Cina. Epigram, Vol. 13(2), 95–102. https://doi.org/https://doi.org/10.32722/epi.v13i2.816
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, Vol. 1 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Cresweel, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. (2003). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Harfika, Jarliyah & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance, Vol. XIV ((44–56). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/balance/article/view/1285
Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Pearson.
Musdalifah, M, & Noor, M. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Go-Jek). Sebatik, Vol. 23 (2(Multidisiplin Ilmu), 498–504. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/804
Pantilu, Dealisna, Koleangan, Rosalina A. M, R. F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Benito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6 (4)(3723–3732). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/21898
Poernomo, Tri Tjahjo dan Setyadarma, B. (2021). Pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan susu sapi murni KUD Mekar Sari,Pujon Malang. Sebatik, 25(1), Pp., 25 (1)(Multidisiplin ilmu), 221–228. https://doi.org/https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1336.
Prasetyo, M., Susanto, S., & Maharani, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pelanggan Barbershop Pojur Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 9 (1), 23–32. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/427/394
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publisher.
Setyawati, Widya Agustin , Rifa’i, Muhamad, Sasmito, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien. MADANIJurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, Vol. 10 (2, 50–63. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1052/625
Srijani, Ninik & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, Vol.7, 31–38. https://media.neliti.com/media/publications/164537-ID-none.pdf
Tjiptono, Fandy & Candra, G. (2012). Strategi Pemasaran. (Second Edi). Andy Offset.
Yunus & Budiyanto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol 3, No. (Ejournal.Stiesia.Ac.Idindex.Phpjirm%0Aarticledownload682652
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article