PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KAWA COFFEE POINT TENGGARONG TERHADAP MINAT PELANGGAN UNTUK BERKUNJUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1876

Keywords:

Kualitas pelayanan, Fasilitas, Coffee shop, Pelanggan, Minat berkunjung

Abstract

Coffee shop dapat menarik minat dan mempertahankan agar customer merasa nyaman serta puas terhadap layanan yang diberikan oleh pengelola coffee shop secara khusus Kawa Coffe Point Kota Tenggarong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh Kawa coffee point Tenggarong berpengaruh terhadap minat customer untuk berkunjung.  Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah para pengunjung Kawa Coffee Point Tenggarong. Sampel dalam penelitian ini  sebanyak 100 responden. Hasil penelitian analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan F, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hipotesis dalam penelitian ini Kualitas Pelayanan dan Fasilitas yang diberikan Kawa coffee point Tenggarong berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat customer untuk berkunjung. Dan hasil nilai r square penelitian ini sebesar 0.620 atau hanya 62 % yang mampu menjelaskan bahwa minat pelanggan atau pengunjung untuk berkunjung, sedangkan sisanya 38 % dipengaruhi oleh faktor-faktor  lain yang dapat menjadi alasan sehingga para pengunjung mau datang ke Kawa Coffee Point di Kota Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

References

Adawia, P., Azizah, A., Endriastuty, Y. & Sugandhi, S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan kosumen kereta api commuter line (Studi kasus commuter line arah Cikarang ke Jakarta Kota). Sebatik, 24 (1)(Multidisiplin Ilmu), 87–95. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/869
Ahror, U. Al. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Milkmoo. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 6 (3)(Manajemen), 1–20. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1061/1076
Ardi, F. F., Mariam, I., & Widhi, N. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Fasilitas dan Petugas Commuter Line ticket Vending Machine (C-VIM) terhadap kepuasan konsumen PT. KAI Commuter Line JABODETABEK di Stasiun Pondok Cina. Epigram, Vol. 13(2), 95–102. https://doi.org/https://doi.org/10.32722/epi.v13i2.816
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, Vol. 1 (1). https://doi.org/https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Cresweel, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. (2003). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Universitas Diponegoro.
Harfika, Jarliyah & Abdullah, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupten Aceh Barat Daya. Jurnal Balance, Vol. XIV ((44–56). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/balance/article/view/1285
Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (Edisi 15). Pearson.
Musdalifah, M, & Noor, M. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Go-Jek). Sebatik, Vol. 23 (2(Multidisiplin Ilmu), 498–504. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/804
Pantilu, Dealisna, Koleangan, Rosalina A. M, R. F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Benito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6 (4)(3723–3732). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/21898
Poernomo, Tri Tjahjo dan Setyadarma, B. (2021). Pengaruh brand image terhadap loyalitas pelanggan susu sapi murni KUD Mekar Sari,Pujon Malang. Sebatik, 25(1), Pp., 25 (1)(Multidisiplin ilmu), 221–228. https://doi.org/https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1336.
Prasetyo, M., Susanto, S., & Maharani, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Pelanggan Barbershop Pojur Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Vol. 9 (1), 23–32. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/427/394
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publisher.
Setyawati, Widya Agustin , Rifa’i, Muhamad, Sasmito, C. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien. MADANIJurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, Vol. 10 (2, 50–63. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/1052/625
Srijani, Ninik & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan di Aston Madiun Hotel & Conference Center. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, Vol.7, 31–38. https://media.neliti.com/media/publications/164537-ID-none.pdf
Tjiptono, Fandy & Candra, G. (2012). Strategi Pemasaran. (Second Edi). Andy Offset.
Yunus & Budiyanto. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol 3, No. (Ejournal.Stiesia.Ac.Idindex.Phpjirm%0Aarticledownload682652

Published

2022-06-01

How to Cite

Uhai, S., Sukmana, E., Iswandari, R. K., Indriani, N., Sudarmayasa, I. W. and Febriyanty, C. A. (2022) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS KAWA COFFEE POINT TENGGARONG TERHADAP MINAT PELANGGAN UNTUK BERKUNJUNG”, Sebatik, 26(1), pp. 249–258. doi: 10.46984/sebatik.v26i1.1876.

Issue

Section

Articles