PERSEPSI, KEBUTUHAN DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA” PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI WILAYAH PERBATASAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1980

Keywords:

Kebutuhan; Tantangan; Kebijakan MBKM; Wilayah Perbatasan

Abstract

Penelitian ini tujuannya adalah untuk mengetahui persepsi, kebutuhan dan tantangan implementasi “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” terkhusus bagi perguruan tinggi swasta di wilayah Perbatasan atau 3T (terdepan, terluar, tertinggal) mengingat kondisi perbatasan atau 3T di Indonesia didominasi dengan ketimpangan infrastruktur pendidikan yang kurang memadai. Wilayah perbatasan yang dimaksud salah satunya adalah Kabupaten bengkayang, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memperoleh data yang bersifat deskriptif, sedangkan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, studi pustaka kuesioner dan wawancara yang dilakukan kepada para responden, meliputi pimpinan perguruan tinggi, unit pengembangan kurikulum perguruan tinggi, dosen, dan mahasiswa. Adapun responden yang diambil adalah pemangku kepentingan internal kampus di dua perguruan tinggi swasta yang ada di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, yakni Institut Shanti Bhuana dan Akademi Manajemen Bumi Sebalo. Teknik pemilihan responden dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dari masing-masing perguruan tinggi swasta yang berada di Kabupaten Bengkayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kebijakan, program, kegiatan, telah sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan, meskipun masih ada beberapa hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Dalam hal ini kesulitan yang dihadapi oleh perguruan tinggi di wilayah perbatasan adalah infrastruktur yang belum memadai. Setiap program maupun bentuk kegiatan pembelajaran harapannya mampu menjawab permasalahan pendidikan khususnya di wilayah perbatasan, sehingga mahasiswa di daerah juga mampu bersaing dalam dunia kerja.

References

S. Arifin and M. Muslim, "Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” pada Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia," Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, vol. 3, no. 1, 2020.
E. Sulistiyani, K. Khamida, U. Soleha, R. Amalia, S. Hartatik, R. S. Putra, R. P. Budiarti and A. Andini, "Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Kesehatan dan Non Kesehatan," Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 686-698, 2022.
K. D. P. Meke, R. B. Astro and M. H. Daud, "Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia," Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 675-685, 2022.
K. D. P. Meke, R. B. Astro, C. Bagenda, S. Sulaiman, P. Seda and A. M. G. Djou, "Persepsi Mahasiswa Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Survei pada Program Studi Ilmu Hukum Universitas Flores," Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 934-943, 2022.
P. D. Purnasari and Y. D. Sadewo, "Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital," Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3089-3100, 2021.
S. Syafaruddin, Efektivitas kebijakan pendidikan: konsep, strategi dan aplikasi kebijakan menuju organisasi sekolah efektif, Rineka Cipta, 2008.
R. Nugroho, Public Policy, Teori Kebijakan-Analisis Kebijakan-Proses Kebijakan, Perumusan, Implementasi, Evaluasi, Revisi Risk Management dalam Kebijakan Publik, Kebijakan sebagai The Fifth Estate-Metode Penelitian Kebijakan, Jakarta: Gramedia, 2008.
K. AKARTA, "kampusmerdeka.kemdikbud.go.id," Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, 27 Juni 2021. [Online]. Available: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/news/6/inilah-arti-kampus-merdeka-dalam-kebijakan-merdeka-belajar-ala-mendikbud-nadiem. [Accessed 12 Februari 2022].
D. Sopiansyah, S. Masruroh, Q. Y. Zaqiah and M. Erihadiana, "Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)," Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, vol. 4, no. 1, pp. 34-41, 2022.
A. A. Agus and N. Asiah, "Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (Studi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar)," Jurnal Kreatif Online, vol. 9, no. 4, pp. 32-43, 2021.
S. Riyadi, R. S. Harimurti and J. Ikhsan, "Dampak Implementasi MBKM Terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menuju Research Excellence University," EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 1, pp. 1018-1029, 2022.
Y. D. Sadewo, P. D. Purnasari and B. G. Dimmera, Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Ketahanan Nasional dan budaya Amare, Makasar: Tohar Media, 2019.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Dimmera, B. G., Purnasari, P. D. and Sadewo, Y. D. (2022) “PERSEPSI, KEBUTUHAN DAN TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ‘MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA’ PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI WILAYAH PERBATASAN”, Sebatik, 26(2), pp. 768–773. doi: 10.46984/sebatik.v26i2.1980.