KRIPTOGRAFI MONOALFABETIK DAN POLIALFABETIK APLIKASI DAN KOMPARASI DALAM PENGAMANAN DATABASE BANK SOAL
Keywords:
Kriptografi, bank soal, monoalfabetik, polyalfabetikAbstract
Perancangan sistem pengamanan kunci jawaban database bank soal dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir pencurian atau penggunaan file yang tidak sah. Pada kriptografi terdapat banyak algoritma yang telah berkembang, diantaranya adalah subtitusi monoalfabetik dan subtitusi polyalfabetik. Teknik yang akan digunakan dalam pengamanan kunci jawaban bank soal yaitu salah satunya dengan membandikan dua metode monoalfabetik dan subtitusi polyalfabetik.
Pada penelitian ini dilakukan analisa komparasi kemamanan antara subtitusi monoalfabetik dan subtitusi polyalfabetik untuk di terapkan dalam pengamanan database bank soal. Kemudian dilakukan pengujian diantara dua metode tersebut, metode manakah yang paling aman untuk di terapkan dalam aplikasi keamanan kunci jawaban database bank soal.
References
Arora, Mani. 2011. Analysis of cipher text size produced by various Encryption Algorithms” Jurnal Internasional ISSN : 0975-5462 , Vol. 3 No. 7 July 2011.
Budy. 2013. Analisis Perbandingan Algoritma Kriptografi AES, DES dan IDEA yang Tepat untuk Perangkat mobile” Tesis Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
H. Kridalaksana, A., Rangan, A. Y. and Ansharie, A. 2017. Enkripsi Data Audio Menggunakan Metode Kriptografi RSA, Sebatik, 17(1), pp. 6-10
Munir, Rinaldi, Kriptografi, Penerbit Informatika, Bandung, Oktober 2006.
Stallings, William. 2011. Cryptography and Network Security Principles and Practice Fifth Edition, Pearson Education, ISBN 13: 978-0-13-609704-4,
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syafa’at, Achmad, 2011. Perbandingan Kriptografi Ciper Subtitusi Homofonik dan Poligram dengan Caesar Chiper” Tesis Universitas Langlang Buana.
Ukkas, M., Andrea, R. and Anggen, A. B. P. 2017. Teknik Pengamanan Data Dengan Steganografi Metode End Of File (EOF) Dan Kriptografi Vernam Cipher, Sebatik, 17(1), pp. 20-26.
Ward, Annie W. & Murray-Ward, Mildred. 2004. Guidelines for the Development of Item Banks. Modul pembelajaran NCME. dalam Instructional Topics in Educational Measurement(ITEMS). http://www.ncme.org/pubs/items/25.pdf diakses 4 Juni 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article