IMPLEMENTASI ALGORITMA AFFINE CIPHER DAN CAESAR CIPHER DALAM MENGAMANKAN DATA TEKS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2084

Keywords:

Affine, Caesar, Kriptografi, Keamanan Data, Penyandian, Enkripsi, Dekripsi

Abstract

Maraknya kasus pencurian data akhir-akhir ini tentu saja menimbulkan berbagai macam reaksi di masyarakat. Sebagian merasa takut apabila data tersebut disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sementara lainnya tentu akan semakin waspada sehingga berupaya memaksimalkan perlindungan atas data-data tersebut. Salah satu upaya perlindungan yang dapat dilakukan yaitu memperkuat keamanan data dengan menerapkan teknik penyamaran data yang disebut dengan kriptografi. Hal ini sebagai antisipasi apabila terjadi kebocoran data, informasi yang tersimpan didalamnya akan tetap aman karena terlihat dalam bentuk tak beraturan. Kriptografi merupakan suatu cara yang dapat digunakan untuk menyandikan informasi dengan menggunakan algoritma tertentu. Fokus penelitian ini adalah melakukan penyandian data teks dengan menerapkan kombinasi 2 (dua) metode kriptografi yang berfokus pada metode Affine Cipher dan Caesar Cipher. Proses diawali dengan enkripsi data menggunakan Affine Cipher yang selanjutnya dari hasil enkripsi tersebut, dilakukan proses enkripsi kembali dengan menggunakan Caesar Cipher. Sementara untuk proses dekripsi data dilakukan dengan menggunakan Caesar Cipher terlebih dahulu, kemudian hasil dekripsi tersebut dilanjutkankembali proses dekripsinya dengan menggunakan Affine Cipher. Kombinasi metode kriptografi dilakukan untuk lebih memperkuat pengamanan terhadap sebuah data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kombinasi metode Affine Cipher dan Caesar Cipher dapat dilakukan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap sebuah data.

References

Aditya Permana, A. (2018). Penerapan Kriptografi Pada Teks Pesan dengan Menggunakan Metode Vigenere Cipher Berbasis Android (Vol. 4, Issue 3).
Dwi, B. J., Joko Priono, M., Pengiriman Pesan, P., Suhendri, A., Dwi Juniansyah, B., & Darwis, D. (2018). Implementasi Kombinasi Affine Cipher dan One-Time Pad Dalam. In Jurnal Informatika (Vol. 18, Issue 2).
Dwi Haryono, A., Farida Ariyani, P., studi, P., Teknologi Informasi, F., Budi Luhur, U., Raya Ciledug, J., Utara, P., Lama, K., & Selatan, J. (2018). Aplikasi Pengaman Basis Data pada Nuklindo Lab dengan Algoritma Elgamal dan Affine Cipher (Vol. 1, Issue MARET).
Dwi Putri, Y., Lutfi, S., Jati Metro, J., & Ternate Selatan, K. (2019). Penerapan Kriptografi Caesar Cipher pada Fitur Chatting Sistem Informasi Freelance. Jurnal Informatika Dan Komputer) p-ISSN, 2(2), 2355–7699. https://doi.org/10.33387/jiko
Fadlan, M., Sinawati, S., Indriani, A., & Bintari, E. D. (2019). Pengamanan Data Teks Melalui Perpaduan Algoritma Beaufort dan Caesar Cipher. Jurnal Teknik Informatika, 12(2), 149–158. https://doi.org/10.15408/jti.v12i2.12262
Hartanto, T. (2018). Implementasi Web Service Berbasis Rest Menggunakan Algoritma Aes 128 dan Affine Cipher Fitur Bluacademic Aplikasi Blucampus (Vol. 1, Issue 3).
Khairani, T., Santoso, K. A., & Kamsyakawuni, A. (2021). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Pengkodean Monoalphabetic Menggunakan Affine Cipher dengan Kunci Diffie-Hellman. 4, 553–559. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Kurniawan, F., & Pradana, R. (2018). Algoritma Affine Cipher dan Aes 256 dalam Pengamanan Transfer Data pada Chatting Berbasis Android (Vol. 1, Issue MARET).
Muda Siregar, I. (2019). Penerapan Algoritma Affine Cipher dan Algoritma Coloumnar Transposition Dalam Keamanan Teks. In Jurnal Informatika Kaputama (JIK) (Vol. 3, Issue 1). http://www.stmik-budidama.ac.id,
Nainggolan, I. O., Kementeri, W. M., Balai, P. R. I., Industri, D., & Edan, M. (2019). Implementasi Sandi Affine untuk Pengamanan File Microsoft Office Indra Oloan Nainggolan. In Jurnal Sains dan Teknologi ISTP (Vol. 12, Issue 01).
Nasution, A. B. (2019). Implementasi Pengamanan Data dengan Menggunakan Algoritma Caesar Cipher dan Transposisi Cipher. Jurnal Teknologi Informasi, 3(1).
Pangestu, D., & Syahputra, A. (2020). Perancangan Aplikasi Keamanan Cloud Database Menggunakan Operasi XOR dengan Algoritma Affine Berbasis Android Design of Cloud Database Safety Applications Using XOR Operation with Affine Algorithm Based On Android. In 54. IT Journal (Vol. 8, Issue 1).
Prasetyo, A. I., & Ariyani, F. (2018). Keamanan Database Nota Penjualan dengan Algoritma Affine Cipher dan Wake Berbasis Web (Vol. 1, Issue 3).
Rohmanu, A. (2017). Implementasi Kriptografi dan Steganografi dengan Metode Algoritma DES dan Metode End of File. Jurnal Informatika SIMANTIK, 2(1). www.jurnal.stmikcikarang.ac.id
Rumapea, H., & Sawato Zebua, E. (2017). Database pada DBMS MySql Menggunakan Algoritma Affine Cipher Berbasis Java. In Jurnal METHODIKA (Vol. 3, Issue 1).
Satriana, E., & Karo, B. (2020). Penerapan Algoritma Affine Cipher dan Algoritma Electronic Code Book (ECB) dalam Pengamanan Pesan Teks.
Susanto, I. A., & Solichin, A. (2018). Enkripsi Data Penggajian dengan Algoritma Caesar Cipher dan Vigenere Cipher pada PT. Kemasindo Cepat Nusantara (Vol. 1, Issue MARET).
Syahroji, A., & Pradana, R. (2018). Vigenere Cipher dan Affine Cipher untuk Pengamanan Chatting Berbasis Android (Vol. 1, Issue 3).
Syarif, A. (2020). Modifikasi Caesar Cipher dengan Permutasi, Transposisi, Binary, Gerbang Logika, ASCII dan Hexa. Jurnal Teknologi Informasi, 4(2).
Tantoni, A., Taufan, M., & Zaen, A. (2018). Implementasi Double Caesar Cipher Menggunakan ASCII. Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika), 1(2). http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire

Downloads

Published

2022-12-29

How to Cite

Gusmana, R., Haryansyah, H. and Fitria, F. (2022) “IMPLEMENTASI ALGORITMA AFFINE CIPHER DAN CAESAR CIPHER DALAM MENGAMANKAN DATA TEKS”, Sebatik, 26(2), pp. 517–524. doi: 10.46984/sebatik.v26i2.2084.