IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANK SAMPAH DI KOTA DUMAI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2098

Keywords:

Bank Sampah Induk, Bank Sampah Unit, SIMBA, Inovatif, Sampah.

Abstract

Bank Sampah merupakan salah satu wadah yang dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang masyarakat alami, ini juga merupakan fasilitas untuk mengelola sampah dengan prinsip reduce, reuse dan recycle (3R) yang dipergunakan oleh Pemerintah daerah untuk sarana edukasi, perubahan perilaku dalam pengelolaan sampah, dan pelaksanaan ekonomi sirkuler yang dibentuk dan dikelola masyarakat, badan usaha serta Pemerintah. Solusi sistem informasi manajemen bank sampah (SIMBA) diyakini mampu mengubah perilaku masyarakat agar lebih peduli terhadap sampah, solusi inovatif memaksa masyarakat memilah sampah, menumbuhkan potensi ekonomi kerakyatan, memberikan kesempatan kerja dan investasi. SIMBA dengan menerapkan kemitraan pengelolaan sampah antara kebijakan Pemerintah dan Pemerintah Daerah dengan memfasilitasi kerjasama bank sampah usaha daur ulang, bank sampah dengan produsen. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif, dengan survei deskriptif. Adapun pengumpulan data diperoleh dari observasi  (pengamatan langsung), wawancara dan dokumentasi pada penanggung jawab Bank Sampah Induk (BSI) dan Bank Sampah Unit (BSU) Kota Dumai. Kajian teori yang digunakan adalah konsep kebijakan pemberdayaan masyarakat, konsep sampah, dan konsep perubahan sikap perilaku. Hasil dari SIMBA berbasis aplikasi dbase dan web dapat menyimpan data dan informasi pengelolaan sampah Kota Dumai, dapat diakses oleh Pemerintah Daerah, dunia usaha serta masyarakat. Pelajaran yang dapat diambil dari program tersebut adalah untuk upaya peningkatan ekonomi masyarakat, mendayagunakan sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi dan  dasar dalam pengambilan kebijakan.

References

Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik . Bandung: Tim Pustaka Setia Moleong, Lexy J.
Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Kota Dumai. Dumai: Badan Pusat Statistik.
Bello, & et al. (2016). Solid Waste Management in Africa: A Review. International of Waste Pendahuluan berat yang banyak digunakan di dalam industry resources, Vol.6 Issue 2.
Cahyadi, A. d. (2018). implementasi kebijakan pengelolaan sampah melalui bank sampah di kabupaten purbalinggga.
Darmalaksana, & Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: Preprint Digital Library UIN Sunan Gunung Djati .
EdwardIII, G. (1980). Implementation Public Policy. Washington DC: Congresional Quarter Press.
G. M. (1980). Politics and Policy Implementation in The Third Word . Princeton, NJ: Princeton University Press.
Kementerian Lingkungan Hidup. (2012). Profil Bank Sampah Indonesia . Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.
Kristina. (2014). Model Konseptual Untuk Mengukur Adaptabilitas Bank Sampah di Indonesia. Jurnal Teknik Industri, 9(1):19-28.
Linda, R. (2016). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Daur Ulang Sampah Plastik (Studi Kasus Bank Sampah Berlian Kelurahan Tangkerang Labuai). Al-Iqtishad 1(12),2.
Marwati, S. (2016, Desember 17 ). Pengelolaan Sampah Mandiri Berbasis Masyarakat. Diambil kembali dari Badan Sosialisasi PPM Universitas Negeri Yogyakarta: staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/site-marwati-msi/c9.pdf
M. S. (1983). Implementation and Public Policy. America: University Press of America.
Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2021. (t.thn.). Pengelolaan Sampah. Dumai: Pemerintah Daerah Kota Dumai.
Peraturan KLHK No.14 Tahun 2021. (t.thn.). Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.
Pratiwi, D. (2018). implementasi kebijakan bank sampah dalam mendukung upaya pengelolaan sampah berbasis masyarakat di kecamatan medan denai kota medan.
Purba, & dkk. (2014). Waste Management Scenario through Community Based Waste Bank: A Case Study of Kepanjen District, Malang Regency, Indonesia. International Journal of Environmental Science and Development, 5(2):212-216.
Purwanto, d. (2012). Implementasi Kebijakan Publik Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Sucipto, D. (2012). Teknologi Pengelolaan Daur Ulang Sampah . Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Suryo, T. S. (2021). Pengelolaan sampah oleh dinas lingkungan hidup dan kebersihan kota pekanbaru.
Tangkilisan, H. N. (2003). Kebijakan Publik Yang Membumi . Yogyakarta: YPAPI.
Undang-Undang No.18, K. R. (2008). Undang-Undang No.18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Wardani, I. P. (2020). Implementasi Bank Sampah Jelun (BSJ) Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Sampah Desa Jelun Banyuwangi. E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), 11(3):343-350. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.5833.
Wicaksono, I. W. (2020). Manajemen Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah' Ngudi Lestari'Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review., 9(2):1-15.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Dharma, A. B., Susanti, D. and Marlinda, P. (2023) “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BANK SAMPAH DI KOTA DUMAI”, Sebatik, 27(1), pp. 145–154. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2098.

Issue

Section

Articles