PEMODELAN ROLE BASED GOAL ORIENTED MODEL DALAM MENGEMBANGKAN ELEKTRONIK LAYANAN PUSAT STUDI DI FASILKOM UNIVERSITAS ESA UNGGUL
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2105Keywords:
Sistem Informasi, Rekayasa Kebutuhan, Role Based Goal Oriented Model, E-LudyAbstract
Rekayasa kebutuhan merupakan tahap awal dalam pengembangan suatu sistem dimana tahap tersebut kita dapat mengidentifikasi dan memastikan kebutuhan akan stakeholder dan teknologi terhadap sistem yang akan dibuat. E-Ludy (Elektronik Layanan Pusat Studi) merupakan sistem informasi yang dapat membantu dosen dalam kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, seminar, training dan publikasi agar lebih efektif dan memudahkan dosen dalam melakukan persyaratan administrasi dan membantu fakultas dalam mendata kegiatan dosennya. Aktor yang terlibat dalam sistem tersebut dapat didefinisikan kebutuhan serta perannya terlebih dahulu menggunakan Role Based Goal Oriented Model sehingga sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan dari aktor. Role Based Goal Oriented Model merupakan salah satu model dari Requirement Engineering yang tidak hanya mendefinisikan kebutuhan dari stakeholder tetapi juga dapat mendefinisikan peran dari stakeholder. Model ini mendefinisikan ketergantungan antar aktor dan juga peran dari aktor dalam setiap proses berjalan yang ditunjukan oleh Strategic Dependency. Selain itu, metode Role Based Goal Orientedjuga dapat mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang terjadi pada masing-masing aktor secara sekuensial sehingga dapat terlihat dengan jelas urutan pengerjaan untuk mencapai goal pada proses internal aktor tersebut yang ditunjukkan oleh Strategic Rationale. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul dengan melakukan identifikasi terhadap aktor yang terlibat pada rencana sistem yang akan dibuat dengan hasil akhir pemodelan rekayasa kebutuhan.
References
Adikara, F., Sandfreni, & Prastya, R. (2020). Penerapan Metode Organization Goal-Oriented Requirements Engineering (OGORE) untuk Pembangunan Sistem Pendaftaran Klinik Fisioterapi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 6(3).
Adikara, F., & Sandfreni, S. (2020). Combining Organization Goal-Oriented Elicitation and Wireframe for Fishery Product Sales Mobile Application Design. https://doi.org/10.4108/eai.23-11-2019.2301492
Anggraeni, S. R., & Kusuma, W. A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengguna Learning Management System Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Metode User Persona. Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(3), 182. https://doi.org/10.31602/tji.v12i3.5182
Hutahaean, J. (2017). Konsep Sistem Informasi Hutahaean, J. (2017). Konsep Sistem Informasi. Jurnal Administrasi Pendidikan Informasi. Jurnal Administrasi Pendidikan.
Ismanto, I., Hidayah, F., & Kristinanti, K. (2020). Pemodelan Proses Bisnis Sistem Akademik Menggunakan Pendekatan Business Process Modelling Notation (BPMN). Jurnal Informasi, 7(2).
Lewenusa, I. (2017). Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Pada Perusahaan Skala Kecil Dan Menengah Dengan Pendekatan Soft System Methodology (Ssm) – Studi Kasus Pt Xyz. Computatio : Journal of Computer Science and Information Systems, 1(1), 49. https://doi.org/10.24912/computatio.v1i1.240
Ouhbi, S. (2019). Evaluating role playing efficiency to teach requirements engineering. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, April-2019, 1007–1010. https://doi.org/10.1109/EDUCON.2019.8725045
Parlika, R. (2021). Studi Literatur Kaitan Antara Rekayasa. … Sistem Informasi Dan …, 14(1), 37–44. http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/sibc/article/view/14015
Perwitasari, A., & Irwansyah, M. A. (2021). Model Prototipe dan Analisis Use Case pada Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak Pengajuan Dokumen Kependudukan. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 7(2), 175. https://doi.org/10.26418/jp.v7i2.47976
Rachmat, R. (2019). Analisa Konflik Pemangku Kepentingan Pada Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak. Musamus Journal Of Research Information and …, 2(1), 19–25. https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/mjrict/article/view/2604
Sadila, N. M., Pradana, F., & Priyambadha, B. (2017). Rekayasa Kebutuhan dengan Metode Pemodelan Berbasis Linguistik dan Ontologi pada Sistem Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Dinas Kominfo Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 1(9), 765–773. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/225/106/
Sandfreni,Adikara, F., Anggarani, A., & Others. (2018). Qualitative Requirements Analysis Process in Organization Goal-Oriented Requirements Engineering (OGORE) for E-Commerce Development. In IT Convergence and Security 2017 (pp. 318–324). Springer.
Sandfreni,Surendro, I. K. (2016). Requirements Engineering Model: Role Based Goal Oriented Model. MATEC Web of Conferences, 52, 1004.
Sandfreni, S. (2022). KETERLIBATAN MAHASISWA PADA IMPLEMENTASI KEGIATAN.
Sandfreni, S., & Adikara, F. (2019). Menyelaraskan Perencanaan Strategi Teknologi Informasi yang Didasarkan pada Strategi Manajamen Teknologi Informasi dan Strategi Bisnis. Computatio : Journal of Computer Science and Information Systems, 3(1). https://doi.org/10.24912/computatio.v3i1.2723
Sandfreni, S., & Adikara, F. (2020). The Implementation of Soft System Methodology (SSM) for Systems Development in Organizations (Study Case: The Development of Tourism Information System in Palembang City). https://doi.org/10.4108/eai.23-11-2019.2301495
Sandfreni, S., Ulum, M. B., & Azizah, A. H. (2021). Analisis Perancangan Sistem Informasi Pusat Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Sebatik, 25(2), 345–356. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1587
Sulistyorini, P., Rusli, C. Y., & Setianto, W. (2020). Lisensi Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0. 4(2), 2549–6948.
Surya, I. (2017). Kebutuhan Perangkat Lunak Untuk Aplikasi Data Mining. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 233–240. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.233-240
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article