PENERAPAN CONTEXT CLUES UNTUK PEMAHAMAN BACAAN PADA MAHASISWA SEMESTER II STMIK PALANGKARAYA
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2108Keywords:
context clues, pemahaman bacaan, desain eksperimen semuAbstract
Mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris sebagai bahasa asing seharusnya memiliki keterampilan membaca yang cukup baik agar dapat memahami materi. Salah satu keterampilan ini adalah decoding. Ketika mahasiswa membaca dan menjawab pertanyaan, mahasiswa tersebut memecahkan kode kata-kata untuk mendapatkan artinya. Penggunaan teknik yang tepat dalam pembelajaran, terutama kosakata, mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa. Teknik yang dianalisis dalam penelitian ini adalah context clues yang diterapkan mahasiswa dalam memahami teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh context clues dalam pemahaman bacaan mahasiswa semester dua STMIK Palangkaraya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi-experimental atau eksperimen semu. Peneliti merancang rencana pembelajaran, melakukan tindakan, dan mengamati nilai mahasiswa melalui pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester dua STMIK Palangkaraya yang terdiri dari enam kelas yaitu tiga kelas Teknik Informatika, dua kelas Sistem Informasi, dan satu kelas Manajemen Informatika. Adapun sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Informatika yaitu TI A dan TI B. Data dianalisis menggunakan rumus t-test untuk menguji hipotesis berdasarkan hasil analisis. Hasil pengujian hipotesis menetapkan Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari context clues terhadap pemahaman bacaan mahasiswa semester dua di STMIK Palangkaraya diterima dan Hipotesis Null (H0) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari context clues dalam pemahaman bacaan mahasiswa semester dua STMIK Palangkaraya ditolak. Disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari context clues dalam pemahaman bacaan mahasiswa semester dua di STMIK Palangkaraya.
References
College, M. D. (2005, Agustus). Context Clues. Retrieved from Miami Dade College:https://www.mdc.edu/kendall/collegeprep/documents2/context%20cluesrev8192. pdf
Cooper, J.D. (1986). Improving Reading Comprehension. Boston: Houghton Miffin Company.
Creswell, John Ward. (1994). Qualitative and Quantitative Approach. California: SAGE Publications, Inc.
Efendi, Dedi. (2020). Pemanfaatan Metode Context Clues untuk Meningkatkan Keterampilan Menerjemah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Bahasa Universitas Muara Bungo. Krinok: Jurnal Linguistik Budaya. Volume 5 nomor 1. https://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/Krinok/article/view/386
French, Lisa. (2002). Content-Area Reading Strategies: Social Studies. Portland: J. Weston Walch.
Harahap, Ady Rezki, dkk (2014). The Influence of Context Clues Mastery in Students’Reading Comprehension of Descriptive Text at STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpua. English Language Teaching (ELT) Volume 2 Nomor 1. P. 88-96. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/elt/article/view/4570
Norhayati, & Elmayantie, C. (2022). Context Clues in Reading Text for Improving EFL Students’ Reading Skills. ENLIT Journal, 2(2), 83-87. https://doi.org/10.33654/enlit.v2i2.1922
Roell, K. (2020, Januari 20). ThoughtCo. 4 Types of Context Clues . Retrieved from ThoughtCo.: https://www.thoughtco.com
Tuyen, L. V., & Huyen, V. T. (2019). Effects of Using Contextual Clues on English. International Journal of English, Literature and Social Science (IJELS), 1342-1347. retrieved from http://journal-repository.com/index.php/ijels/article/view/52
Utama, Sari Lila. (2019). Context Clues Mastery in Students’ Reading Comprehension of Descriptive Text at 8 Grade Students of 10 Junior High School Depok. Journal of English Language Teaching Volume 3 nomor 2. P. 156-161. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SCOPE/article/view/4114
Zuriah, Nurul. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article