PENERAPAN CONTEXT CLUES UNTUK PEMAHAMAN BACAAN PADA MAHASISWA SEMESTER II STMIK PALANGKARAYA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2108

Keywords:

context clues, pemahaman bacaan, desain eksperimen semu

Abstract

Mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Inggris sebagai bahasa asing seharusnya memiliki keterampilan membaca yang cukup baik agar dapat memahami materi. Salah satu keterampilan ini adalah decoding. Ketika mahasiswa membaca dan menjawab pertanyaan, mahasiswa tersebut memecahkan kode kata-kata untuk mendapatkan artinya. Penggunaan teknik yang tepat dalam pembelajaran, terutama kosakata, mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa. Teknik yang dianalisis dalam penelitian ini adalah context clues yang diterapkan mahasiswa dalam memahami teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh context clues dalam pemahaman bacaan mahasiswa semester dua STMIK Palangkaraya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi-experimental atau eksperimen semu. Peneliti merancang rencana pembelajaran, melakukan tindakan, dan mengamati nilai mahasiswa melalui pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester dua STMIK Palangkaraya yang terdiri dari enam kelas yaitu tiga kelas Teknik Informatika, dua kelas Sistem Informasi, dan satu kelas  Manajemen Informatika. Adapun sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Informatika yaitu TI A dan TI B. Data dianalisis menggunakan rumus t-test untuk menguji hipotesis  berdasarkan hasil analisis. Hasil pengujian hipotesis menetapkan Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari context clues terhadap pemahaman bacaan mahasiswa semester dua di STMIK Palangkaraya diterima dan Hipotesis Null (H0) yang menyatakan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari context clues dalam pemahaman bacaan mahasiswa semester dua STMIK Palangkaraya ditolak. Disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari context clues dalam pemahaman bacaan mahasiswa semester dua di STMIK Palangkaraya.

References

Ary, Donald. (2006). Introduction to Research in Education. Third Edition. USA: Wadsworth.
College, M. D. (2005, Agustus). Context Clues. Retrieved from Miami Dade College:https://www.mdc.edu/kendall/collegeprep/documents2/context%20cluesrev8192. pdf
Cooper, J.D. (1986). Improving Reading Comprehension. Boston: Houghton Miffin Company.
Creswell, John Ward. (1994). Qualitative and Quantitative Approach. California: SAGE Publications, Inc.
Efendi, Dedi. (2020). Pemanfaatan Metode Context Clues untuk Meningkatkan Keterampilan Menerjemah Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Bahasa Universitas Muara Bungo. Krinok: Jurnal Linguistik Budaya. Volume 5 nomor 1. https://ojs.umb-bungo.ac.id/index.php/Krinok/article/view/386
French, Lisa. (2002). Content-Area Reading Strategies: Social Studies. Portland: J. Weston Walch.
Harahap, Ady Rezki, dkk (2014). The Influence of Context Clues Mastery in Students’Reading Comprehension of Descriptive Text at STKIP “Tapanuli Selatan” Padangsidimpua. English Language Teaching (ELT) Volume 2 Nomor 1. P. 88-96. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/elt/article/view/4570
Norhayati, & Elmayantie, C. (2022). Context Clues in Reading Text for Improving EFL Students’ Reading Skills. ENLIT Journal, 2(2), 83-87. https://doi.org/10.33654/enlit.v2i2.1922
Roell, K. (2020, Januari 20). ThoughtCo. 4 Types of Context Clues . Retrieved from ThoughtCo.: https://www.thoughtco.com
Tuyen, L. V., & Huyen, V. T. (2019). Effects of Using Contextual Clues on English. International Journal of English, Literature and Social Science (IJELS), 1342-1347. retrieved from http://journal-repository.com/index.php/ijels/article/view/52
Utama, Sari Lila. (2019). Context Clues Mastery in Students’ Reading Comprehension of Descriptive Text at 8 Grade Students of 10 Junior High School Depok. Journal of English Language Teaching Volume 3 nomor 2. P. 156-161. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SCOPE/article/view/4114
Zuriah, Nurul. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan (Teori Aplikasi). Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Elmayantie, C., Norhayati, N., Rudini, R. and Haris, F. (2022) “PENERAPAN CONTEXT CLUES UNTUK PEMAHAMAN BACAAN PADA MAHASISWA SEMESTER II STMIK PALANGKARAYA”, Sebatik, 26(2), pp. 659–665. doi: 10.46984/sebatik.v26i2.2108.