PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP REVISIT INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED SERVICE QUALITY DAN MEDIA SOSIAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2109

Keywords:

Servicescape, Revisit intention, Perceived Service Quality, Media Sosial

Abstract

Fakta empiris menunjukkan terjadinya penurunan jumlah pengunjung Kafe Pesona Mahakam, dan penurunan tersebut akan berdampak negatif bagi kafe jika tidak segera diatasi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap revisit intention yang dimediasi oleh perceived service quality dan media sosial pada Kafe Pesona Mahakam Tenggarong. Sampel responden dalam penelitian diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling yang berjumlah 67 orang. Alat analisis menggunakan PLS dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa servicescape berpengaruh signifikan terhadap perceived service quality pada Kafe Pesona Mahakam Tenggarong.  Servicescape berpengaruh signifikan terhadap media sosial pada Kafe Pesona Mahakam Tenggarong. Servicescape berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pada Kafe Pesona Mahakam Tenggarong. Perceived service quality tidak berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pada Kafe Pesona Mahakam Tenggarong. Media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap revisit intention pada Kafe Pesona Mahakam Tenggarong. Perceived service quality tidak memediasi pengaruh servicescape terhadap revisit intention padaKafe Pesona Mahakam Tenggarong. Media sosial tidak memediasi pengaruh servicescape terhadap revisit intention pada Kafe Pesona Mahakam Tenggarong.

References

Amalia, R. (2019). Hubungan Antara Food Quality, Service Quality, E-Wom dan Revisit Intention Restoran Vegetarian di Loving Hut Yogyakarta. In Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Indonesia.
Dwiyan, N. R. (2019). Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Service Quality (Studi Pada Garden Thematic Kafe Di Kota Malang). Universitas Brawijaya.
Ghozali, I., & Fuad, M. (2008). Structural equation modeling. Edisi II, Universitas Diponegoro, Semarang.
Jaya, Q. K. (2018). Pengaruh Servicescape Terhadap Revisit Intention Yang Dimediasi Oleh Perceived Service Quality (Studi Pada Kafe Cokelat Klasik Malang). Universitas Brawijaya.
Junaedi, A. (2021). Pengaruhkualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Niat Berkunjung Kembali (Studi Kasus Kafe Bwt Cafftea House). Universitas Yudharta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14e, Global Edition. Pearson Educational Limited, England.
Ningrum, H. D. (2016). Pengaruh Servicescape terhadap Revisit Intention yang dimediasi oleh Perceived Service Quality (Studi Pada Restoran Oura). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 8(1), 951–952. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174605/
Noor, J. (2014). Analisis data penelitian ekonomi & manajemen.
Pranoto, D., & Mawardi, M. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada PT. Bank BRI Persero Tbk.Cabang Tenggarong). Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 21(2), 17–35. https://doi.org/10.53640/jemi.v21i2.952
Rilcudurano, D. (2018). Faktor Yang Mendorong Orang Berkunjung Ke Wood Café Ngabang. Jurnal Manajemen Universitas Snata Dharma, 2(1).
Roz, K. (2021). Peran Kepuasan Pelanggan dalam Memediasi Pengaruh Servicescape terhadap. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 132–141. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5627
Sari, D. N. (2017). Pengaruh Unggahan Foto Wisata Alam Riau Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung. Bab Ii, 2731, 2731.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk hubungan nonlinier dalam penelitian sosial dan bisnis. Penerbit Andi.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Wilson, A., Zeithaml, V., Bitner, M. J., & Gremler, D. (2016). EBOOK: Services Marketing: Integrating customer focus across the firm. McGraw Hill.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Sharita, R., Sarmila, S., Setiyowati, R., Palinggi, Y. and Mawardi, M. (2022) “PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP REVISIT INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED SERVICE QUALITY DAN MEDIA SOSIAL”, Sebatik, 26(2), pp. 697–709. doi: 10.46984/sebatik.v26i2.2109.