SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT UNTUK PEDAGANG DAN PEMBELI PADA PASAR RAKYAT
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2111Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pedagang, Kepuasan Pembeli, Pasar Rakyat, UMKMAbstract
Suatu hal yang umum bahwa masyarakat modern saat ini enggan berbelanja di pasar rakyat yang terkesan kumuh, dan lebih memilih berbelanja di tempat yang nyaman. Kondisi tersebut akan mendorong pelaku UMKM makin termarginalkan dengan kehadiran pusat perbelanjaan dan toko modern. Dengan demikian, untuk mengetahui respons keberadaan pasar rakyat perlu dilakukan evaluasi penyelenggaraan pasar rakyat baik dari sisi konsumen maupun dari pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja pengelolaan pasar tradisional yaitu pasar Mangkurawang, pasar Loa kulu dan pasar Sanga-sanga. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan jumlah 508 responden pedagang untuk ketiga pasar (Mangkurawang, Loa kulu dan Sanga-sanga) dan 96 responden untuk pembeli masing-masing pasar. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan kinerja pelayanan pedagang di pasar Mangkurawang, pasar Loa Kulu dan pasar Sanga-sanga dalam kategori kurang baik. Dilihat dari sisi tingkat kepuasan pembeli menunjukkan hasil kinerja pelayanan yang dirasakan pembeli pada pasar Mangkurawang dalam kategori baik, kinerja pelayanan yang dirasakan pembeli pada pasar Loa kulu adalah kurang baik, dan kinerja pelayanan yang dirasakan pembeli pada pasar Sanga-sanga adalah tidak baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan perbaikan pelayanan pada masa mendatangkhususnya program pengembangan pelayanan yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Kartanegara pada ketiga pasar tradisional agar mampu meningkatkan kepuasan pelayanan pada pasar rakyat baik bagi pedagang maupun pembeli.
References
Akbar, A., & Sundoyo. (2021). Survei Kepuasan Masyarakat (Skm) Manfaat Pemberian Laptop Untuk 1 Rt Di Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2020. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 21(1), 34–47. Https://Ejurnal.Unikarta.Ac.Id/Index.Php/Jemi/Article/View/886/912
Peraturan Kepala Badan Standardisasi Nasional No 7 Tahun 2015 Tentang Skema Sertifikasi Pasar Rakyat, Peraturan Kepala Badan Standardisasi Nasional 1 (2015). Https://Peraturan.Bapak.Go.Id/Home/Details/171006/Perka-Bsn-No-7-Tahun-2015
Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Yogyakarta. (2019). Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2019. Https://Perdagangan.Jogjakota.Go.Id/Assets/Instansi/Perdagangan/Files/Survei-Kepuasan-Masyarakat-Dinas-Perindustrian-Dan-Perdagangan-T-3925.Pdf.Pdf
Peraturan Bupati Nomor 85 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Unit Pelaksana Reknis Pengelolaan Pasar Pada Diperindagkop, Peraturan Bupati (2016).
Dzulfadli Dkk. (2019). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Layanan Di Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 15(2), 2655–6057. Https://Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Tapis/Index
Peraturan Menteri Perdagangan Ri Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pembangunan Dan Pengelolaan Sarana Perdagangan, (2021). Https://Jdih.Kemendag.Go.Id/Pdf/Regulasi/2021/Permendag%20nomor%2021%20tahun%202021.Pdf
Krisdyatmiko, & Latifah, S. (2019). Ikm Pasar Ekologis Argo Wijil Desa Gari [Universitas Gadjah Mada]. Https://Ppkl.Menlhk.Go.Id/Website/Filebox/591/190405093728laporan%20ikm%20pasar%20ekologis%20argo%20wijil%20desa%20gari.Pdf
Malhotra, N. K. (2010). Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan (2nd Ed., Vol. 4). Http://Slims.Umn.Ac.Id//Index.Php?P=Show_Detail&Id=9599
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparat Negara Dan Reformasi Birokrasi Ri No 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakatunit Penyelenggara Pelayanan Publik, 1 (2017). Https://Peraturan.Bapak.Go.Id/Home/Details/132600/Permen-Pan-Rb-No-14-Tahun-2017
Nidiah Dkk. (2022). Analisis Survei Indeks Kepuasan Publik Terhadap Fasilitas Pasar Induk Lambaro Di Kabupaten Aceh Besar Dilihat Dari Persepsi Pedagang Dan Pembeli. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fisip Unsyiah, 7(4), 1–12. Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/Fisip
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan, (2014). Https://Peraturan.Bapak.Go.Id/Home/Details/38584/Uu-No-7-Tahun-2014
Pratama Dkk. (2021). Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Sulawesi Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 197–210. Https://Doi.Org/10.52316/Jap.V17i2.67
Setyo Utami, W. (2013). Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Kantor Kecamatan Di Surakarta, Indonesia. In Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan (Vol. 14, Issue 2).
Sudjilah. (2020). Revitalisasi Pasar Rakyat Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Dan Pendapatan Pendagang. Akademika, 18(2), 137–145. 9 Revitalisasi Pasar Rakyat Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Dan Pendapatan Pedagang Https://Jurnal.Stieimalang.Ac.Id/Index.Php/Jak/Article/Unduh/202/126
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st Ed., Vol. 1). Alfabeta.
Suprapto, H. (2020a). Pengantar Riset Ekonomi Dan Bisnis Dilengkapi Penggunaan Aplikasi Microsoft Exceldan Ibm Spss. Https://Www.Academia.Edu/43886214/Pengantar_Riset_Ekonomi_Dan_Bisnis_Dilengkapi_Penggunaan_Aplikasi_Microsoft_Excel_Dan_IBM_Spss
Suprapto, H. (2020b). Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2018. Jemi, 20(2), 90–101. Https://Ejurnal.Unikarta.Ac.Id/Index.Php/Jemi/Article/View/818/938
Suprapto, H., & Raden, I. (2022). Analisis Kesesuaian Kualitas Pasar Sni 8152 Pasar Rakyat Pada 3 Pasar Di Kutai Kartanegara. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 22(1), 83–95. Https://Ejurnal.Unikarta.Ac.Id/Index.Php/Jemi/Article/View/1070/975
Undang-Undang No 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, (2009). Https://Peraturan.Bapak.Go.Id/Home/Details/38748/Uu-No-25-Tahun-2009
Wijayanto, E. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pengguna Pasar Pemalang Kabupaten Pemalang. Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Kota, 13(1), 44–55. File:///C:/Users/Hp%20pavilion%20x360/Unduhs/Adoc.Pub_Survei-Kepuasan-Pelanggan-Pasar-Tradisional-Kota-M.Pdf
Zuhdhi, A. M. (2020). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pasar Tradisional Di Kota Pekanbaru. Https://Repository.Uir.Ac.Id/13764/1/143410780.Pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article