PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2112

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Pemasaran Digital, Kepuasan Konsumen, Niat Beli Ulang

Abstract

Banyaknya produk skincare baru yang beredar di Indonesia, dikarenakan tersedianya peluang untuk mendapatkan market share pada sektor bisnis kosmetik di Indonesia salah satunya adalah MS Glow. MS Glow belakangan ini banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia, salah satunya di kota Tenggarong. MS Glow juga banyak menawarkan berbagai pilihan produk kosmetik dengan berbagai variasi harga. Tujuan penelitian ini untuk menguji dan menganalisis produk kosmetik MS. Glow di Tenggarong yang terdiri atas variabel harga, kualitas produk, pemasaran digital, niat beli ulang, dan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Responden pada penelitian ini ditujukan pada konsumen produk kosmetik MS Glow di Tenggarong yang berjumlah 347 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dan alat analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, kualitas produk, dan pemasaran digital berpengaruh terhadap kepuasan konsumen MS Glow. Variabel harga, kualitas produk dan kepuasan konsumen berpengaruh secara lansung terhadap niat beli ulang konsumen, namun variabel pemasaran digital tidak berpengaruh terhadap niat beli ulang konsumen MS Glow.  Secara rinci, penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel kepuasan konsumen tidak berperan sebagai variabel intervening. Artinya kepuasan konsumen pada produk ini tidak mampu menjadi variabel intervening harga, kualitas produk, serta pemasaran digital terhadap niat beli ulang konsumen MS Glow.

References

Aji, I. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Teh Rtd Merek Teh Gelas Fengan Kemasan Botol Di Indomaret Kecamatan Gubeng)’, Jurnal Ilmu Manajemen , 7(2), Pp. 281–290. Available At: Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jim/Article/View/25797 (Accessed: 22 November 2022).
Choi, E.J. And Kim, S.-H. (2013) ‘The Studi Of The Impact Of Perceived Quality And Value Of Social Enterprises On Customer Satisfaction And Re-Purchase Intention’, International Journal Of Smart Home, 7(1). Available At: Https://Gvpress.Com/Journals/Ijsh/Vol7_No1/22.Pdf (Accessed: 22 November 2022).
Fahrika, A., Rachma, N. dan Slamet, A.R. (2019) ‘Pengaruh Daring Marketing Dan E-Service Quality Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Daring Shop Joyism Malang’, E-Jurnal Riset Manajemen , 8(4), Pp. 52–63. Available At: Www.Fe.Unisma.Ac.Id.
Handayani, L.S. dan Hidayat, R. (2022) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Ms Glow Beauty’, Jurnal Ikraith_Ekonomika , 2(Juli), Pp. 135–145. Available At: Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37817/Ikraith-Ekonomika.V5i2.
Kartika Sari, R. (2016) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Daring Shopping Pada Mahasiswa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo’, Bisma Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(2), Pp. 115–126. Available At: Https://Jurnal.Unej.Ac.Id/Index.Php/Bisma/Article/View/5987 (Accessed: 22 November 2022).
Loven, M. dan Elyawati, J. (2016) Pengaruh Teknik E-Ticketing Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Niat Pembelian Ulang Dan Wom. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Available At: Http://E-Journal.Uajy.Ac.Id/11782/1/Jurnal%20ilmiah%20em19183.Pdf (Accessed: 10 December 2022).
Mahemba, U. (2019) Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Studi Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi Di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Available At: Https://Repository.Usd.Ac.Id/33855/2/152214080_Full.Pdf (Accessed: 10 December 2022).
Mulyapradana, A., Anjarini, A.D. dan Harnoto, H. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Pt. Tempo Cabang Tegal’, Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(1), Pp. 26–38. Available At: Https://Doi.Org/10.36778/Jesya.V3i1.115.
Noor, J. (2014) Analisis Data Penelitian Ekonomi Dan Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Widya Sarana.
Octaviana, R. dan Nugrahaningsih, H. (2018) ‘Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Meratus Line Jakarta)’, Jurnal Media Manajemen Jasa, 6(2), Pp. 57–72. Available At: Http://Journal.Uta45jakarta.Ac.Id/Index.Php/Mmj/Article/View/1406 (Accessed: 22 November 2022).
Palma, M. And Andjarwati, A. (2016) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Produk Fashion Melalui Toko Daring Di Surabaya)’, Jurnal Riset Ekonomi Dan Manajemen, 16(1), Pp. 84–104. Available At: File:///C:/Users/Hp%20pavilion%20x360/Di sampings/37-51-1-Pb.Pdf (Accessed: 10 December 2022).
Peburiyanti, D. And Sabran (2020) ‘Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong’, Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 20, Pp. 29–39. Available At: Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.53640/Jemi.V20i1.771.
Permatasari, E. Dkk (2022) ‘Faktor-Faktor Yang Menunjukkan Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen)’, Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5). Available At: Https://Doi.Org/10.31933/Jimt.V3i5.
Putu, I.A., Savitri, D. dan Wardana, I.M. (2018) ‘Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Dan Niat Beli Ulang’, 7(10), Pp. 5748–5782. Available At: Https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2018.V7.I10.P19
Raga, H. Dkk (2021) ‘Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Produk Kuliner Tegal Dadong’, Values, 2(2), Pp. 512–520. Available At: Https://E-Journal.Unmas.Ac.Id/Index.Php/Value/Article/Di samping/2716/2100/6212 (Accessed: 21 November 2022).
Ramadhan, A.G. dan Santosa, S.B. (2017) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Pada Sepatu Nike Running Di Semarang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening, Diponegoro Journal Of Management. Available At: Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/Management.
Ramadhania, F. (2022) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Digital Marketing Terhadap Minat Beli Ulang (Survei Pada Konsumen Toko Dyfa Kosmetik Bandung. Skripsi. Universitas Pasundan. Available At: Http://Repository.Unpas.Ac.Id/59983/ (Accessed: 21 November 2022).
Sarwono, J., Narimawati, U. dan Prabawati, A. (2015) Membuat Skripsi, Tesis Dan Disertasi Dengan Partial Least Square Sem (Pls Sem).
Setiawan, W. dan Safitri, K. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Beras Batang Gadis Di Agen S.Riyadi Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Stiemb, 3(3), P. 223237. Available At: Https://Doi.Org/Doi:10.31955/Mea.Vol3.Iss3.Pp223-231.
Suandana, N., Rahyuda, K. dan Yasa, N. (2016) ‘Pengaruh Pengalaman Membeli Produk Fashion Terhadap Niat Membeli Kembali Melalui Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan’, Jurnal Manajemen,Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan , Pp. 86–97. Available At: File:///C:/Users/Hp%20pavilion%20x360/Di sampings/21493-1-41764-1-10-20160630.Pdf (Accessed: 10 December 2022).
Sugiyono (2017) Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi Dan R&D. Edisi Ke-3. Bandung: Cv Alfabeta.
Tjiptono, F., Gregorius, C. dan Dadi Adriana (2012) Pemasaran Strategik. Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Wicaksana, I. (2021) ‘Pengaruh Pemasaran Digital Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Usia Muda (The Effect Of Digital Marketing And Product Quality On Loyalty Through Satisfaction Of Young Customer)’, Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 18(01), Pp. 1–10. Available At: Https://Doi.Org/10.33370/Jmk.V17i2.507.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Tajudinnur, M., Fazriansyah, F., Ferdian, R., Iskandar, I. and Ilham, I. (2022) “PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING”, Sebatik, 26(2), pp. 673–687. doi: 10.46984/sebatik.v26i2.2112.