STUDI DIFERENSIAL PERILAKU MENOLONG PENUMPANG BERUSIA DEWASA AWAL DI KRL JABODETABEK DALAM MEMBERIKAN TEMPAT DUDUK BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Keywords: kereta rel listrik Jabodetabek, perilaku menolong, perilaku memberikan tempat duduk, dewasa awal, skala Guttman

Abstract

Dengan penumpang kereta rel listrik yang memadati di seluruh rute Jabodetabek, maka mendapatkan tempat duduk bagi seorang penumpang merupakan suatu kenyamanan yang jarang didapatkan. Perilaku memberikan tempat duduk kepada penumpang lain termasuk salah satu bentuk perilaku menolong di KRL karena merupakan perilaku membantu orang lain. Perilaku memberikan tempat duduk ini diduga memiliki urutan berdasarkan tingkat keterbutuhan korban. Di lain pihak, kelompok penumpang berusia dewasa awal merupakan kelompok jumlah penumpang KRL Jabodetabek yang terbesar serta memiliki karakteristik perilaku menolong yang berbeda antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui apakah ada perbedaan perilaku menolong dalam memberikan tempat duduk antara penumpang KRL Jabodetabek berjenis kelamin laki-laki dengan perempuan yang berusia dewasa awal. Penelitian ini memakai strategi penelitian non-eksperimental dengan desain penelitian diferensial. Partisipan penelitian merupakan penumpang KRL Jabodetabek sebanyak 390 orang (190 perempuan dan 200 laki-laki) berusia 20-40 tahun. Skala Guttman digunakan untuk mengetahui urutan perilaku menolong dalam memberikan tempat duduk di KRL. Hasil penelitian ditemukan bahwa perilaku menolong penumpang berusia dewasa awal di KRL Jabodetabek berjenis kelamin laki-laki lebih banyak memberikan tempat duduk di KRL dibandingkan penumpang perempuan. Penumpang berusia dewasa baik laki-laki dan perempuan pada penelitian ini memiliki persepsi yang sama bahwa ibu hamil sebagai penumpang yang paling membutuhkan tempat duduk.  Penumpang laki-laki cenderung lebih sering memberi tempat duduk kepada penumpang lain sedangkan pada penumpang perempuan memberikan tempat duduk kepada penumpang lain tergantung dari tingkat keterbutuhan penumpang yang ingin diberi pertolongan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullahi, I. A., & Kumar, P. (2016). Gender differences in prosocial behaviour. International Journal of Indian Psychology, 3(4). https://doi.org/10.25215/0304.017
Ahmad, S., Mohammad, H., & Shafique, Z. (2018). The impact of attachment styles on helping behavior in adults. Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 4(1), 24–29.
Annur, C. M. (2022). Sempat sepi karena pandemi, pengguna KRL mulai bertambah pada 2022. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/19/sempat-sepi-karena-pandemi-pengguna-krl-mulai-bertambah-pada-2022
Branscombe, N. R., & Baron, R. A. (2017). Social Psychology. Pearson Education Limited.
CNN Indonesia. (2021). Jakarta PPKM Level 1, KRL padat penumpang dan sulit jaga jarak. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211102075846-20-715328/jakarta-ppkm-level-1-krl-padat-penumpang-dan-sulit-jaga-jarak
Dancey, C. P., & Reidy, J. (2020). Statistics without maths for psychology. Pearson education Limited.
Farhana, K. (2019). Rebutan kursi, kenapa ibu hamil harus duduk di commuter line? Fimela.Com. https://www.fimela.com/lifestyle/read/4059530/rebutan-kursi-kenapa-ibu-hamil-harus-duduk-di-commuter-line
Faturahman, A. A. (2021). Penumpang KRL terperosok ke kolong peron 6-7 Stasiun Manggarai saat akan naik KRL ke Kampung Bandan, ini penjelasan KAI Commuter. Poskota.Co.Id. https://poskota.co.id/2022/06/26/penumpang-krl-terperosok-ke-kolong-peron-6-7-stasiun-manggarai-saat-akan-naik-krl-ke-kampung-bandan-ini-penjelasan-kai-commuter?halaman=1
Garjito, D. (2019). Aksi wanita selamatkan nyawa penumpang KRL, bak malaikat penolong. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2019/02/27/200500/aksi-wanita-selamatkan-nyawa-penumpang-krl-bak-malaikat-penolong
Goss-Sampson, M. A. (2022). Statistical analysis in JASP 0.16.1: A Guide for students. Mark A Goss-Sampson. https://jasp-stats.org/wp-content/uploads/2022/04/Statistical-Analysis-in-JASP-A-Students-Guide-v16.pdf
Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. (2018). Research methods for the behavioral sciences. Cengage Learning, Inc.
Gunadha, R., & Bhayangkara, C. S. (2020). Viral, wanita ngaku dicopet di KRL minta ongkos padahal modus penipuan. Suara.Com. https://www.suara.com/news/2020/11/26/194239/viral-wanita-ngaku-dicopet-di-krl-minta-ongkos-padahal-modus-penipuan
Hadiyanti, N. I. (2018). Pria ini berkata rasis pada wanita yang menegurnya duduk di kursi prioritas KRL. Tabloidbintang.Com. https://www.tabloidbintang.com/extra/fenomena/read/89524/pria-ini-berkata-rasis-pada-wanita-yang-menegurnya-duduk-di-kursi-prioritas-krl
Hogg, M. A., & Vaughan, G. M. (2018). Social Psychology. Pearson Education Limited.
Jahya, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenada media group.
Jang, S., Allen, T. D., Kim, E., & Cho, S. (2020). An Examination of the Temporal Order of Helping Behaviours and Emotional Exhaustion. Stress and Health, 36(5), 663–674. https://doi.org/10.1002/smi.2943
Myers, D. G., & Twenge, J. M. (2019). Social Psychology (13th ed.). McGraw-Hill Education.
Nazwirman, N. (2017). Karakteristik Penumpang Pengguna KRL Commuter Line Jabodetabek. Journal of Economics and Business Aseanomics, 2(1), 26–35.
Negara, S. B., & Syas, M. (2019). Hubungan penggunaan media sosial Info Commuter Line PT KAI dan sikap penumpang di stasiun Bojong Gede Terhadap Kepuasaan pelayanan perjalanan kereta Commuter Line Jabodetabek. Jurnal Riset Komunikasi, 2(2), 136–148. https://doi.org/10.24329/jurkom.v2i2.54
Papalia, D., & Martorell, G. (2013). Experience human development (13th ed.). McGraw Hill.
Pusparisa, Y. (2021). Jumlah penumpang KRL Indonesia turun 54% sepanjang 2020 imbas Covid-19. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/21/jumlah-penumpang-krl-indonesia-turun-54-sepanjang-2020#:~:text=Dari 336%2C3 juta penumpang,imbas dari pandemi Covid-19.
Putra, I. I. (2019). Statistik komuter DKI Jakarta 2019. Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta. http://statistik.jakarta.go.id/statistik-komuter-dki-jakarta-2019/
Putri, A. W. (2016). Empati di atas tempat duduk prioritas KRL. Tirto.Id. https://tirto.id/empati-di-atas-tempat-duduk-prioritas-krl-b36x
Rosyadi, A. E. A., Rosyidah, I., & Nofalia, I. (2018). Empati dan perilaku altruisme mahasiswa. Insan Cendekia, 5(1), 21–28.
Sarli, L., & Justel, N. (2022). Emotional words in Spanish: Adaptation and cross-cultural differences for the affective norms for English words (ANEW) on a sample of Argentinian adults. Behavior Research Methods, 54(4), 1595–1610. https://doi.org/10.3758/s13428-021-01682-7
Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2018). Psikologi sosial. Salemba Humanika.
Setianto, D. Y., Hidayatullah, N., & Sudrajat, A. (2020). Pengaruh people, process, dan physical evidence terhadap kepuasan konsumen PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(2), 234–242. https://doi.org/10.32424/jeba.v22i2.1598
Utomo, M. H., & Minza, W. M. (2018). Perilaku Menolong Relawan Spontan Bencana Alam. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(1), 48. https://doi.org/10.22146/gamajop.31871
Yulianto, A. (2019). Penyusunan Skala Guttman untuk Pengukuran Psikologi. Universitas Pembangunan Jaya.
Yulianto, A., & Permana, J. M. S. (2021). Perbedaan perilaku memberikan tempat duduk antara penumpang perempuan dan laki-laki remaja akhir di KRL Jabodetabek. Sebatik, 25(2), 673–679. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1652
Yulika, N. C. (2017). Drama perjuangan ibu hamil dapatkan kursi di KRL. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/news/read/3053138/drama-perjuangan-ibu-hamil-dapatkan-kursi-di-krl
Published
2022-12-21
How to Cite
Yulianto, A. and Asmara, I. M. (2022) “STUDI DIFERENSIAL PERILAKU MENOLONG PENUMPANG BERUSIA DEWASA AWAL DI KRL JABODETABEK DALAM MEMBERIKAN TEMPAT DUDUK BERDASARKAN JENIS KELAMIN”, Sebatik, 26(2), pp. 845-853. doi: https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2114.