LITERASI KEUANGAN: URGENSI DALAM PANDANGAN MAMA MUDA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2123

Keywords:

Literasi Keuangan Digital, Anak Usia Dini, Mama Muda

Abstract

Literasi keuangan merupakan upaya seseorang mengelola keuangan agar bijak dalam mengambil keputusan. Seseorang yang terbiasa mengelola keuangan sejak dini maka akan terbiasa ketika dewasa kelak. Usia dini biasa disebut dengan golden age adalah masa yang sangat mudah untuk diterapkan pengetahuan. Apabila pada lingkungan keluarga anak dibiasakan mengelola keuangan dengan bijak maka kelak dia akan dapat membedakan keinginan dan kebutuhan. Revolusi 5.0 yang mendekatkan manusia dengan internet membuat anak mulai mengenal transaksi digital. Kebiasaan orang tua bertransaksi secara digital membuat anak sering bertanya tentang pasar online. Faktanya, tidak banyak orang tua mengenalkan pada anak sehingga muncul berbagai pertanyaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya literasi keuangan digital bagi anak usia dini berdasarkan persepsi mama muda. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif yakni studi kasus. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan orang tua yang memiliki anak sekolah TK B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua merasa penting mengajarkan anak mengenai transaksi digital karena kekhawatiran mama muda akan perilaku konsumtif pada saat dewasa kelak. Usia dini adalah fase dimana anak belajar dan menerapkan apa yang sudah menjadi pondasi sejak dini untuk dipraktekkan pada saat dewasa. Sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan usaha kuat untuk memahamkan mereka tentang pengelolaan uang secara digital

References

Ama, R. G. T. (2021). Minat baca siswa ditinjau dari persepsi keterlibatan orangtua dalam pendidikan. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 219–229. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.122
Aslidah, A. (2022). Strategi orang tua dalam menanamkan karakter hemat pada anak sejak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.118
Dwiyama, F. (2021). Pemasaran pendidikan menuju era revolusi industri 5.0. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(1), 24–34. https://jurnal.univpgri-
Erzad, A. M. (2017). Peran orang tua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(2).
Fitriyah, N. (2013). Iklan Televisi dan Perilaku Konsumtif Anak-Anak (Studi Kasus Pada Siswa SDN 13 Serang). Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA, 2(2), 110–118.
Gani, A. R. A., Soviah, O. F., & Rahmawati. (2019). Penyuluhan membangun kesadaran menabung sejak dini pada siswa sdn 2 lengkong wetan kelurahan lengkong wetan tangerang selatan banten. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1–6. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Hendarsyah, D. (2019). E-commerce di era industri 4.0 dan society 5.0. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna
Hidayah, N., & Ahyani, H. (2021). Membangun karakter anak usia dini melalui pembiasaan budaya sekolah di era revolusi industri 4.0. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, III(1), 46–70. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada
Jumarni. (2021). Pengaruh marketplace terhadap perilakukonsumtif generasi muda (studi pada mahasiswa Ekonomi Syariah FEBI IAIN Bone). Jurnal Al-Tsarwah, 4(2). https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-marketplace/
Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA: Jurnal Pendidikan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, 3(2), 101–112.
Lestari, E., & Wulandari Rifa, S. (2021). Membangkitkan rasa ingin tahu anak usia dini dengan cinta dan cerdik. Qurroti: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 2721–1509.
Mujahidin, A. (2020). Pengaruh fintech e-wallet terhadap perilaku konsumtif pada generasi millennial. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(2), 143. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i2.1513
Otoritas Jasa Keuangan. (2020). Menumbuhkan kecakapan literasi keuangan pada anak usia dini. In Otoritas Jasa Keuangan (Vol. 1, pp. 1–42). https://ojk.go.id
Puspita, Y., Yessi, F., Astuti, S., & Novianti, S. (2020). Selamat tinggal revolusi industri 4.0, selamat datang revolusi industri 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 122–130.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), 3(2), 201–214.
Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa transaksi belanja online pada masa pandemi covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868
Rapih, S. (2016). Pendidikan literasi keuangan pada anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 14–28.
Rehatalanit, Y. L. R. (2016). Peran e-commerce dalam pengembangan bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5.
Sari, A. Y., & Sa`ida, N. (2021). Investasi edukasi literasi keuangan untuk anak usia dini di indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2085–2094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1369
Sina Peter, G. (2014). Peran Orangtua dalam Mendidik Keuangan pada Anak (Kajian Pustaka). Ragam: Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(1), 74–86.
Sumiyati. (2017). Mengenalkan pengelolaan keuangan pada anak sejak usia dini. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, VI(1). http://journal.ipmafa.ac.id/index.php/islamicreview
Susriyanti, Istianingsih, N., & Latief, M. (2021). Etika bisnis dan perusahaan dalam era revolusi industri 4.0 dan 5.0. Jurnal Administrasi Sosial Dan Humaniora (JASIORA), 4(2), 2021. https://doi.org/10.5281/zenodo.5235009
Syarifuddin, M. (2016). Analisis tentang aktivitas buruh tani dalam memenuhi kebutuhan pokok di kelurahan bukuan kecamatan palaran kota Samarinda. EJournal Sosiatri-Sosiologi, 4(3), 98–112.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter usia dini (strategi membangun karakter di usia emas). Pustaka Pelajar.
Zahra, D. R., & Anoraga, P. (2021). The influence of lifestyle, financial literacy, and social demographics on consumptive behavior. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1033–1041. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no2.1033

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Santi, F., Nanda, H. I. and Hidayat, A. S. (2023) “LITERASI KEUANGAN: URGENSI DALAM PANDANGAN MAMA MUDA”, Sebatik, 27(1), pp. 208–214. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2123.

Issue

Section

Articles