PERILAKU GENERASI MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GO FOOD (STUDI KASUS DI TANGERANG SELATAN)

Authors

  • Djoko Hananto Manajemen, Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nor Lailla Manajemen, Universitas Muhammadiyah

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i1.2132

Keywords:

Aplikasi Go Food, Cenderung Malas, Generasi Milenial, User Generated Content, Konsumtif

Abstract

Generasi milenial, yang lahir antara tahun 1980 dan 2000, saat ini mendominasi berbagai aktivitas bisnis. Tumbuh bersama kemajuan teknologi, generasi ini memiliki nilai-nilai dan perilaku yang berbeda dari generasi sebelumnya. Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mendorong keputusan generasi milenial dalam menggunakan aplikasi GoFood, dengan fokus pada analisis dampak ekonomi dari perilaku mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa User Generated Content (UGC) tidak memiliki dampak ekonomi yang signifikan terhadap penggunaan GoFood. Sebaliknya, pemanfaatan teknologi dan informasi, perilaku konsumtif, dan kecenderungan untuk menghindari aktivitas yang membutuhkan usaha fisik (misalnya, memasak) memiliki dampak ekonomi yang signifikan terhadap penggunaan GoFood. Artinya, kemudahan penggunaan aplikasi, keinginan untuk mendapatkan kepuasan instan, dan preferensi terhadap kenyamanan berkontribusi pada meningkatnya penggunaan GoFood di kalangan generasi milenial. Kemudahan akses teknologi mempermudah milenial dalam mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cepat, sedangkan perilaku konsumtif mereka mendorong peningkatan permintaan akan layanan seperti GoFood. Kecenderungan untuk memilih kenyamanan daripada usaha fisik juga menjadi faktor penting dalam keputusan mereka menggunakan layanan ini. Dengan memahami faktor-faktor pendorong penggunaan GoFood di kalangan milenial, bisnis dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk menjangkau dan mempertahankan pelanggan dari generasi ini. Hasil penelitian ini juga memberikan wawasan berharga bagi para pembuat kebijakan untuk merancang regulasi yang tepat guna mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Pemahaman mendalam tentang perilaku ekonomi generasi milenial dapat membantu dalam merancang kebijakan yang mendukung inovasi teknologi dan ekonomi digital secara keseluruhan.

References

Angraeni, S. B., & Aulia, P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Driver Go-jek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Layanan Go-food. EProceedings of Management, 7(3).

Atmosudirdjo, Prajudi. 2017. Beberapa Pandangan Umum Tentang Pengambilan Keputusan : Decision Making. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Azizah, M., & Aswad, M. (2022). Pengaruh Belanja Online Pada E-Commerce Shopee Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Millennial di Blitar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 429–438.

Clark, K. R. (2017). Managing multiple generations in the workplace. Radiologic Technology, 88(4), 379–396.

Estrella-Ramón, A., dan Ellis-Chadwick, F. 2017. Do different kinds of user-generated content in online brand communities really work? Online Information Review, 41(7), 954— 968.

Haigh, M. M., dan Wigley, S. 2018. Examining the impact of negative, user-generated content on stakeholders. Corporate Communications: An International Journal, 20(1), 63—75.

Hidayatullah, S., Waris, A., & Devianti, R. C. (2018). Perilaku generasi milenial dalam menggunakan aplikasi Go-food. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 240–249.

Hitss.com. 2018. Kenali Lebih Jauh Karakteristik Generasi Millennial Lewat 7 Poin Ini. https://www.hitsss. com/kenali-lebih-jauh-karakteristik generasi-millennial-lewat-7-poin-ini/.

Indriany, Y., Hastuti, S., & PV, D. I. (2022). Analisis Citra Merek Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Makanan Online (Studi Kasus Pelanggan Aplikasi Go Food, Grab Food, Shopee Food). Jurnal Lentera Bisnis, 11(2), 205–218.

Lailla, N., Tarmizi, I., & Septiani, W. M. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Kulitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Produk UMKM Di Tengah COVID 19 Studi Kasus Di UMKM Depok. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 20(1), 77–88.

Lina, L., & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku konsumtif berdasarkan locus of control pada remaja putri. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 2(4), 5–14.

Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187–197.

Putri, A. R. (n.d.). Perubahan Perilaku Konsumen Dari Generasi Milenial Akibat Menggunakan Aplikasi Go-Food.

Ristiana, U., Mashudi, M., & Warneri, W. (2020). PENGARUH PROMOSI GOFOOD TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS TANJUNGPURA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(2).

Rohmiyati, Y. (2018). Model Perilaku Pencarian Informasi Generasi Milenial. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 2(4), 387–392.

Sari, D. E. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 9–15.

Soebiakto, Ben. 2018. Alasan Generasi Milenial Lebih Konsumtif. https:// www.cnnindonesia.com/gayahidup/ 20180418215055-282291845/ alasangenerasi-milenial-lebihkonsumtif

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Syahrial, S. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Go-Food. Jurnal Bisnis Kompetitif, 1(2), 219–225.

Published

2024-06-29

How to Cite

Hananto, D. and Lailla, N. (2024) “PERILAKU GENERASI MILENIAL DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI GO FOOD (STUDI KASUS DI TANGERANG SELATAN)”, Sebatik, 28(1), pp. 66–76. doi: 10.46984/sebatik.v28i1.2132.

Issue

Section

Articles