PEMBEKALAN KLASIFIKASI BARU MAKHLUK HIDUP HEWAN KEPADA GURU-GURU BIOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.2152Keywords:
Klasifikasi, Guru, Hewan, Protozoa, InsektaAbstract
Klasifikasi adalah salah satu ilmu tertua dalam bidang biologi dimasa sebelum masehi (SM). Klasifikasi memiliki peran penting karena memudahkan manusia mempelajari makhluk hidup yang sangat banyak tetapi secara berkelompok. Posisi makhluk hidup didalam klasifikasi terus mengalami pergeseran seiring ditemukan teknologi yang lebih canggih dan detail hingga struktur yang mikroskopis. Materi klasifikasi adalah salah satu materi biologi yang dinilai sulit oleh siswa dan guru. Guru harus senantiasa mengikuti perkembangan zaman dan informasi terbaru di bidang biologi. Tujuan pengabdian ini adalah membekali pengetahuan baru bidang klasifikasi makhluk hidup kepada para guru biologi grup Ciputra. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2022 hingga 07 April 2022. Peserta kegiatan ini adalah para guru biologi grup Ciputra sebanyak 15 orang, baik jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) maupun Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode kegiatan dilakukan secara daring zoom dengan pendekatan ceramah, bedah jurnal, dan diskusi. Hasil kegiatan ini adalah kegiatan berjalan lancar dan diikuti oleh 15 orang (83,3%), peserta mendapatkan informasi terbaru dalam klasifikasi makhluk hidup, seperti filum dan subfilum dalam kingdom protozoa termasuk di dalamnya apicomplexa, filum cacing nematoda, filum brachiopoda, dan ordo insekta, peserta mampu mengambil keputusan ketika menemukan konsep yang berbeda antar literatur mengenai sistem klasifikasi makhluk hidup.
References
Adrianto, H., Bendryman, S. S., Arwati, H., Tantular, I., Mellyanawati, Nandana, P. I., . . . Yuwono, N. (2022). Entomologi untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jogjakarta: Rapha Publishing.
Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-Analisis Validitas Booklet Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VII SMP. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 10(1), 8-15. doi:https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i1.49916
Al-Quraishy, S., Abdel-Ghaffar, F., Dkhil, M., & Abdel-Gaber, R. (2021). Haemogregarines And Criteria For Identification. Animals, 170(11), 1-25. doi:https://doi.org/10.3390/
Emig, C., Bitner, M., & Alvarez, F. (2013). Phylum Brachiopoda. Zootaxa, 3703(1), 75-78. doi:10.11646/zootaxa.3703.1.15
Friedheim, S. (2016). Comparison of Species Identification Methods. Mānoa Horizons, 1, 74-86. Retrieved from https://scholarspace.manoa.hawaii.edu/server/api/core/bitstreams/8cfe8674-d1aa-4965-ba74-79fbf3c1e2cd/content
Hikam, A. M., Mubarakati, N. J., Dailami, M., & Toha, A. H. (2021). DNA Barcoding Pada Invertebrata Laut. Jurnal Biologi Udayana, 25(1), 46-56. doi:https://doi.org/10.24843/JBIOUNUD.2021.v25.i01.p06
Indriyani, W., Muswita, M., & Sanjaya, E. (2022). Pengembangan E-kamus Biologi Materi Klasifikasi Tumbuhan Dicotyledoneae. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(2), 62-72. doi:https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.17809
Kurniawan, B., Suwandi, J. F., Mustofa, S., & Hayati, S. J. (2020). A Review : Plasmodium knowlesi. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 7(2), 106-112. doi:https://doi.org/10.32539/JKK.V7I1.9657
Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa. Journal of Biology Education, 1(2), 209-222. doi:http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4118
Ruggiero, M. A., Gordon, D. P., Orrell, T. M., Bailly, N., Bourgoin, T., Brusca, R. C., . . . Kirk, P. M. (2015). A Higher Level Classification of All Living Organism. Plos, 10(4), 1-60. doi:https://doi.org/10.1371%2Fjournal.pone.0119248
Salim, M., Ipa, M., & Nainggolan, O. (2019). Keragaman Spesies Tersangka Vektor Filariasis Berdasarkan Tipe Habitat dan Ekosistem di Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. Aspirator, 11(1), 45-58. doi:https://doi.org/10.22435/asp.v11i1.209
Sibley, D. L. (2010). How Apicomplexan Parasites Move In and Out of Cells. Curr Opin Biotechnol., 21(5), 592-598. doi:10.1016/j.copbio.2010.05.009
Small, S., Labbe, F., Coulibaly, Y., Nutman, T., King, C., Serre, D., & Zimmerman, P. (2019). Human Migration and The Spread of The Nematode Parasite Wuchereria bancrofti. Molecular Biology and Evolution, 36(9), 1931–1941. doi:https://doi.org/10.1093/molbev/msz116
Suyanto, E., Kurnianingsih, N., Safitri, A., & Fatchiyah, F. (2020). Pendampingan Penguatan Kompetensi Guru dan Siswa SMA Melalui Pengembangan Inovasi Sains dan Kompetisi Olimpiade Biologi di Kabupaten Sampang, Madura. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 402 - 424. doi:https://doi.org/10.52166/engagement.v4i2.288
Tapiheru, M. J., & Zain, N. (2021). Prevalence of Soil Transmitted Helminth Infection in Public Elementary School Students, Deli Serdang, North Sumatra. JIMKI, 8(3), 1-7. doi:https://doi.org/10.53366/jimki.v8i3.249
Verma, A. K. (2017). Position of Protozoa in Five Kingdom System. International Journal on Biological Sciences, 8(1), 45-47.
Verma, A. K. (2021). Protozoans: Animals or Protists? International Journal Life Sciences, 9(1), 41-44. Retrieved from https://ijlsci.in/ls/index.php/home/article/view/341
Voultsiadou, E., Gerovasileiou, V., Vandepitte, L., Ganias, K., & Arvanitidis, C. (2017). Aristotle’s Scientific Contributions To The Classification, Nomenclature and Distribution of Marine Organisms. Mediterranean Marine Science, 18(3), 468-478. doi:http://dx.doi.org/10.12681/mms.13874
Yusup, I. R. (2018). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Biologi Tingkat Madrasah/ Sekolah di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus Wilayah Priangan Timur). Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 34-42. doi:https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187
Zhang, Z.-Q. (2013). Animal Biodiversity: An Update of Classification And Diversity In 2013. Zootaxa, 3703(1), 5-11. doi:https://doi.org/10.11646/zootaxa.3703.1.3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article