POLA KOMUNIKASI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KOTA TANGERANG DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER POSITIF BAGI ANAK BINAAN
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2159Keywords:
Karakter Positif, LPKA, Pembinaan, Pola KomunikasiAbstract
Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) merupakan Lembaga pemasyarakatan khusus yang hanya membina narapidana anak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat masih ada 123 perkara Anak Berhadapan Hukum (ABH) menjadi pelaku sampai Agustus 2020. Kriminalitas terbanyak kekerasan fisik sebesar 30 perkara dan kekerasan seksual 28 perkara. Selain itu, terdapat 13 perkara anak menjadi pelaku kecelakaan lalu lintas dan 12 perkara pencurian. Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 mengenai sistem Peradilan Pidana Anak, yang dimaksud anak berhadapan dengan hukum merupakan anak yang berkonflik, baik anak yang bertindak sebagai pelaku tindak pidana maupun anak yang bertindak menjadi korban tindak pidana. Salah satu LPKA di Indonesia yang terdapat di Provinsi Banten adalah Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kota Tangerang. LPKA Kelas I Tangerang menerapkan sistem pembinaan yang mengacu pada pola penyelenggaraan pendidikan, pemenuhan keterampilan, dan pemenuhan hak lainnya. Program pembinaan bagi anak binaan LPKA Kelas I Kota Tangerang merupakan program wajib bagi seluruh anak binaan sebagai dasar pemenuhan kewajiban atas hak pendidikan dan pemberian pelatihan keterampilan sebagai bekal bagi anak binaan saat mereka bebas nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi LPKA Kelas I Kota Tangerangalam pembentukan karakter positif bagi anak binaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pola komunikasi LPKA Kelas I Kota Tangerang dalam pembentukan karakter positif bagi anak binaan menggunakan pola komunikasi primer, sekunder, linear, dan sirkular.
References
Andriyana, N. (2020). Pola Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Kutoarjo. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH) Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 6 No. 2, 592–599
Anggraini, C., Denny H. R., Lina K., M. Syam, Winda K. (2022). Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen (Mude) Vol. 1 No. 3, 337-342
Azeharie, Suzy, Nurul Khotimah. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi Antara Guru dan Siswa Di Panti Sosial Taman Penitipan Anak ‘Melati’ Bengkulu. Jurnal Pekommas Vol. 18 No. 3, 213-224
Azzahra, Nurma A., Hardika, Dedi K. (2019). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Vol. 4 No. 2, 137-142
Bagus, Anak Agung G., Enjoh Dewi. (2018). Pola Komunikasi Guru dan Murid Dalam Proses Pembentukan Karakter Anak Di Paud Pancaran Berkat Baturiti Tabanan Bali. Jurnal Kajian Komunikasi Vol. 16 No. 1, 30–40
Damayanti, I., Sri Hadiati P. (2019). Hambatan Komunikasi dan Stres Orangtua Siswa Tunarungu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Insight Vol. 3 No. 1, 1–9
Dewi, Lukita. (2022). Peranan Pendidik Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Politik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Politik, Hukum dan Kewarganegaraan (JPPHK) Vol. 12 No. 2, 114-125
Hasanah. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter Vol. 3 No. 2, 186-195
Israel, Rumengan, Ferry V. I. A. Koagouw, Johhny S. K. (2020). Pola Komunikasi Dalam Menjaga Kekompakkan Anggota Group Band Royal Worship Alfa Omega Manado. Acta Diurna Komunikasi Vo. 2 No. 3, 1-19
Jayani, Dwi Hadya. (2021). Kasus Kriminalitas Anak Didominasi Kekerasan Fisik. Diambil 14 Mei 2022 dari https://bit.ly/3EZOTSi
Kriyantono, Rachmat. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif Disertai Contoh Praktis Skripsi, Tesis dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group
Kurniawati, I., Roro R. W., Indra N. A. P. (2017). Pola Komunikasi Pertemuan Offline Komunitas Insta Nusantara Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi Vol. 5 No. 1, 31-42
Mahardin, A. Fauzan, Nurmawadah R. (2022). Pembentukan Karakter Demokratis Melalui Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA Vol. 5 No. 1, 107-112
Pujileksono, Sugeng. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif, Cetakan Ke-2. Malang: Kelompok Intrans Publishing
Purwaningsih, P., Bhudiman, B. (2021). Pola Pembinaan Narapidana Anak Di Bawah Umur (Studi Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang). Yustisi: Jurnal Hukum & Hukum Islam Vol. 8 No. 2, 91–105
Roudhonah. (2019). Ilmu Komunikasi. Depok: Raja Grafindo Persada
Sabarua, Jefrey O., Imelia M. (2020). Komunikasi Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education Vol. 4 No. 1, 82-89
Salirawati, Das. (2021). Identifikasi Problematika Evaluasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol. 4 No. 1, 17-27
Sidik, Adi Permana, Nunung Sanusi. (2019). Pola Komunikasi Mahasiswa Di Media Sosial (Studi Etnografi Komunikasi Pada Mahasiswa USB YPKP). Jurnal Common Vol. 3 No. 1, 26-33
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia
Tampubolon, Eric L. (2017). Efektivitas Pembinaan Narapidana Anak Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pekanbaru. Jom Visip Vol. 4 No. 1, 1–14
Wirasahidan, Johan, Dinda R. F. (2019). Brand Community: Pola Komunikasi Mifans Depok Dalam Menjaga Keutuhan Kelompok. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol. 6 No. 2, 180-193
Yunus, M. Ridwan, Dian F. K. (2021). Pola Komunikasi Antara Pimpinan dan Karyawan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT. Wapoga Mutiara Industri. Copi Susu: Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi Vol. 3 No. 2, 50-69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article