PERAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA DAN E-COMMERCE DI KOTA TANGERANG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2160

Keywords:

UMKM, Peran Pemerintah, Sosial Media, E-Commerce, Tanggerang

Abstract

Dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) 2019 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sangat signifikan. Pandemi membuat volume penjualan UMKM turun drastis dan terus menerus. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus dipertahankan dengan kekuatan yang cukup termasuk keterlibatan pemerintah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji peran pemerintah dalam mengembangkan UMKM di Kota Tangerang pada masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan media sosial dan e-commerce. Hasil ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Tangerang bekerja efektif sebagai fasilitator, regulator, dan katalisator. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif karena data yang dikumpulkan bersifat eksploratif dan deskriptif serta bersumber dari sumber berupa tulisan, kata-kata, dan dokumen yang dibuat oleh informan yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa di masa pandemi COVID-19, Pemerintah Kota Tangerang berperan penting dalam mendorong ekspansi UMKM. Beberapa upaya dilakukan dalam upaya pengembangan UMKM diantaranya sebagai fasilitator dalam memberikan dukungan dan dorongan berupa sarana dan prasarana, regulator dalam upaya mendukung kebijakan UMKM, dan katalis dalam upaya menunjukkan UMKM diapresiasi dan dirangsang pertumbuhannya.

References

Achmad, I. F. (2020, April 9). Dampak Corona, Ratusan UMKM di Kota Tangerang Terancam Gulung Tikar. https://tangerangnews.com/print/30916/Dampak-Corona-Ratusan-UMKM-di-Kota-Tangerang-Terancam-Gulung-Tikar
Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Yulianingsih, W. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonformal, 16(1), 12–20.
Anggraeni, W. C., Ningtiyas, W. P., & Nurdiyah, N. (2021). Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1), 47–65.
Arief, M. N. I. (2021). Nusa Jaya Store Angkat UMKM Kelurahan Nusa Jaya Kota Tangerang. https://wartakota.tribunnews.com/2021/08/24/video-nusa-jaya-store-angkat-umkm-kelurahan-nusa-jaya-kota-tangerang.
Diva, G. (2009). Mengembangkan umkm melalui pemberdayaan peran pemerintah daerah. Jakarta: Bakrie School of Management.
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222.
Fajrin, E. (2021). Realisasi Program Tangerang Emas Capai Rp573 Juta Tahun 2021. Tangerangkota.Go.Id.
Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis pengangguran dan pertumbuhan ekonomi sebagai akibat pandemi covid-19. Jurnal Perspektif, 18(2), 201–208.
Islami, N. W., Supanto, F., & Soeroyo, A. (2021). Peran pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan UMKM Yang Terdampak Covid-19. Karta Rahardja: Jurnal Pembangunan Dan Inovasi, 3(1), 45–57.
Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi media sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp ditengah pandemi covid-19 dikalangan masyarakat virtual Indonesia. Baitul’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 41–57.
Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Laura Hardilawati, W. (2020). Strategi bertahan UMKM di tengah pandemi covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934
Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240–252.
Nasrullah, R. (2016). Teori dan riset media siber (cybermedia). Kencana.
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 127–143.
Permana, S. D. H., & Cendana, M. (2019). Pemanfaatan Sosial Media sebagai Strategi Promosi bagi Sustainability Bisnis UMKM. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 163–169.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.
Ramadhanti, A., Wahyuni, S., & Zulianto, M. (2022). Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Umkm Batik Di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 16(1), 47–52.
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 206–217.
Sumadi, M. F., & Prathama, A. (2021). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)“Handycraft” Limbah Kayu Jati Sebagai Produk Unggulan Kabupaten Bojonegoro. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2322–2335.
Wahyunti, S. (2020). Peran Strategis UMKM Dalam Menopang Perekonomian Indonesia Di Tengah Pandemi Covid-19. J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), 3(2), 280–302.
Wibowo, R. I. (2021). Perbandingan Perizinan UMKM Sebelum dan Sesudah Adanya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja Perspektif Mashlahah [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Wijoyo, H., Vensuri, H., Sunarsi, D., Prasada, D., Setyawati, L., Lutfi, A. M., & Akbar, I. R. (2020). Digitalisasi UMKM. Insan Cendekia Mandiri.
Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Tanjungpura, 195–206.
Zulkipli, Z., & Muharir, M. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Syariah (JIMESHA), 1(1), 7–12.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Maharani, A. and Nurlukman, A. D. (2023) “PERAN PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN UMKM MELALUI SOSIAL MEDIA DAN E-COMMERCE DI KOTA TANGERANG”, Sebatik, 27(1), pp. 333–343. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2160.

Issue

Section

Articles