PENGARUH PELATIHAN SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA MAHASISWA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2169

Keywords:

Speed Reading, Pemahaman Membaca, Pelatihan, Eksperimen

Abstract

Masih banyak mahasiswa yang memiliki tingkat pemahaman membaca yang rendah, padahal keterampilan ini sangat menentukan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan pendidikan tinggi. Salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman membaca adalah dengan mengajarkan keterampilan speed reading. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan speed reading dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca mahasiswa. Sampel penelitian merupakan mahasiswa aktif tahun pertama Universitas Pembangunan Jaya sebanyak 30 orang dengan kemampuan membaca di bawah 300 kata per menit dan kemampuan pemahaman di bawah 60%.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian ekperimental kuasi dengan desain penelitian nonrandomized pretest-posttest control group desain. Metode kuasi eksperimental dipilih peneliti untuk melihat hubungan sebab-akibat yang ada namun tanpa melakukan randomisasi subjek. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa teks wacana dan soal kemampuan.

Hasil yang diperoleh dari uji independent sampel t-test dengan menggunakan gain score menunjukkan degrees of fredom (df) sebesar 58 dan nilai p < 0,001 yang menunjukkan hasil tes awal dan tes akhir mengalami peningkatan karena 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian pelatihan speed reading efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman membaca mahasiswa. Dalam kehidupan sehari-hari, pelatihan speed reading ini disarankan untuk diberikan kepada para mahasiswa yang memiliki kesulitan dalam memahami bacaan, dengan indikasi kecepatan membaca yang rendah serta nilai indeks prestasi yang rendah.

References

Afiyah, F. Al. (2022). The Correlation Student Reading Speed and Reading Comprehension Achievement of The Tenth-Grade Students in Indonesia. Jurnal VARIDIKA, 33(2), 165–174. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.16428
Amalia, F. N. (2017). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya, 1, 42–54.
Amanata, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 301–313. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Amna, P., AzwAndi, Y., & Yunus, M. (2012). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa tunarungu dengan menggunakan teknik skimming. Ilmiah, 1(September), 60–70.
Andiani, S. (2017). Hubungan prestasi akademik dan strategi regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tunarungu. Calyptra, 6(2), 478–494. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/934
Armstrong, N. (2015). Speed reading the comprehensive guide to speed reading. CreatSpace.
Carroll, J. M., & Fox, A. C. (2017). Reading self-efficacy predicts word reading but not comprehension in both girls and boys. Frontiers in Psychology, 7(JAN), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.02056
Firmansyah, H. (2014). Penerapan teknik skimming dan scanning dalam meningkatkan kemampuan membaca paragraf eksposisi siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Bintan tahun pelajaran 2013 / 2014.
Fitriana, R. (2020). Kemampuan Intrprestasi Makna Dalam Teks Bacaan Bahasa Inggris Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda. Sebatik, 24(1), 45–50. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.922
Gereda, A. (2015). Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Dan Pendidikan Kimia Universitas Musamus. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 213–225. https://doi.org/10.35724/magistra.v2i2.335
Handayani, D. (2014). Pengaruh teknik membaca cepat terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada materi memahami isi cerpen siswa kelas x SMK (Studi Kasus di SMK YMJ CIPUTAT). UIN Syarif Hidayatullah.
Hartika, L. D., Kirana, C. T., Widiarsana, P., & Diari, L. I. (2017). Pengaruh pemberian materi bacaan bergambar terhadap pemahaman membaca siswa Kelas 3 SD. Jurnal Psikologi “Mandala,” 1(1), 1–13.
Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619
Hermanto, L. R. (2020). Gaya belajar mahasiswa baru fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang sebelum dan setelah menjalani pembelajaran problem based learning. 1, 18. http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/2870/
Hidayat, D. (2019). The Effect of Speed Reading on Students’ Reading Comprehension. Journal of English Education Studies, 2(1), 12–22. https://doi.org/10.30653/005.201921.28
Komalasari, H. (2014). In Peningkatan keterampilan membaca cepat melalui teknik skimming pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V SD AL_ZAHRA PEMULANG pada tahun ajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Listiyanto, A. (2017). Speed reading (Rose Kusumaningratri (ed.)). A plus books.
Mayliana, R. (2020). Pengaruh Membaca Cepat Terhadap Pemahaman Bacaan. universitas Sumatera Utara. http://dx.doi.org/10.31227/osf.io/g5efu
Puspa, S. D., Riyono, J., & Puspitasari, F. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 302–320.
Rahmawati, F. P., & Ervannudin, N. (2015). Kecepatan membaca cepat mahasiswa program studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. The 2nd University Research Coloquium, 27–35.
Saghafian, M., Laumann, K., Akhtar, R. S., & Skogstad, M. R. (2020). The Evaluation of Virtual Reality Fire Extinguisher Training. Frontiers in Psychology, 11(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.593466
Simanjuntak, E. B., & Ana, D. (2015). Meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode speed reading pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas v sdn 014610 sei renggas. Handayani, 3 no 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jh.v3i1.2148
Siswati. (2016). Minat Membaca pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP Semester I) Siswati. Prosiding Seminar ASEAN Psikologi Dan Kemanusiaan Kedua, 610–615. https://mpsi.umm.ac.id/files/file/610 - 615 Siswati.pdf
Soraya, B. (2017). Efektifitas penerapan metode membaca cepat terhadap kemampuan memahami isi bacaan pada mata pelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas V SD Muhammadiyah II Beru Makasar. UIN Alauddin Makassar.
Sudiyatno, & Wulandari, I. (2020). Evaluation of education and training programs in Solo Technopark Central Java in Indonesia. REiD (Research and Evaluation in Education), 6(2), 150–159. http://journal.uny.ac.id/index.php/reid
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sultan, M. A., & Nur, N. (2020). Pengaruh Speed Reading Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sd Negeri 55 Parepare. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2), 125. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i2.13682
Syahriandi, J. A. (2015). Membaca-Cepat-Pemahaman Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Visioner & Srategis, 4(2), 1–9.
Thamrin, N. S. (2012). Scanning technique in developing students reading comprehension. Kreatif, 15(1), 31–35.
Torres, R. C. (2019). Factors Affecting the Reading Comprehension of Intermediate Level Learners: Basis for An Intervention Program. International Journal of Academic Multidisciplinary Research, July 2019, 1–7. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25114.77766
Wiguna, M. Z., Thamimi, M., & Wulansari, F. (2019). Pelatihan dan pendampingan penerapan teknik membaca skimming dalam menjawab soal ujian nasional bahasa indonesia. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 34–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31571/gervasi.v3i1.1195

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Sari, A. P. and Kaihatu, V. A. M. (2023) “PENGARUH PELATIHAN SPEED READING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MEMBACA MAHASISWA”, Sebatik, 27(1), pp. 303–310. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2169.

Issue

Section

Articles