DETERMINAN PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI KABUPATEN KETAPANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2195

Keywords:

Retribusi parkir, Jumlah mobil, Jumlah motor, Jumlah Petugas parkir, Jumlah hari hujan

Abstract

Retribusi parkir merupakan salah satu sumber potensial bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pada tahun 2021, Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten dengan tingkat PAD tertinggi dan kabupaten dengan penerimaan retribusi parkir tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat. Penerimaan dari retribusi parkir merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah yang potensial, mengingat adanya fakta terjadinya peningkatan jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Ketapang, baik mobil maupun sepeda motor.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi parkir di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penerimaan retribusi parkir, sedangkan variabel bebasnya adalah jumlah mobil (car), jumlah motor (bike), jumlah petugas parkir (park) dan jumlah hari hujan dalam sebulan (rain). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series yang diperoleh dari publikasi resmi Badan Pusat Statistik Kabupaten Ketapang, BMKG Kabupaten Ketapang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Ketapang. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data bulanan sepanjang tahun 2019 – 2021. Adapun model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Ordinary Least Square (OLS). Temuan dari penelitian ini adalah variabel jumlah petugas parkir berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan retribusi, sedangkan variabel jumlah mobil, jumlah motor, dan jumlah hari hujan tidak berpengaruh terhadap penerimaan retribusi. Namun secara bersama-sama ditemukan bahwa seluruh variabel bebas merupakan regressor yang signifikan untuk variabel penerimaan retribusi parkir.

References

Anggoro D, D. (2017). Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. UB Press.
Anjeli, T. (2021). Pengelolaan Retribusi Parkir Di Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Laporan Akhir. http://eprints.ipdn.ac.id/6356/%0Ahttp://eprints.ipdn.ac.id/6356/1/ringkasan Laporan Akhir_Triciaanjeli_28.0899_Pengelolaan Retribusi Parkir Di Kota Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah.docx.pdf
Ansar, R. (2021). Makna Retribusi Terhadap Petugas Parkir di Kota Ternate. Jurnal TRUST, 9(1), 64–81.
BPS Indonesia. (2022). Realisasi Penerimaan Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Menurut Jenis Penerimaan [Rincian 2022]. BPS Indonesia. https://www.bps.go.id/indicator/13/2180/1/realisasi-penerimaan-pemerintah-provinsi-seluruh-indonesia-menurut-jenis-penerimaan-rincian-2022-.html
BPS Ketapang. (2022). Kabupaten Ketapang Dalam Angka 2022. BPS Ketapang. https://ketapangkab.bps.go.id/publication/2022/02/25/d0ffaf5033de72781b582adc/kabupaten-ketapang-dalam-angka-2022.html
hayatiprana. (2016). Analisis pengaruh tarif parkir dan volume parkir terhadap tingkat pendapatan juru parkir di kota mataram. Valid, 13(3), 277–288.
Gujarati. (2019). Dasar-Dasar Ekonometrika (Erlangga).
Haerah, K. (2018). Kontribusi Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Jember. Jurnal POLITICO, 8(1), 80–112.
Hayati, S. (2016). Efektivitas dan Kontribui Penerimaan Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Seruyan. Jurnal Terapan Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 44–60.
Itarini, N. M. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Retribusi Daerah Dengan Jumlah Penduduk Sebagai Variabel Pemoderasi di Kabupaten/Kota Provinsi Bali. E-Jurnal EP Unud, 9(4), 719–749.
Nyampai, I.R.A. (2021). Optimalisasi Pemungutan Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah. Diploma thesis, IPDN Jatinangor. Tidak dipublikasikan.
Prana, R. R. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tebing Tinggi. Jurnal Ilman, 4(1), 74–86.
Priyanto, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Mediakom. Bandung.
Rahman, A. (2018). Manajemen retribusi parkir oleh dinas perhubungan kota pekanbaru. JOM FISIP, 5(1), 1–15.
Rasyid, E. and Chaerudin, I. (2021). Inovasi Disruptif Transportasi di Jakarta. Sebatik Vol. 25 No. 1 Juni 2021, 138 - 145. DOI:10.46984/sebatik.v25i1.1346
Rusyadi, M.R., & Imansyah, M.H. (2019). JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, Vol. 2 No. 3, 678-691
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Syukriawati dkk. (2016). Pengaruh Jumlah Penumpang Dan Jumlah Kendaraan Terhadap Pendapatan Jasa Parkir Di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu. E Jurnal Katalogis Teknik Sipil, 4(9), 95–106.
Tebaldi, E., & Beaudin, L. (2016). Climate change and economic growth in Brazil. Applied Economics Letters, 23(5), 377–381.
Vikasari, C. (2019). Sistem Retribusi Parkir Sebagai Pengawasan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap Informasi. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem, 5(1), 1–8.
Wahyuningsih, S., & Rahmadiyanti, R. (2018). Analisis Efektivitas, Pertumbuhan Dan Kontribusi Retribusi Tempat Khusus Parkir Terhadap Pad Di Dinas Perindagsar Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 6(1), 75–87. https://doi.org/https://doi.org/10.32639/jiak.v6i1.164

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Elpiani, E., Restiatun, R. and Yani, A. (2023) “DETERMINAN PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI KABUPATEN KETAPANG PROVINSI KALIMANTAN BARAT”, Sebatik, 27(1), pp. 112–119. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2195.

Issue

Section

Articles