ANALISA INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT

Authors

  • Zenab Al Munziroh Ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Gungun Gumilar Ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kariena Febriantin Ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanny Purnamasari Ilmu sosial dan ilmu politik, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i2.2198

Keywords:

Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, E-government, Inovasi, Instansi, Pelayanan Publik, Pemkab Garut

Abstract

Pelayanan publik merupakan pengabdian yang dilakukan oleh pemerintah bagi masyarakat. Dimana keduanya untuk saling keterkaitan dalam kepentingan kenegaraan. Instansi pemerintah yang telah memulai penyelenggaraan pelayanan prima berbasis e-government adalah Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut melalui inovasi pelayanan berbasis website. Hadirnya website dinas dilatarbelakangi oleh perkembangan serta pemanfaatan teknologi yang semakin pesat guna menjadi solusi keluhan masyarakat dalam pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif dengan menggunakan data sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana jenis inovasi pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dinas kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Garut telah menerapkan Inovasi dalam Pelayanan publik melalui berbagai fitur yang tersedia dalam website. Dengan adanya berbagai inovasi ini diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Garut ini menjadikan pelayanan yang optimal untuk masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat kekurangan dalam layanan berbasis online ini seperti lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menerima KTP yang tidak ditentukan, dan website sering mengalami gangguan karena tingginya volume pengajuan masyarakat, namun pihak dinas kependudukan dan catatan sipil Pemkab Garut sendiri membatasi layanan online sehingga mempersulit masyarakat untuk melakukan layanan. Untuk memberikan pelayanan dan fasilitas yang sama dengan masyarakat, maka perlu diinformasikan kepada masyarakat tentang keberadaan website ini, yang akan membutuhkan pengembangan lebih lanjut.

References

Agus, D. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.

Anjani, W. S., Hanapiah. 2019. Inovasi Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa. CosmoGov. https://doi.org/10.24198/cosmogov. v5i2.21739

Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Jaringan Inovasi Pelayanan Publik.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut. 2022. Inovasi Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut. Retrieved from Pandu-Online website: https://pandu-online.garutkab.go.id/

Hafizh, D. A. 2016. INOVASI PELAYANAN PUBLIK Studi Deskriptif Tentang Penerapan Layanan E-Health Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik Unair 4, No 3: 1-9.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Gava Media.

Ismail 2022. Implementasi kebijakan pelayanan administrasi kependudukan pada dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten garut. Jurnal Registratie, 4(1). 22-31

Jati, W. 2011. Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta. JPS: Jurnal Ilmu Sosoal Dan Ilmu Politik 15(10, 68-78.

Litjan, P. S. 2017. Reformasi Pelayanan Publik Teori Kebijakan dan Implementasi. PT. Bumi Aksara.

Maulana, A. (2022). Efektifitas Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Berbasis Aplikasi Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sukabumi (Doctoral dissertation, IPDN).

Mirnasari, R. M. 2013. Inovasi Pelayanan Publik UPTD Terminal Purabaya-Bungurasih. Kebijakan Dan Manajemen Publik.

Mulyadi, D. 2018. Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik. ALFABETA.

Narsikhah, M. 2019. Inovasi Pelayanan Trasportasi Publik Berbasis Terknologi Informasi. Inovasi Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 1(1), 26.

Permen PANRB Nomor 89 Tahu 2020. 1967. Peraturan Menteri Pendayagunaan

Peraturan, UU RI Nomor 25 Tahun 2009. Law of the Republic of Indonesia Number 25 of 2009 on Public Service. Jakarta.

Rendo, R. F. 2019. Kualitas Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 8(3), 22028.

Rismayanti, E., Hasyim, S. B., & Istiqomah, S. 2021. Inovasi penerapan sistem layanan online pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Garut di era COVID-19. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(2), 242-253.

Saputra, Trio, W. A. 2018. Suara Pelayanan Publik: Reformasi, Birokrasi, Melalui Inovasi Pelayanan Publik. Jakad.

Sugiyono. 2019. Metode Penenlitian Kualiatif Kuantitatif, dan R&D. Jawa Barat: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. 2017. MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Munziroh, Z. A., Gumilar, G., Febriantin, K. and Purnamasari, H. (2023) “ANALISA INOVASI PELAYANAN PUBLIK DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN GARUT”, Sebatik, 27(2), pp. 465–471. doi: 10.46984/sebatik.v27i2.2198.