ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN FASHION ONLINE

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2208

Keywords:

Harga, Produk, Promosi, Online, Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh faktor harga, produk, dan promosi secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian online Produk Fashion online .di Provinsi Maluku, Kabupaten Pulau Taliabu. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari BPS Maluku Utara dan data BPS Kabupaten Pulau Taliabu. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi. Data dalam penelitian ini dari data primer, data yang diperoleh dari responden secara langsung dilokasi penelitian. Hasil akhir studi ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada Konsumen Fashion Online. Konsumen fashion online merasa bahwa produk yang dijual secara online memiliki harga yang bervariasi dari yang murah sampai yang mahal dan harga dalam toko online biasanya lebih murah daripada toko. Produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada konsumen fashion online. Dikarenakan konsumen fashion online merasa bahwa dengan adanya kualitas produk yang dijual secara online dapat memudahkan konsumen dalam memilih dan membandingkan suatu produk. Promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk secara online pada konsumen Fashion Online, karena konsumen mengetahui toko fashion online dengan melihat adanya iklan yang menarik yang dipasang oleh toko tersebut, toko-toko yang sudah besar, rata-rata memasang iklan di media sosial maupun di internet sehingga semua orang bisa melihat dan dikunjungi. Secara simultan baik harga, produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk secara online.

References

Anwar, U., Nawaz, A. R., Ullah, A., & Ahmad, S. (2021). Benefits and Risks of Online Shopping with Consumer’s Perspective: A Case Study of Pakistan. Internasional Journal of Academic Research in AccountingWidagdo, P. B. (2016). Perkembangan electronic commerce (e- commerce) di Indonesia. Researchgate Article.

Buil, I., De Chernatony, L., & Martínez, E. (2013). Examining the role of advertising and sales promotions in brand equity creation. Journal of business research, 66(1), 115-122.

Hilmawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Rekaman: Riset Ekonomi Bidang Akuntansi dan Manajemen, 3(3), 154-166.

Kotler, P. (2012). Kotler on marketing. Simon and Schuster.

Kusuma, R. W., & Suwitho, S. (2015). Pengaruh Kualitas produk, harga, fasilitas dan emosional terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Kusuma, R. W., & Suwitho, S. (2015). Pengaruh Kualitas produk, harga, fasilitas dan emosional terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Lestari, V. N. S. (2017). Analisis Faktor-faktor promosi dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan. Journal Majalah Ilmu Ekonomi dan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas DR. Soetomo, 10.

Mudawamah, N. S. (2020). Perilaku pengguna internet: studi kasus pada mahasiswa jurusan perpustakaan dan ilmu informasi Uin Maulana Malik Ibrahim. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 107-113.

Pereira, M., Comans, T., Sjøgaard, G., Straker, L., Melloh, M., O'Leary, S., ... & Johnston, V. (2019). The impact of workplace ergonomics and neck-specific exercise versus ergonomics and health promotion interventions on office worker productivity: A cluster-randomized trial. Scandinavian journal of work, environment & health, 45(1), 42-52.

Prasetya, H. Y., & Nurmahdi, A. (2018). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Digital Dan Perilaku Online Konsumen Pada

Putri, R. S., & Safri, I. (2015). Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Eningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada Pt. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru. Valuta, 1(2), 298-321.

Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Sakinah, N., & Firmansyah, F. (2021). Kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 22(2), 1-11.

Sinambela, E. A., Sari, P. P., & Arifin, S. (2020). Pengaruh Variabel Harga dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Wingsfood. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu- Ilmu Ekonomi, 13(1), 55-70.

Susanti, F., & Gunawan, A. C. (2019). Pengaruh bauran promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Maybelline di kota Padang.

Putra, G. P., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya Yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Tjahjono, H. K., Maryati, T., & Fauziyah, F. (2013). Intensi Mahasiswa Yogyakarta Berwirausaha Berbasis Teknologi Informasi (Ti). Jurnal Siasat Bisnis, 17(1), 17-27.

Ulfa, R. (2021). Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. AL-Fathonah, 1(1), 342-351.

Verina, E., Yulianto, E., & Latief, W. A. (2014). Faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial facebook (survei pada konsumen toko fashion di jejaring sosial facebook yang berlokasi di Indonesia).

Widagdo, P. B. (2016). Perkembangan electronic commerce(e-commerce)di Indonesia. Research gate Article.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Jabid, A. W., Runtunuwu, P. C. H. and Soamole, B. (2023) “ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN FASHION ONLINE”, Sebatik, 27(1), pp. 30–36. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2208.

Issue

Section

Articles