MEMBUAT DESAIN POLA BATIK MATEMATIKA MENGGUNAKAN RUMUS FUNGSI IMPLISIT TRIGONOMETRI DALAM BIDANG KARTESIUS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2219

Keywords:

Kalkulator grafik, Fungsi implicit, Trigonometri, Bidang kartesius, Batik matematika.

Abstract

Menggambar rumus persamaan fungsi merupakan sesuatu hal yang bisa menghubungkan antara dunia matematika dan seni, tetapi sebelum adanya program kalkulator grafik hal tersebut susah untuk dilakukan, dengan perkembangan teknologi saat ini terdapat suatu software atau program kalkulator grafik online yang bisa membantu dalam memvisualisasikan gambar grafik dari rumus persamaan fungsi dengan cepat dan penggunaannya sangat user friendly. Hal ini sangat berguna untuk memvisualisasikan rumus-rumus persamaan fungsi dengan mudah dan efisien. Suatu rumus persamaan fungsi pada umumnya menghasilkan suatu gambar yang berbentuk kurva atau grafik dalam bidang Kartesius, kurva atau grafik tersebut bisanya bertujuan untuk mendeskripsikan sifat-sifat dari persamaan fungsinya. Rumus-rumus persamaan fungsi yang dibahas dalam artikel ini difokuskan pada rumus persamaan fungsi Implisit Trigonometri. Penulis memilih untuk membahas rumus persamaan fungsi Implisit Trigonometri karena rumus tersebut dapat menghasilkan suatu gambar grafik atau kurva yang mempunyai pola seperti Batik yang dinamakan Batik Matematika. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa dengan rumus matematika dapat menghasilkan karya seni yang unik dan menarik lewat penggunaan rumus-rumus persamaan fungsi Implisit Trigonometri. Metode yang digunakan adalah memvisualisasikan grafik dari rumus-rumus persamaan fungsi Implisit Trigonometri tersebut menggunakan program kalkulator grafik online Desmos, dan dari software tersebut maka kemudian dapat ditampilkan gambar grafik atau kurvanya. Adapun hasil yang kami dapatkan yaitu berbagai macam pola yang unik dan menarik dan penulis menamakannya sebagai pola Batik Matematika. Selanjutnya pembelajaran tentang software kalkulator grafik online Desmos ini diperlukan agar semakin optimal dalam memanfaatkan dan mengintegrasikan teknologi untuk mendalami matematika tingkat lanjut.

References

Adams, R. A., & Essex, C. (2021). Calculus: A complete course. Pearson Education.
Adella AR., A. A. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik digital berbasis discovery learning berbantuan desmos pada materi trigonometri kelas X. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 11(3). https://doi.org/10.24036/pmat.v11i3.13926.
Aina, M. Q., Hendikawati, P., & Walid, W. (2022). Pemodelan Runtun Waktu Harga Saham Bulanan BBRI.JK dengan Metode MODWT-ARIMA. Unnes Journal of Mathematics, 11(1), 69-79.
Akbar, F., & Abdullah, M. (2021). Derivation of an explicit equation on size dependence of temperature step for cracking of glass materials by considering the crack formation as a polymer gelation process. Journal of Non-Crystalline Solids, 570, 121047. https://doi.org/10.1016/j.jnoncrysol.2021.121047.
Alcázar, J. G., & Pérez-Díaz, S. (2021). Computing the form of highest degree of the implicit equation of a rational surface. Advances in Applied Mathematics, 123, 102128. https://doi.org/10.1016/j.aam.2020.102128.
Bastos O., N R. (2022). Use of desmos to engage students in calculus. J EDULEARN Proceedings. https://doi.org/10.21125/edulearn.2022.1812.
Bock, D., Donovan, D., & Hockett, S. O. (2022). AP calculus premium, 2022-2023: 12 practice tests + comprehensive review + online practice. Simon & Schuster.
Corless, R. M., Gerhard, J., & Kotsireas, I. S. (2021). Maple in mathematics education and research: 4th maple conference, MC 2020, Waterloo, Ontario, Canada, November 2–6, 2020, revised selected papers. Springer Nature.
Febrianti, T. S., & Afifi, F. C. (2022). Batik Jlamprang with Koch snowflake and Koch anti snowflake fractal geometry using Desmos. Ethnomathematics Journal, 3(1). https://doi.org/10.21831/ej.v3i1.48775.

Hu, T., Xie, Q., Yuan, Q., Lv, J., & Xiong, Q. (2021). Design of ethnic patterns based on shape grammar and artificial neural network. Alexandria Engineering Journal, 60(1), 1601-1625. https://doi.org/10.1016/j.aej.2020.11.013.

Isnanto, R. R., Hidayatno, A., & Zahra, A. A. (2020). Fractal batik motifs generation using variations of parameters in Julia set function. 2020 8th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT). https://doi.org/10.1109/icoict49345.2020.9166282.
Mahardika, D., Tjahjana, R. H., & Sunarsih, H. (2021). Dynamic modelling of COVID-19 and the use of “Merah Putih” vaccination and herbal medicine treatment as optimal control strategies in Semarang city Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1), 012070. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012070.
Nazari, R., & Ross, A. (2020). Pre-algebra exercise book 2020-2021: Student workbook. Effortless Math Education www.EffortlessMath.com.
Pereyra, N. A. (2022). Trigonometric functions. Real Exponential, Logarithmic, and Trigonometric Functions for Physicists, 1-24. https://doi.org/10.1063/9780735424876_013.
Polanco, C. (2019). Advanced calculus: Fundamentals of mathematics. Bentham Science Publishers.
Rahmani-Andebili, M. (2021). Precalculus: Practice problems, methods, and solutions. Springer Nature.
Safier, F. (2019). Schaum's outline of Precalculus (4th ed.). McGraw-Hill Education.
Stewart, J., Clegg, D. K., & Watson, S. (2020). Calculus. Cengage Learning.
Vayenou, V. (2022). Desmos art gallery. Bloomsbury Art Markets. https://doi.org/10.5040/9781350924383.1125331.
Yaremenko, Y. (2019). Using geogebra program in teaching geometry. Cherkasy University Bulletin: Pedagogical Sciences, (3), 98-103. https://doi.org/10.31651/2524-2660-2019-3-98-103.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Mahardika, D. (2023) “MEMBUAT DESAIN POLA BATIK MATEMATIKA MENGGUNAKAN RUMUS FUNGSI IMPLISIT TRIGONOMETRI DALAM BIDANG KARTESIUS”, Sebatik, 27(1), pp. 223–230. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2219.

Issue

Section

Articles