KUALITAS PELAYANAN JASA EKSPEDISI JNE PASCA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2233Keywords:
Kualitas layanan, Kepercayaan, Harga, SEM, Covid 19, Ekspedisi, Pasca PandemiAbstract
Jasa Ekspedisi pengiriman barang menjadi pesat pertumbuhannya ketika Covid-19 datang. Ketika Covid berlalu, keberadaan jasa ekspedisi masih sangat dibutuhkan karena memudahkan masyarakat untuk mengirimkan kebutuhan prioritas seperti sembako, obat-obatan, makanan, minuman dan lain-lain. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus pada Ekspedisi JNE yang dilakukan pasca pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan, kepercayaan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan jasa ekspedisi JNE Pasca Pandemi Covid-19 Dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 250. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik non probability sampling. Software yang digunakan untuk mengolah data dalam penelitian ini adalah Amos 24 dengan metode analisis data yaitu Structural Equation modeling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian mengenai kualitas pelayanan, kepercayaan dan persepsi harga serta setelah melalui serangkaian analisis dan pengujian model, maka dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan jasa ekspedisi JNE pasca pandemi Covid-19 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepercayaan jasa ekspedisi JNE pasca pandemi Covid-19 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan persepsi harga jasa ekspedisi JNE pasca pandemi Covid-19 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang mempunyai pengaruh terbesar adalah variabel harga yang ditawarkan JNE, artinya bahwa harga jasa pengiriman barang melalui JNE dapat bersaing dengan jasa ekspedisi lain, harga yang diberikan JNE sesuai dengan manfaat yang dirasakan pelanggan, harga yang ditawarkan JNE terjangkau.
References
Alma, B. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Afabeta.
Anshar, A. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Gunung Anyar Surabaya”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 8. No 4. DOI: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2111/2128. (G. Anyar, Ed.) Jurnal Ilmu dan RisetManajemen, 8. doi:2111/2128
Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta. Jakarta: Rineka Cipta.
Buchari, A. (2019). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Afabeta.
Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Strutural Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 24. Cetakan ke VII. . Semarang: Universitas Diponegora.
Gunawan, I. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Keller, K. d. (2019). Kotler dan Keller, (2019). Marketing management 15e. New Jersey: Pearson Education Limited. New Jersey: Pearson Education Limited.
M., M. d. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Go-Jek)”, . Jurnal Sebatik 2621-069X, 23, hal 498-503. doi:/804/221
Mowen, J. d. (2017). Mowen, JC dan Minor, M. (2017). Perilaku Konsumen, 5th edn. Jakarta: Erlangga. Jakarta: Erlangga. Retrieved 5th edn
Payne, A. (2018). Pemasaran Jasa, Pelayanan (TheEssence of Service Marketing) (Vol. Edisi 1). Yogyakarta: Andi Ofset.
Popon R.A., A. A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kereta Api Commuter Line (Studi Kasus Commuter Line Arah Cikarang Ke Jakarta Kota). Jurnal SEBATIK 1410-3737 Vol 23 No 2 hal 87-98 http. Jurnal Sebatik, 23, 87-98.
Purba L, H. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Poliklinik Bedah Saraf RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya. Jurnal Ekonomi Kiat, 32, 1-16. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat
Suntoro W., Y. B. (2018). Analisis Pengruh Pengalaman Merk, Kepercayaan Merk dan Keputusan Merk Terhadap Loyalitas Merk. Jurnal MODUS, 32, 25_41. doi:3194/1797
Tjiptono, F. d. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andhi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article