IMPLEMENTASI OBJEK & LINTASAN LOOPING DENGAN METODE OBJECT POOLING PADA GAME CAFFEINE RUSH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2236

Keywords:

Game, Game Object, Object Pooling, Instantiate & Destroy, Game Development Life Cycle, Cache

Abstract

Perkembangan era teknologi saat ini telah terjadi banyak perubahan yang sangat pesat, salah satunya adalah perkembangan game di seluruh dunia. Sudah banyak sekali game yang dibuat dan juga sudah banyak variasi dari jenis game itu sendiri, salah satu contohnya adalah game bergenre cafein rush. Game Caffeine Rush sendiri menerapkan bentuk menggunakan metode Game Development Life Cycle sebagai bentuk pemodelannya, lalu implementasi instantiate & destroy karena dapat memunculkan lalu menghancurkan game object. Akan tetapi, implementasi tersebut belum sepenuhnya berjalan dengan baik karena dapat menghambat kinerja CPU serta menumpuknya penyimpanan sampah (cache). Namun, ada metode yang lebih baik dalam mengoptimalkan pelaksanaan pembuatan dan penghapusan objek secara masif yaitu dengan metode object pooling, dimana perbedaannya pada metode ini menggunakan cara mengaktifkan dan menonaktifkan objek. Sehingga dengan cara ini akan mengoptimalkan permainan agar performanya tidak turun dan penggunaan memori tidak terlalu memakan banyak tempat.

References

Akbar. (2019, September 9). Apa itu Unity3D ? | Pengertian Unity 3D | Akbar Project. Akbar Project Software Developer. https://akbarproject.com/apa-itu-unity-3d/
Apriyandi, D. (2019). Penerapan Endless Runner Game Untuk Memperkenalkan Pariwiasta Kota Pontianak. Core.Ac.Uk, 7(3). https://core.ac.uk/download/pdf/296441652.pdf
Jacky D.Sehang, Virginia Tulenan, & Alwin M.Sambul. (2019). Perancangan Game Simulasi Kewirausahaan. Jurnal Teknik Informatika, 14(1), 1–10.
Jerry Momoda. (2020). Endless Runner Games: Evolution and Future. http://jerrymomoda.com/analysis-endless-runners/
Koulaxidis, G. (2022). Improving Mobile Game Performance with Basic Optimization Techniques in Unity. Mdpi.Com. https://doi.org/10.3390/modelling3020014
Krisdiawan, R. A. (2020). Pembuatan Game Runaway From Culik Dengan Algoritma Fuzzy Mamdani. Journal.Uniku.Ac.Id, 6(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/buffer.v6i1.2623
Krouvi, S. (2019). Implementation Of A Video Game Collection Games For Educational Use. South-Eastern Finland University of Applied Sciences, 1–37.
Landers, R. N. (2022). Game‐based, gamified, and gamefully designed assessments for employee selection: Definitions, distinctions, design, and validation. Wiley Online Library, 30(1), 1–13. https://doi.org/10.1111/ijsa.12376
Pekonen, P. (2019). Fundamentals of HTML5 game optimization. https://lutpub.lut.fi/handle/10024/160161
Perdana, M. H. P., Atmaja, P. W., & Wahanani, H. E. (2021). PEMBUATAN GAME TOWER DEFENSE HEROES CONQUEST MENGGUNAKAN UNITY. Prosiding Seminar Nasional Informatika Bela Negara, 2, 78–87. https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.112
Pratama, D. (2022). Subway Surfers Jadi Mobile Game Paling Banyak Diunduh di Seluruh Dunia. https://www.liputan6.com/tekno/read/4970232/subway-surfers-jadi-mobile-game-paling-banyak-diunduh-di-seluruh-dunia
Rahadian, A., … I. S.-P. J. I., & 2022, undefined. (2022). ANALISIS PENERAPAN METODE OBJECT POOLING PADA GAME 2D ENDLESS RUNNER. Journal.Stekom.Ac.Id, 15(2), 254–266. http://journal.stekom.ac.id/index.php/pixel/article/view/770
Septiyani, A. (2022). Indonesia Jadi Negara Kedua Pengguna Internet yang Banyak Main Game. https://games.grid.id/read/153263015/indonesia-jadi-negara-kedua-pengguna-internet-yang-banyak-main-game
Sugiarto, H. (2022). PENERAPAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA APLIKASI GAME TEBAK NAMA PAHLAWAN NASIONAL BERBASIS ANDROID. Ejournal.Pelitaindonesia.Ac.Id, 6(1), 1–7. https://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/JOISIE/article/view/1659
Tan, W. (2021). Analisis Performa Prototype Game Pada Platform Android. Jurnal.Polibatam.Ac.Id, 15(2), 254–266. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN/article/view/3781

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Akbar, F. F., Asriyanik, A. and Az-Zahra, F. F. (2023) “IMPLEMENTASI OBJEK & LINTASAN LOOPING DENGAN METODE OBJECT POOLING PADA GAME CAFFEINE RUSH”, Sebatik, 27(1), pp. 155–161. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2236.

Issue

Section

Articles