STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK UKM SOSIS ACIL MITA DI KOTA SAMARINDA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2253

Keywords:

Produk Sosis, Strategi Pemasaran,Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Produk Sosis Acil Mita merupakan salah satu usaha yang berada di Kota Samarinda. Usaha Sosis ini didirikan pada tahun 2019 dengan berbagai varian rasa. Teknik pemasarannya melalui sistem pre order (PO) dimana skala usahanya masih kecil baik dari segi pemasarannya maupun segi keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh produk Sosis Acil Mita dengan menerapkan analisis SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa Sosis Acil Mita ini mempunyai peluang yang baik, karena dari segi merek, produk ini sudah dikelola sendiri oleh pemiliknya. Berdasarkan analisis SWOT, Sosis Acil Mita ini dapat melakukan inovasi produk guna meningkatkan variasi rasa dan kualitas produk sehingga dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen agar dapat lebih unggul dari pesaing. Perekrutan tenaga kerja juga dapat dilakukan agar permintaan konsumen dapat dipenuhi lebih banyak dan membuka kesempatan masyarakat yang ingin menjadi reseller Sosis Acil Mita sehingga produk ini dapat dikenal di Kota Samarinda. Berdasarkan analisis SWOT yang digunakan dalam penelitian ini, pemasaran melalui media sosial lebih dioptimalkan sehingga dapat berinteraksi langsung dengan konsumen tanpa dibatasi ruang dan waktu.

References

Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Rajawali Pers. Jakarta.
Fikram, M. 2023. Analisis Strategi Persaingan Dengan Pendekatan analisis Swot Meningkatkan Laba Umkm Penjual Tahu Tek Di Desa Ketajen. Jurnal Ilmiah akuntansi Jurnal Revenue, 3(2), 652-661.
Gitosudarmo, I. 2017. Manajemen Pemasaran. BPFE, Yogyakarta.
Hamidi. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Penerbit UMM Press, Malang.
Harper W. B, Orville C. W., Jean, C. L. 1998. Marketing Management: A Strategic Approach With a Global Orientation. McGraw Hill.
Hermawan, A. 2022. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Minat Beli Pada UMKM Rojo Sosis. SMART Management Journal, 2(2), 163-179.
Januar, A. 2022. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Umkm Rojo Sosis Di Rt 03 Rw 06 Kelurahan Cikiwul, Bekasi Timur. SMART Management Journal, 2(2), 217-230.
Kistari, F. A., & Marlena, N. 2022. Analisis SWOT sebagai Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan Usaha Sentra UKM Telur Asin Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 14595-14605.
Kotler, P & Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing. 14th Edition. Essex, England. Pearson Education Limited.
Palmatier, R. W., & Sridhar S. 2017. Marketing Strategy: Based on First Principles and Data Analytics. London, United Kongdom: Macmillan International Higher Education.
Peter, P. J. 2016. Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat. Jakarta.
Rangkuti, F. 2019. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rusydi, A. 2018. Manajemen Pemasaran. Alfabeta. Bandung.
Rosmawaty AN., Pratamaningtyas, T.S., & Jumiono, A. 2022. Desain Kebijakan Pemasaran Sosis Daging Ayamedible Casing Menuju Industri 4.0 Dengan Menggunakan Interpretative Structural Modelling, 8(1), 49-58.
Sundari, Riadi, E., Alexandro, R. R., Hariatama, F. H., & Oktaria, M. 2022. Analisis SWOT Dan Strategi Pemasaran Usaha Waralaba (Studi Kasus Pada Cokelat Klasik Palangka Raya). Edunomics Journal, 3(1), 1-10
Singh, M. 2012. Marketing Mix of 4P”S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management. 3(6): 40-45
Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang. UB Press.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Wijayanti, T. FI. 2018. Marketing Plan! dalam Bisnis. Jakarta. Indonesia. PT. Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Zilfana, Z., Purwanti, P., Sonaria, M., Sukirman, S., Verahastuti, C. and Themba, O. S. (2023) “STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK UKM SOSIS ACIL MITA DI KOTA SAMARINDA”, Sebatik, 27(1), pp. 390–397. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2253.

Issue

Section

Articles