PENDAMPINGAN DAN PENDALAMAN KONSEP SUBSTANSI GENETIKA DI BIOLOGI CLUB SMAN 1 TARIK

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2279

Keywords:

Biologi, Substansi Genetika, Molekuler, Olimpiade, Sekolah

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pembekalan pendalaman materi Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang berkaitan dengan bidang kedokteran yaitu substansi genetika. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 23 Februari 2023 dan dilaksanakan secara full online. Program Pengabdian kepada Masyarakat ini memiliki skema Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM). Mitra kegiatan adalah 17 siswa SMAN 1 Tarik Sidoarjo yang bergabung dalam Biologi Club sekaligus kandidat seleksi Olimpiade sains kabupaten (OSK) mata pelajaran biologi dan 5 orang guru mata pelajaran Biologi. Properti yang diperlukan dalam pengabdian adalah laptop yang terkoneksi dengan wifi, google drive untuk materi power point (PPT) dan video, aplikasi go-formative untuk pretest dan posttest, handphone atau laptop untuk mengakses soal test. Materi yang diperdalam adalah substansi genetika, meliputi DNA, RNA, dan Replikasi DNA. Hasil pre test dan post test dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan ini adalah pihak sekolah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan belajar ini. Kegiatan pendalaman materi berjalan lancar dan diikuti oleh 11 siswa dan 2 orang guru mata pelajaran biologi. Siswa sudah mulai beradaptasi dengan soal-soal dasar level perguruan tinggi yang diberikan oleh pemateri dalam satu hari pelaksanaan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan nilai rerata pretest dan posttest, selain itu ada peningkatan jumlah jawaban benar per soal pada saat posttest dibandingkan pretest. Jumlah peserta Olimpiade yang memenuhi kriteria nilai naik di atas 50 ada 9 orang. Pendalaman materi OSN perlu dilanjutkan dengan topik lain dan siswa perlu berlatih banyak soal OSN.

References

Adrianto, H., Setyawan, Y., Banjarnahor, D. P. P., Kusumah, I. P., & Messakh, B. D. (2022). Penguatan Konsep Biologi Molekuler Kepada Guru Biologi. Prosiding Seminar Nasional AVoER XIV, 1(1), 339–344.
Aina, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Kognitif dan Afektif Siswa Pada Materi Substansi Genetik Menggunakan Model Picture and Picture dan Media Audiovisual Serta Papan Tempel di Kelas XII SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Biodik, 3(2), 60–72. https://doi.org/10.22437/bio.v3i2.5498.
Alhidayatuddiniyah, & Surtinah, S. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Soal Latihan Substansi Genetika Berbasis Lectora. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 264–270. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6282
Ali, J. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Substansi Genetika Melalui Model E-Learning dengan Media Modul dan LKS Bergambar Pada Siswa Kelas XII IPA-1 SMAN 1 Batanghari. Edutech: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 133–149. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1205
Alonemarera. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Biologi Molekuler Menggunakan Zoom Meeting Saat Pandemi Covid-19. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 178–190. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.178-190.
Ariesandy, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 110–120. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPM/article/view/31695.
Asia, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Student Team Achievement Division di Kelas XII MIPA 5 SMA negeri 19 Palembang. Jurnal Edukasi, 6(1), 25–36.
Azis, S., Yurni Ulfa, A., Akbar, F., Mutiah, H., & Halijah. (2022). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK) Pada Pembelajaran Biologi Siswa SMAN 8 Bulukumba. Jurnal Bioshell, 11(2), 90–99. https://doi.org/https://doi.org/10.56013/bio.v11i2.1684.
Dewantoro, A., Anggundari, W. C., Nuraeni, U., Prasetya, B., & Yopi, Y. (2021). Metode Deteksi Molekuler Berbasis Genomik dan Diagnostik Akurasinya Dalam Pengembangan Diagnostik Klinik di Indonesia. Pertemuan Dan Presentasi Ilmiah Standardisasi, 2020(11), 207–216. https://doi.org/10.31153/ppis.2020.92.
Fauzi, A., & Mitalistiani. (2018). Materi Biologi Sekolah Menengah Atas (SMA) Yang Dianggap Sulit Oleh Mahasiswa Sarjana Strata 1. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 73–84. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1242.
Hariyadi, S. (2018). Identifikasi dan Revisi Miskonsepsi Materi Substansi Hereditas Pada Mahasiswa Peserta Semester Sisipan di Universitas Jember. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 33–36. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/article/view/7186.
Hidayat, T., & Kasmiruddin. (2020). Miskonsepsi Materi Genetika Tentang Ekspresi Gen. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 21(1), 1–9.
Kurniawan, E. D., Nopriyanti, & Sucipto, S. D. (2018). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Video Tutorial Pada Matakuliah Cad/Cam Materi Gambar 3D. Majalah Ilmiah Sriwijaya, XXX(17), 48–59.
Madukubah, F., Taiyeb, M., & Hartati. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Substansi Genetik Dengan Menggunakan Three Tier Test di Kelas XII Sekolah Menengah Atas. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 236–242.
Mardhiah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Kombinasi Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Materi Substansi Genetika Pada SMA neg.10 Fajar Harapan Banda Aceh. Jurnal Kinerja Kependidikan, 5(1), 152–158.
Maulina, D., Pramudiyanti, P., Rakhmawati, I., & Meriza, N. (2021). Program Pendampingan Kegiatan Kompetisi Sains Nasional Bidang Biologi Siswa SMAN 5 Bandar Lampung. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 73–79. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v5i1.2818.
Mellyzar, Ginting, F. W., & Syafrizal. (2021). Pendampingan Persiapan Kompetensi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi di SMAN Modal Bangsa Arun Aceh. Humanis : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(1), 14–18. https://ojs.unm.ac.id/Humanis/article/view/19192.
Nellen, W., Rahasta, A. H., Hermanto, F. E., & Lorenza, M. R. W. G. (2017). Molecular Biology Education In Indonesia - Suggestions For Improvement. Berkala Penelitian Hayati, 22(2), 50–55. https://doi.org/10.23869/bphjbr.22.2.20173.
Novalia, V., Fathiah, F., & Utariningsih, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran di Masa Pandemik COVID-19 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 32–43. https://doi.org/10.22373/crc.v5i1.8267.
Nugroho, K., Widyajayantie, D., Ishthifaiyyah, S. A., & Apriliani, E. (2021). Pemanfaatan Teknologi Droplet Digital PCR (ddPCR) Dalam Kegiatan Analisis Molekuler Tanaman. Jurnal Bios Logos, 11(1), 28. https://doi.org/10.35799/jbl.11.1.2021.31101.
Rohmawati, H. (2022). Preferensi Sumber Informasi Dalam Persiapan Olimpiade Sains Nasional Pada Kalangan Siswa SMA di Kota Surabaya. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 13(2), 126–143.
Roini, C. (2013). Organisasi Konsep Genetika Pada Buku Biologi SMA kelas XII. Jurnal EduBio Tropika, 1(1), 1–5.
Solihah, S., Mulyani, L. S., & Ardiana, C. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa Berdasarkan Visual, Auditori, Kinestetik Pada Mata Pelajaran Biologi MAN 1 Garut. Gunahumas, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28385.
Suranti, Tri, S., & Henuhili, V. (2017). Miskonsepsi Materi Genetika Dalam Buku Biologi SMA Kelas XII Yang Ditulis Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 6(2), 47–64.
Suyanto, E., Safitri, A., Kurnianingsih, N., & Fatchiyah, F. (2020). Pendampingan Penguatan Kompetensi Guru dan Siswa SMA Melalui Pengembangan Inovasi Sains dan Kompetisi Olimpiade Biologi di Kabupaten Sampang, Madura. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 402–424. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.288.
Tammu, R. M. (2018). Peran Pembelajaran Biologi Sel Dan Molekuler Dalam Pengelolaan dan Konservasi Keanekaragaman Hayati Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2, 878–885. http://jurnalfkip.unram.ac.id/indek.php/SemnasBIO/article/view/622/610.
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 104–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607.
Wiadi, D. D. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Biologi Kelas XII IPA SMA Pokok Bahasan Substansi Genetik SMA Negeri 4 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 212. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i2.178.
Yusup, I. R. (2018). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Biologi Tingkat Madrasah/ Sekolah di Provinsi Jawa Barat (Studi Kasus Wilayah Priangan Timur). Jurnal Bioeduin, 8(2), 34–42. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3187.

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Adrianto, H., Tandean, V. S., Panggabean, R. T. M., Santoso, N. B. and Ali, M. (2023) “PENDAMPINGAN DAN PENDALAMAN KONSEP SUBSTANSI GENETIKA DI BIOLOGI CLUB SMAN 1 TARIK”, Sebatik, 27(1), pp. 265–272. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2279.

Issue

Section

Articles