DIGITALISASI BISNIS INDUSTRI BATIK TRUSMI KABUPATEN CIREBON

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2282

Keywords:

Batik, Digital, Pembukuan, Pemasaran, E-commerce

Abstract

Ketidakjelasan asal usul sumber dan jenis penggunaan dana, bercampur aduknya harta milik pribadi dan perusahaan, ketidakmampuan mengetahui pergerakan arus kas masuk dan keluar saat ini dan masa datang, serta tidak dapat mengetahui dengan cermat besarnya utang, modal dan laba/rugi, merupakan beberapa permasalahan terkait pembukuan yang dihadapi industri  batik yang umumnya merupakan kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), terlebih dimasa  pandemi Covid-19. Akibatnya, para pelaku UMKM batik tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah bisnisnya berjalan efisien atau tidak. Aktivitas keuangan perusahaan harus diketahui, dicatat dan dihitung dengan akurat, perlu analisis keuangan yang tepat agar kesehatan finansial perusahaan dapat terjaga dengan baik. Era new normal menjadi garis start para pelaku UMKM batik untuk kembali menggerakkan bisnisnya, dengan menyiapkan diri masuk ke bisnis berbasis digital. Pembukuan berbasis digital dan pemasaran digital sangat diperlukan oleh para pelaku UMKM batik di kawasan sentra industri batik Trusmi Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Oleh karena itu, dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kinerja bisnis melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia UMKM batik agar mempunyai kemampuan menerapkan pembukuan dan pemasaran berbasis digital. Kegiatan dilaksanakan di sentra Industri Batik Trusmi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon yang diikuti  dua belas unit usaha UMKM batik dengan metode pelatihan dan pendekatan secara individu. Pelatihan berisi langkah-langkah pemahaman teori dan prosedur pembukuan berbasis digital, dan konsep perdagangan e-commerce. Hasil kegiatan mengindikasikan bahwa peserta pelatihan merencanakan akan melakukan pembukuan usaha secara digital dan menggunakan platform digital media sosial yang baru untuk meluaskan jaringan pemasaran.

References

Aliyah, L. M., & Nurdin. (2019). Pengaruh Layanan Keuangan Berbasis Teknologi (Fintech) terhadap Literasi Keuangan Masyarakat Dago Atas, Bandung. Prosiding Manajemen, 5(1).
Aubert, M., Calzada, H., Mendoza, J., & González Fernández, L. (2008). Construcción y validez del instrumento de cultura organizacional y competitividad (ICOC) Reistante to change View project. https://www.researchgate.net/publication/28232097
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2019). Analisis Hasil SE2016 Lanjutan Potensi Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil.
Díaz-Chao, Á., Ficapal-Cusí, P., & Torrent-Sellens, J. (2017). Did small and medium enterprises maintain better jobs during the early years of the recession? Job quality multidimensional evidence from Spain. European Management Journal, 35(3), 396–413. https://doi.org/10.1016/j.emj.2016.06.006
Edy Arsyad. (2020, April 13). Perlu Aplikasi Pembukuan Digital UMKM? Ini Solusinya. Https://Fajar.Co.Id/2020/04/13/Perlu-Aplikasi-Pembukuan-Digital-Umkm-Ini-Solusinya/.
Haltiwanger, J. (2011). Who Creates Jobs? Small vs. Large vs. Young*.
Lo, M. C., Wang, Y. C., Wah, C. R. J., & Ramayah, T. (2016). Fatores críticos de sucesso para o desempenho organizacional de PMEs na Malásia: Uma abordagem parcial de mínimos quadrados. Revista Brasileira de Gestao de Negocios, 18(61), 370–391. https://doi.org/10.7819/rbgn.v18i61.3058
Małecka, J. (n.d.). The Role of SMEs in International Trade: Selected Aspects.
Popa, S., Soto-Acosta, P., & Perez-Gonzalez, D. (2018). An investigation of the effect of electronic business on financial performance of Spanish manufacturing SMEs. Technological Forecasting and Social Change, 136, 355–362. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2016.08.012
Qalati, S. A., Ostic, D., Sulaiman, M. A. B. A., Gopang, A. A., & Khan, A. (2022). Social Media and SMEs’ Performance in Developing Countries: Effects of Technological-Organizational-Environmental Factors on the Adoption of Social Media. SAGE Open, 12(2). https://doi.org/10.1177/21582440221094594
Rahayu, R., & Day, J. (2015). Determinant Factors of E-commerce Adoption by SMEs in Developing Country: Evidence from Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 142–150. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.423
Tempo. (2021, October 2). 2 Oktober, Hari Batik Nasional Sejak UNESCO Tetapkan sebagai Warisan Dunia. Https://Gaya.Tempo.Co/Read/1512894/2-Oktober-Hari-Batik-Nasional-Sejak-Unesco-Tetapkan-Sebagai-Warisan-Dunia.
Vargas Garcia, L. M., Jacanamejoy, J. D. P., Cordoba, M. A. H., & Lopez, J. M. G. (2020). Factors that influence the competitiveness of SMEs in the commerce and services sector in the Municipality of Palmira, Colombia. Problems and Perspectives in Management, 17(4), 480–492. https://doi.org/10.21511/PPM.17(4).2019.39
Yoshino, N., & Taghizadeh-Hesary, F. (2018). ADBI Working Paper Series THE ROLE OF SMES IN ASIA AND THEIR DIFFICULTIES IN ACCESSING FINANCE Asian Development Bank Institute. https://www.adb.org/publications/role-smes-asia-and-their-
Yudaruddin, R. (2020). Determinants of micro-, small-and medium-sized enterprise loans by commercial banks in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(9), 19–30. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO9.019

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Rachmat, H. and Darmansyah, A. (2023) “DIGITALISASI BISNIS INDUSTRI BATIK TRUSMI KABUPATEN CIREBON”, Sebatik, 27(1), pp. 120–126. doi: 10.46984/sebatik.v27i1.2282.

Issue

Section

Articles