PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA MINAT BELI DAN PROFITABILITAS DI INDUSTRI KULINER

Authors

  • Triady Widodo Magister Manajemen Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh November
  • Ivan Darma Sihite Magister Manajemen Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh November
  • Wisudanto Wisudanto Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i1.2382

Keywords:

Media Sosial, Tiktok, Minat Beli, Modal Kerja, Profitabilitas

Abstract

Media sosial merupakan suatu sarana dalam berkomunikasi di masa depan dengan keragaman alat yang semakin hari mengalami perubahan dimana hal ini bertujuan supaya pertukaran informasi lebih mudah. Media sosial, sebagai platform yang terus berkembang dengan cepat, telah mengubah lanskap pemasaran global. Di dunia bisnis yang selalu berkembang, pemasaran menjadi hal yang krusial dimana pemasaran bisa dilakukan melalui Instagram, Twitter, Youtube, dan terutama TikTok. Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang sangat disukai di Indonesia, dimana dalam aplikasi ini tersedia fitur pembuatan video berjangka pendek termasuk musik dan filter. Dalam menulis karya tulis ini penulis menggunakan metode literatur review dengan menggunakan jurnal publikasi sebagai sumber penulisan. Penulis menggunakan mesin pencarian Google scholar sebagai sumber utama dengan batasan waktu publikasi lima tahun terkahir atau dari 2018-2023 dengan penggunaan kata kunci seperti media sosial, Tiktok, profitabilitas, hasrat beli, dan modal kerja sehingga didapat beberapa jurnal sebagai referensi. Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat di ambil kesimpulan jika Tiktok bisa digunakan sebagai media untuk melakukan pemasaran karena kemudahan akses serta banyak yang menggunakannya. Hal ini berpengaruh terhadap perilaku konsume serta pengenalan produk kuliner sehingga laba dapat mengalami peningkatan dan berpengaruh pada modal kerja suatu restoran jika dilakukan strategi pengenalan atau pemasaran yang tepat.

References

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(No. 2), hlm. 159-170.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(No.1), 65–71.

Fadli, A. A. (2017). Pengaruh Profitabilitas terhadap Modal Kerja pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. STIM Lasharan Jaya. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi, Dan Bisnis, 1(No. 2).

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(No. 2), hlm. 70-80.

Husaini, A. F. (2017). Pengaruh Modal Kerja, Lama Usaha, Jam Kerja, dan Lokasi Usaha terhadap Pendapatan Monza di Pasar Simalingkar Medan. ISSN: Jurnal Visioner & Strategis, 6(No. 2).

Kotler, P., Keller, K., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing Management. Pearson.

Nawalani, A. P. (2015). Pengaruh Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia. ISSN: Jurnal Business & Banking, 5(No. 1).

Philip Kotler, H. K. I. S. (2019). Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. Pearson.

Setyowati, L. S. (2022). Pengaruh Pemasaran Online Dan Minat Pelanggan Terhadap Peningkatan Laba Kharisma Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(No. 1), hlm. 19-28.

Shobirin, M. Y. (2022). Pengembangan Produk Kerupuk Tujuh Bunga Dengan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Guna Meningkatkan Profitabilitas. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(No. 1), hlm. 301-304.

Solomon, M. R. (2020). Consumer behavior: Buying, having, and being. Pearson.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(No. 1), hlm. 47-60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Kinerja. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(No. 1), hlm. 170-182.

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

W, W., & Sugiarto. (2014). Diversivikasi Usaha, dan Struktur Modal. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(No.1).

Wisudanto, W., & Fikri, M. J. (2023). Diversitas Gender, Risiko, dan Profitabilitas dalam Sistem Perbankan. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 7(No. 2), hlm. 127-142. https://doi.org/10.26740/jpeka.v7n2.p127-142

Published

2024-06-29

How to Cite

Widodo, T., Sihite, I. D. and Wisudanto, W. (2024) “PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA MINAT BELI DAN PROFITABILITAS DI INDUSTRI KULINER”, Sebatik, 28(1), pp. 29–37. doi: 10.46984/sebatik.v28i1.2382.

Issue

Section

Articles