PENGARUH INTERNET DAN MEDIA KONVENSIONAL TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG ISU SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i2.2390Keywords:
pengaruh media, persepsi publik, isu-isu sosial.Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan media telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan informasi. Studi ini membandingkan pengaruh internet dan media konvensional terhadap persepsi masyarakat tentang isu sosial. Dalam sampel 150 responden dari berbagai kelompok demografi, melalui pengumpulan data melalui kuesioner, analisis regresi linear digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua platform secara signifikan memengaruhi persepsi masyarakat tentang isu sosial. Sebagian besar responden menganggap baik internet maupun media konvensional berpengaruh, meskipun terdapat perbedaan dalam kualitas dan akurasi informasi yang diperoleh dari kedua sumber tersebut. Pengaruh media dianggap sebagai faktor yang paling signifikan dalam membentuk persepsi masyarakat. Persepsi masyarakat memainkan peran penting dalam pembentukan opini dan kebijakan sosial. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam ukuran sampel dan konteks yang lebih luas. Kerja sama antara pemerintah, media, dan masyarakat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu sosial melalui internet dan media konvensional. Regulasi yang tepat dan pendidikan yang kritis juga penting untuk memastikan informasi yang akurat dan pemahaman yang lebih baik. Keterlibatan masyarakat dalam diskusi dan dialog tentang isu-isu sosial dapat memperkaya persepsi dan pemahaman yang lebih luas. Penelitian ini memberikan wawasan tentang peran media dalam membentuk persepsi masyarakat tentang isu-isu sosial yang kompleks dan penting.
References
Alaslan, A. (2021). Persepsi Masyarakat dan Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Otonomi, 10(20), 1–15.
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42
Zahra, F., Wilodati, W., & Wahyuni, S. (2023). Disharmonisasi Keluarga: Pemicu Timbulnya Perilaku Lesbian Dalam Diri Remaja. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 7–19.
Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.250
Gani, A. G. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2), 32–42.
Haqqu, R. (2020). Era Baru Televisi dalam Pandangan Konvergensi Media. Rekam, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.24821/rekam.v16i1.3721
Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652
Juanita, S. (2020). Analisis Sentimen Persepsi Masyarakat Terhadap Pemilu 2019 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naive Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(3), 552. https://doi.org/10.30865/mib.v4i3.2140
Jubba, H. F. N. N. P. W. I. J. J. (2021). Persepsi masyarakat terhadap pandemi COVID-19. Dialektika, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.33477/dj.v14i1.2176
Lukito, W. A., & Fahmi, D. L. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95.
Mualim, A. (2017). Kualitas pelayanan Administrasi terhadap kepuasan Pasien. Journal of the American Chemical Society, 3, 27–31.
Qomariah, D. N. (2019). Persepsi masyarakat mengenai kesetaraan gender dalam keluarga. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 52–58. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/1601
Sari, A. P., & Melany, A. (2023). Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa. 27(1), 303–310. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2169
Siahaan, C., Tampubolon, J. A., & Sinambela, N. B. (2021). Diseminasi Informasi Melalui Media Online Sebagai Transformasi Media Konvensional. Jurnal Signal, 9(2), 322. https://doi.org/10.33603/signal.v9i2.6288
Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan. 3(1), 16–22. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72/67
Studi, P., Wilayah, P., & Teknik, F. (2022). Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi lahan Pertanian di Kabupaten. 4(1), 79–82.
Supriyanto, & Kusumastuti, N. A. (2022). Pengaruh Optimisme Terhadap Coping Stress Pada Penyintas Covid-19. 26(2), 1–9. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2088
Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (Kpm). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 1. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349
Triyaningsih, H. (2020). Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat di Pamekasan). Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 1(1). https://doi.org/10.19105/meyarsa.v1i1.3222
Turnip, H., Hendra, Y., & Matondang, A. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Kinerja Kantor Search and Rescue Medan dalam Pencarian Orang Hilang di Gunung Sibayak. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1), 7–11. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i1.181
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 kusnanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article