PENGARUH INTERNET DAN MEDIA KONVENSIONAL TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG ISU SOSIAL

Authors

  • Kusnanto Teknologi Informasi, Institut Shanti Bhuana
  • Candra Gudiato Teknologi Informasi, Institut Shanti Bhuana
  • Blasius Manggu Kewirausahaan, Institut Shanti Bhuana
  • Benedhikta Kikky Vuspitasari Manajemen, Institut Shanti Bhuana

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i2.2390

Keywords:

pengaruh media, persepsi publik, isu-isu sosial.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan media telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan informasi. Studi ini membandingkan pengaruh internet dan media konvensional terhadap persepsi masyarakat tentang isu sosial. Dalam sampel 150 responden dari berbagai kelompok demografi, melalui pengumpulan data melalui kuesioner, analisis regresi linear digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kedua platform secara signifikan memengaruhi persepsi masyarakat tentang isu sosial. Sebagian besar responden menganggap baik internet maupun media konvensional berpengaruh, meskipun terdapat perbedaan dalam kualitas dan akurasi informasi yang diperoleh dari kedua sumber tersebut. Pengaruh media dianggap sebagai faktor yang paling signifikan dalam membentuk persepsi masyarakat. Persepsi masyarakat memainkan peran penting dalam pembentukan opini dan kebijakan sosial. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dalam ukuran sampel dan konteks yang lebih luas. Kerja sama antara pemerintah, media, dan masyarakat diperlukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu sosial melalui internet dan media konvensional. Regulasi yang tepat dan pendidikan yang kritis juga penting untuk memastikan informasi yang akurat dan pemahaman yang lebih baik. Keterlibatan masyarakat dalam diskusi dan dialog tentang isu-isu sosial dapat memperkaya persepsi dan pemahaman yang lebih luas. Penelitian ini memberikan wawasan tentang peran media dalam membentuk persepsi masyarakat tentang isu-isu sosial yang kompleks dan penting.

References

Alaslan, A. (2021). Persepsi Masyarakat dan Kepemimpinan Perempuan. Jurnal Otonomi, 10(20), 1–15.

Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42

Zahra, F., Wilodati, W., & Wahyuni, S. (2023). Disharmonisasi Keluarga: Pemicu Timbulnya Perilaku Lesbian Dalam Diri Remaja. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 7–19.

Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.250

Gani, A. G. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2), 32–42.

Haqqu, R. (2020). Era Baru Televisi dalam Pandangan Konvergensi Media. Rekam, 16(1), 15–20. https://doi.org/10.24821/rekam.v16i1.3721

Isnawati, I., Jalinus, N., & Risfendra, R. (2020). Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMK yang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru dengan Metode Deskriptif Kuantitatif dan Metode Kualitatif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 37–44. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i1.652

Juanita, S. (2020). Analisis Sentimen Persepsi Masyarakat Terhadap Pemilu 2019 Pada Media Sosial Twitter Menggunakan Naive Bayes. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(3), 552. https://doi.org/10.30865/mib.v4i3.2140

Jubba, H. F. N. N. P. W. I. J. J. (2021). Persepsi masyarakat terhadap pandemi COVID-19. Dialektika, 14(1), 1–16. https://doi.org/10.33477/dj.v14i1.2176

Lukito, W. A., & Fahmi, D. L. (2020). Pengaruh Promosi dengan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Ortuseight Pada Masyarakat Tanjung Morawa. Journal of Economics and Accounting, 1(2), 90–95.

Mualim, A. (2017). Kualitas pelayanan Administrasi terhadap kepuasan Pasien. Journal of the American Chemical Society, 3, 27–31.

Qomariah, D. N. (2019). Persepsi masyarakat mengenai kesetaraan gender dalam keluarga. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 52–58. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/1601

Sari, A. P., & Melany, A. (2023). Kemampuan Pemahaman Membaca Mahasiswa. 27(1), 303–310. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2169

Siahaan, C., Tampubolon, J. A., & Sinambela, N. B. (2021). Diseminasi Informasi Melalui Media Online Sebagai Transformasi Media Konvensional. Jurnal Signal, 9(2), 322. https://doi.org/10.33603/signal.v9i2.6288

Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan. 3(1), 16–22. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/72/67

Studi, P., Wilayah, P., & Teknik, F. (2022). Pelatihan Pembuatan Sistem Informasi lahan Pertanian di Kabupaten. 4(1), 79–82.

Supriyanto, & Kusumastuti, N. A. (2022). Pengaruh Optimisme Terhadap Coping Stress Pada Penyintas Covid-19. 26(2), 1–9. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2088

Syahputra, A., & Putra, H. R. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Kegiatan Kuliah Pengabdian Masyarakat (Kpm). At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 1. https://doi.org/10.47498/tanzir.v11i1.349

Triyaningsih, H. (2020). Efek Pemberitaan Media Massa Terhadap Persepsi Masyarakat Tentang Virus Corona (Studi Kasus; Masyarakat di Pamekasan). Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 1(1). https://doi.org/10.19105/meyarsa.v1i1.3222

Turnip, H., Hendra, Y., & Matondang, A. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Kinerja Kantor Search and Rescue Medan dalam Pencarian Orang Hilang di Gunung Sibayak. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1), 7–11. https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i1.181

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Kusnanto, K., Gudiato, C., Manggu, B. and Vuspitasari, B. K. (2023) “PENGARUH INTERNET DAN MEDIA KONVENSIONAL TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG ISU SOSIAL ”, Sebatik, 27(2), pp. 690–698. doi: 10.46984/sebatik.v27i2.2390.