STRATEGI PENGEMBANGAN PERTANIAN PERKOTAAN DI KECAMATAN BANJARSARI KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i2.2393Keywords:
Sayuran, Makanan Olahan, Intensif, Penetrasi Pasar, Pengembangan Pasar, Pengembangan ProdukAbstract
Semakin sempitnya lahan pertanian, ketidakmerataan pendapatan, serta stigma pertanian hanya dapat dilakukan di pedesaan akan menimbulkan permasalahan terkait ketahanan pangan. Kecamatan Banjarsari merupakan salah satu kecamatan yang masyarakatnya telah menerapkan pertanian perkotaan dengan membentuk kelompok tani. Terdapat 35 kelompok tani yang tersebar di 11 kelurahan di Kecamatan Banjarsari. Terdapat sembilan kelompok tani yang aktif dan sisanya sebanyak 26 kelompok tani tergolong kurang aktif. Penelitian dilakukan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, mengetahui alternatif dan prioritas strategi pengembangan yang dapat diimplementasikan oleh kelompok tani di Kecamatan Banjarsari. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi literatur. Analisis dilakukan dengan matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil identifikasi faktor internal menunjukkan terdapat lima faktor kekuatan dan enam faktor kelemahan. Identifikasi faktor eksternal menunjukkan terdapat enam faktor peluang dan dua faktor ancaman. Kekuatan utama yang dimiliki yaitu terdapat berbagai macam inovasi produk olahan dan kelemahan utamanya yaitu kurangnya keberanian dalam mengambil resiko. Peluang utama yang dimiliki yaitu adanya bantuan modal dan berbagai macam program pelatihan dari Dinas Pertanian. Ancaman utama yaitu adanya persaingan dengan produk serupa di Kota Surakarta. Hasil analisis matriks IE menunjukkan posisi pertanian perkotaan di Kecamatan Banjarsari berada pada sel IV yaitu grow and build. Strategi yang tepat untuk diterapkan yaitu intensif atau integratif. Matriks SWOT menghasilkan sembilan alternatif strategi pengembangan yang kemudian dianalisis dengan QSPM. Prioritas strategi pengembangan pertanian perkotaan yang dapat diterapkan yaitu memasarkan produk secara online melalui marketplace dan media sosial dengan perolehan skor TAS sebesar 7,154.
References
Alqamari, M., Trisna, N., & Siregar, M. S. (2021). Pemanfaatan Lahan Perkarangan Sebagai Sentra Pertanian Perkotaan (Urban Farming) Secara Hidroponik. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 509–514.
Ardani, M. N. (2020). Alih Fungsi Lahan Pertanian Ditinjau Dari Penyelenggaraan Pangan (Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 Tentang Pangan). Law, Development and Justice Review, 3(2), 257–274. www.perkebunan.litbang.pertanian.go.id,
David, F. R., David, F. R., (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Derlini, D., Puspita, R., & Refiza, R. (2014). Hubungan Kebutuhan Pekerja Terhadap Karakteristik Teknik Pada Perancangan Alat Pengepres Melinjo Dengan Metode QFD. Industrial Engineering Journal, 3(2), 28–33. https://journal.unimal.ac.id/miej/article/view/84
Effendy, L., & Apriani, Y. (2018). Motivasi Anggota Kelompok Tani dalam Peningkatan Fungsi Kelompok. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 4(2), 10–24. https://doi.org/10.35906/jep01.v4i2.270
Harini, R., Ariani, R. D., Supriyati, S., & Satriagasa, M. C. (2019). Analisis Luas Lahan Pertanian Terhadap Produksi Padi Di Kalimantan Utara. Jurnal Kawistara, 9(1), 15. https://doi.org/10.22146/kawistara.38755
Harlan, F. B., Wirawan, A., & Maulida, N. A. (2021). Analisis Swot Tentang Strategi Pemasaran Agribisnis Di Pulau Setokok (Studi Kasus Komoditas Semangka). Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(01), 69–80. https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.01.69-80
Hidayatullah, A. R., Andesta, D., & Dahda, S. S. (2020). Pendekatan Metode Analisis Swot Matriks IFE & EFE Dan Analitycal Hierarchy Process Pada Strategi Pemasaran UKM Bu Muzana. Justi, 1(4), 553. http://journal.umg.ac.id/index.php/justi/article/view/2832/1742
Jupri, A., Prasedya, E. S., Rozi, T., Septianingrum, N., Difani, I., & Sarjoni. (2021). Pentingnya Izin PIRT terhadap UMKM di Kelurahan Rakam untuk Meningkatkan Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 162–166. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1046
Khairad, F. (2020). Sektor Pertanian di Tengah Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Aspek Agribisnis. Jounal Agriuma, 2(2), 82–89. http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/agriuma/article/view/4357
Kusumaningrum, S. I. (2019). Pemanfaatan Sektor Pertanian Sebagai Penunjang Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Transaksi, 11(1), 80–89. http://ejournal.atmajaya.ac.id/index.php/transaksi/article/view/477
Le Huu Hoang Ho Chi, N., Hoang Tien, N., Ba Hung Anh, D., & Author, C. (2020). QSPM matrix based strategic organizational diagnosis. A case of Nguyen Hoang Group in Vietnam. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, Accepted(June 2021), 67–72. www.allmultidisciplinaryjournal.com
Mariati, R., & Irawan, C. N. (2022). Analisis Kebutuhan Modal Dan Sumber Permodalan Latar Belakang Permodalan dibidang agribisnis memiliki peran penting dalam pengembangan dan mendorong tumbuh dilakukan oleh petani sebagi modal modal bagaimana pengawasan terhadap pemanfaatan modal Modal ini. Jurnal Agribisnis Dan Komunikasi Pertanian, 5(April), 50–59. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/AKP/article/view/7305/pdf_1
Maulana, M. A., Puspa, T., NurKhoirunnisa, A., Haikal Murzid, M. M., & Simanjuntak, W. A. (2023). Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Pada Ayam Penyet Cabe Ijo “Sinar Karsi.” Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 587–600. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.15527
Mutmainna, I., Hakim, L., & Saleh, D. (2016). Pemberdayaan kelompok tani di kecamatan marioriwawo kabupaten soppeng. Jurnal Administrasi Publik, 2(2), 269–283.
Nadziroh, M. N. (2020). Peran Sektor Pertanian Dalam Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Magetan. Jurnal Agristan, 2(1), 52–60. https://doi.org/10.37058/ja.v2i1.2348
Noor, S. (2014). Penerapan Analisis Swot dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, 14(2), 102–209.
Pradana, A. R., & Nurharjadmo, W. (2021). Analisis Keberhasilan Implementasi Program Pertanian Perkotaan di Kelurahan Lakarsantri Kota Surabaya. Wacana Publik, 1(2), 312. https://doi.org/10.20961/wp.v1i2.54598
Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran ( studi McDonald ’ s Ring Road ) This research aims to identify and analyze the ma rketing strategy of McDoanald ’ s Ring Road by using the SWOT analysis consisting of Strength , Weakness .
Riani, Zahara, & Hafizin. (2021). Fungsi Kelompok Tani Pada Usaha Tani Padi Sawah Di Gampong Uteun Bunta Kecamatan Peusang Kabupaten Bireuen. Jurnal Agrifo, 6(1), 25.
Ritonga, Z. 2020. Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Deepublish.
Saputri, E.M., Wibowo, A., & Rusdiyana, E. 2021. Dampak Implementasi Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Jurnal Agrica Ekstensia, 15(2), 125-131.
Septya, F., Rosnita, R., Yulida, R., & Andriani, Y. (2022). Urban Farming Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Keluarga Di Kelurahan Labuh Baru Timur Kota Pekanbaru. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i1.1552
Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6
Suryani, S., Nurjasmi, R., & Fitri, R. (2020). Pemanfaatan Lahan Sempit Perkotaan Untuk Kemandirian Pangan Keluarga. Jurnal Ilmiah Respati, 11(2), 93–102. https://doi.org/10.52643/jir.v11i2.1102
Surepi, L., Rahmat, A., & Julita, R. (2021). Peranan Administrasi Bisnis Dalam Strategi Pengembangan Usaha. Jurnal Aghinya, 4(1), 1–10.
Tandra, J. K., & Supatra, S. (2021). Cakung - Pertanian Ramah Lingkungan Dikawasan Perkotaan. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 3(1), 189. https://doi.org/10.24912/stupa.v3i1.10754
Tjutjusaputra, A. A. (2017). Strategi intensif untuk pertumbuhan persaingan di Classico Jersey. Jurnal Logistik Bisnis, 7(1), 24–36.
Wahdah, L., & Maryono, M. (2018). Peran Pertanian Perkotaan Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan (Studi Kasus: Pertanian Akuaponik di Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains& Teknologi, September, A195–A202.
Wati, F., Rasmikayati, E., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Hubungan Karakteristik Anggota Kelompok Tani Dengan Penerapan Teknologi Off Season Pada Kegiatan Usaha Tani Mangga di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(4), 715–727.
Widiati, S., & Azkia, L. I. (2023). Strategi Pengembangan Usaha dan Peran Sertifikasi Halal Produk Pangan Lokal UMKM dalam Menunjang Ketahanan Pangan Tingkat Rumah Tangga. Sebatik, 27(1), 27. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2275
Zilfana, Z., Purwanti, P., Sonaria, M., Sukirman, S., Verahastuti, C., & Themba, O. S. (2023). Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Ukm Sosis Acil Mita Di Kota Samarinda. Sebatik, 27(1), 390–397. https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i1.2253
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Erlyna Wida Riptanti, Nurita Miftakhul Janah, Wiwit Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article