MEDIA SOSIAL TIKTOK DAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i2.2399Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial TikTok terhadap tingkat kepercayaan diri mahsiswa. Data diperoleh dengan menyebarkan kuisioner menggunakan google form dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda yang berjumlah sebanyak 70 orang. Alat analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dimana dalam penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu media sosial TikTok dan variabeli terikat yaitu tingkat percaya diri . Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui pengaruh media sosial TikTok terhadap tingkat kepercayaan mahasiswa yang dilihat dari dimensi kelebihan aplikasi, terbatu, fitur-fitu aplikasi, berani, optimis dan konsep diri. Aplikasi TikTok merupakan salah satu wadah yang dapat digunkan untuk memunculkan tingkat kepercayaan diri. Selain tingkat kepercayaan diri, keterampilan juga dapat diasah dengan menggunakan aplikasi ini, sehingga aplikasi TikTok ini memiliki dampak positif terhadap penggunanya.Terdapat pengaruh positif dan negatif dalam penggunaan media sosial TikTok terhadap tingkat percaya diri mahasiswa. Dampak positifnya adalah mahasiswa dapat melatih untuk melakukan komunikasi, menyebarluaskan informasi yang bermanfaat yang sesuai dengan minat yang dimiliki penggunanya serta dapat melatih untuk menggunakan dan mengikuti perkembangan teknlogi yang dapat dilakukan dengan mengedit video, menambahkan music maupun membuat konten yang terkini. Media sosial TikTok ini juga memiliki pengaruh yang negatif, salah satunya adalah munculnya komentar negatif yang dapat meruntuhkan tingkat percaya diri mahasiswa. Selain itu juga kebanyakan pengguna media sosial TikTok menyebarkan konten yang bersifat pribadi sehingga tidak ada batasannya.
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
batubara. (2018). pembelajaran berbasis web dengan moodle. Deepublish.
desmita. (2010). psikologi perkembangan. PT remaja rosdakarya.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
Hidayah, N., & Daulay, A. A. (2023). Analisis tingkat kepercayaan diri mahasiswa yang curhat di media sosial. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 8(1), 33–38.
Khattab, M. (2019). Synching and performing : body (re)-presentation in the short video app TikTok Title: Synching and performing : body (re)-presentation in the short video app TikTok. http://widerscreen.fi/numerot/2019-1-2/synching-and-
Mahmudah, N., & Purnamasari, D. (2023). Pengaruh Konten Seleb Tiktok terhadap Tingkat Stres dan Tingkat Kepercayaan Diri. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5.
Mumtaz, Z. S., & Saino. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi tik tok sebagai media promosi dan trend glow up terhadap minat beli produk kecantikan. JURNAL MANAJEMEN, 13, 282–291.
Nugroho Aji, W. (2018). Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia | 431 (PIBSI) XL.
Prisgunanto, I. (2015). Pengaruh Sosial Media Terhadap Tingkat Kepercayaan Bergaul Siswa. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(2), 101–112.
rachmat krisyantono. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. kencana.
sri kartini. (2019). Krisis percaya diri. mutiara aksara.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Wahyu Widiarti, P. (2017). KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PENDAMPINGAN PADA SISWA SMP SE KOTA YOGYAKARTA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Musdalifah Musdalifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article