MODEL BISNIS PADA PENDIDIKAN VOKASI SMK JURUSAN TEKNIK PERMESINAN DALAM IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v27i2.2413Abstract
Teaching factory adalah suatu konsep pembelajaran di sekolah vokasi yang berbasis produksi atau jasa yang mengacu kepada standar dan prosedur yang berlaku di industri. SMK dengan jurusan teknik permesinan adalah salah satu satuan pendidikan vokasi yang berdampak dalam mengimplementasikan teaching factory. Dampak disebabkan karena peralatan dan bahan yang dibutuhkan dalam implementasi teaching factory tidaklah murah, apalagi jika biaya hanya dibebankan pada sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) SMK. Implementasi teaching factory dapat lebih ringan dalam pembiayaan apabila SMK jurusan teknik permesinan tidak hanya menerapkan model pembelajaran praktik saja, namun juga menjalankan bisnis agar bengkel dapat berjalan mandiri secara finansial sebagai tempat praktik peserta didik. SMK jurusan teknik permesinan membutuhkan formulasi model bisnis dengan konsep kanvas berdasarkan kurikulum pembelajaran dan kebutuhan industri untuk implementasi teaching factory. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini nanti diharapkan mendapatkan data secara mendalam dari obyek pengkajian bersumber dari hasil wawancara dengan narasumber yang sudah ditentukan. Teknik wawancara yang dilakukan adalah tanya jawab terstruktur dengan pemberian pertanyaan. Wawancara dilakukan pada tiga Kepala SMK jurusan teknik permesinan dan perwakilan IDUKA yang menjadi pelanggan SMK terkait. Dari hasil formulasi kanvas model bisnis untuk SMK jurusan teknik permesinan, diharapkan dapat mengimplementasikan teaching factory dengan tepat. Value propotition yang ditawarkan untuk SMK jurusan teknik permesinan adalah jasa manufaktur baik itu permesinan manual, CNC, maupun kerja bangku dengan harga yang lebih terjangkau. Selanjutnya, value propotition terkait penciptaan mesin tepat guna sesuai kebutuhan industri di sekitarnya. Perubahan value propotition ini menuntut SMK jurusan teknik permesinan untuk mengubah statuta dan struktur organisasi sekolah.
References
ATMI BizDEC. 2020. “Merakit Pendidikan Vokasi Untuk Bangsa”. Yogyakarta : PT Kanisius.
Cresswell, John W. 2009. “Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed)”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danim, Sudarwan. 2002. “Menjadi Peneliti Kualitatif”. Bandung: CV Pustaka Setia
Denzin dan Lincoln. 1994. “Hand Book of Qualitative Research”. Sage Publication. Thousan Oaks, London. 1994:236-237.
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. 2020. “Program Kerja Tahun 2021”. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. Jakarta.
Ferolita, M. 2012. “Modifikasi Model Bisnis PT Ansari Jaya Sakti”. Tesis, Magister Manajemen, Fakultas Ekonomika & Bisnis, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 14 Desember.
GIZ. 2018. “Modul Teaching Factory Persiapan dan Implementasi”. Jakarta: GIZ
GIZ. 2018. “Parameter Evaluasi Implementasi Teaching Factory”. Jakarta: GIZ
Hadlock, H., Wells, S., Hall, J. 2008. “From Practice to Entreupreneurship: Rethinking the learning factory approach”. Proceedings of the 2008 IAJC-IMJE International Conference. ISBN 978-1-60643-379-9
Levels, M., Velden, R. Van Der, & Stasio, V. Di. 2014. “From school to fitting work: How education to job matching of European school leavers is related to educational system characteristics”. Acta Sociologica. https://doi.org/10.1177/0001699314552807
Magretta, J. 2002. “Why business models matter”. Harvard Business Review. https://hbr.org/2002/05/why-business-models-matter. Diakses pada 12 Januari 2021.
Osterwalder, A dan Pigneur, Y. 2010. “Business Model Generation : A Handbook for Visionaries, Game Changers dan Challangers”. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.
Triyanto, MA Jerusalem, and N Fitrihana. 2019. “Business Model Canvas of Teaching Factory Fashion Design Competency Vocational High school in Yogyakarta”. Journal of Physics: Conference Series. DOI : 10.1088/1742-6596/1273/1/012049
Zoot, C; Amit, R. 2010. “Business Model Design: Creating Value in Times of Change,” Academic Working Paper, IESE Business School, Universitiy of Navarra.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yustinus Rosa Indra Wardana, Tri Hannanto Saputra, Reza Andrea
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article