UPAYA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DAN KESEHATAN: PROGRAM “EDITEKES” UNTUK POKMAS SEKUMPUL
DOI:
https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i1.2455Keywords:
Pola Hidup Bersih dan Sehat Rumah Tangga, Edukasi Kesehatan, Kesehatan Masyarakat, EditekesAbstract
Kesenjangan digital dan rendahnya kualitas kesehatan merupakan tantangan yang dihadapi oleh Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pengajian Sekumpul Sempaja Selatan. Dampak banjir adalah masalah kesehatan yang sering dialami Pokmas ini. Program Edukasi Teknologi Informasi dan Kesehatan (Editekes) dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan memberikan edukasi tentang penggunaan teknologi digital dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Pokmas rentan terdampak masalah kesehatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas program Editekes dalam meningkatkan literasi digital khususnya dalam PHBS, dan kualitas hidup masyarakat. Program Editekes dikembangkan di teknik pengembangan multimedia mulai dari tahap, konsep, desain, sampai distribusi. Program Editekes mengajarkan tentang 10 keterampilan PHBS bagi rumah tangga, mulai dari, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi asi eksklusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah. Data dikumpulkan melalui alpha testing dan UAT, hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa program Editekes efektif dalam meningkatkan literasi digital dalam membentuk PHBS. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pengembangan program multimedia edukasi kesehatan serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemahaman tentang keterkaitan antara literasi digital, kesehatan masyarakat, dan teknologi informasi dalam konteks kualitas kesehatan rumah tangga.
References
Anwar, Y., & Ningrum, M. V. R. (2022). Dampak bencana banjir terhadap ekonomi masyarakat di Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 9(1). http://dx.doi.org/10.20527/jpg.v9i1.12457
Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. (2022). Kota Samarinda dalam angka 2022 [Kota Samarinda in Figures 2022]. Badan Pusat Statistik Kota Samarinda. https://samarindakota.bps.go.id/publication/2022/02/25/9bccd10b81b1be9b0637bf8e/kota-samarinda-dalam-angka-2022.html
Fadylah, N., Maharani, D., Enjelin, M., Kodea, F. F., Ambuasi, S. B., & Rabiah, R. (2024). Penyuluhan kesehatan tentang perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Idea Pengabdian Masyarakat, 4(02), 132-137. https://doi.org/10.53690/ipm.v4i02.225
Hatta, H. R., Suroso, M. H., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2021). Application of Haversine formula in education game “Landmark Nusantara”. In Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Science and Technology (BIS-STE 2020) (pp. 234-237). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/aer.k.210810.039
Kuntari, T., Earlyawan, P., Pradana, B., & Purnamasari, I. (2023). Pelatihan dokter kecil dan pengenalan PHBS sebagai upaya peningkatan kesehatan berbasis sekolah. Jurnal Abdimas Budi Darma, 3(2), 39–44. http://dx.doi.org/10.30865/pengabdian.v3i2.6020
Kustiawan, U. (2016). Pengembangan media pembelajaran anak usia dini. Penerbit Gunung Samudera. ISBN : 978-602-1223-48-2
Lesmana, M. A., Astuti, I. F., & Septiarini, A. (2021). Penerapan augmented reality sebagai media pengenalan pesawat udara berbasis Android. Informatika Mulawarman: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 16(2), 71-79.
Maharani, T. D., Saraka, S., & Wahyuni, S. (2021). Pembinaan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) rumah tangga sebagai upaya pengembangan masyarakat sadar lingkungan. Learn Soc J CSR Educ Empower Commun, 2(2), 126-132. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.1215
Marina, R., Ariati, J., Anwar, A., & Astuti, E. P. (2023). Climate and vector-borne diseases in Indonesia: A systematic literature review and critical appraisal of evidence. International Journal of Biometeorology, 67(1), 1-28. https://doi.org/10.1007/s00484-022-02390-3
Mohd, C. K. N. C. K., & Shahbodin, F. (2015). Personalized learning environment: alpha testing, beta testing & user acceptance test. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 837-843.
Nastasi, N., Haines, S., Ling, X. Y., Silva, H., Divjan, A., & Barnes, M., et al. (2020). Morphology and quantification of fungal growth in residential dust and carpets. Building and Environment, 174, 106774. https://doi.org/10.1016/j.buildenv.2020.106774
Norfai, N., Rahman, E., & Anam, K. (2020). Edukasi 10 indikator perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tatanan rumah tangga di SMA Korpri Kota Banjarmasin tahun 2020. Jurnal Abdimas Kesehatan, 2(3), 178–189. http://dx.doi.org/10.36565/jak.v2i3.124
Ramdhan, M. (2023). Pengaruh pelatihan kewirausahaan, kemampuan memanfaatkan teknologi, dan tingkat pendidikan terhadap produktivitas pelaku UMKM di wilayah Situ Panjalu Ciamis. Jurnal ASIK: Administrasi, Bisnis, Ilmu Manajemen, & Kependidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59639/asik.v1i1.9
Rohmah, N., Elvira, V. F., & Badrah, S. (2023). Upaya pemberdayaan masyarakat: Rumah sehat bebas asap rokok di kawasan masyarakat tropis. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 1129-1137. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13240
Seni, W., Amalia, R., Amani, Z. R., Hikmah, N., Faihaa, P., Gustiana, A., & Rahmadani, S. (2024). Gambaran Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga Di Desa Lam Rukam Kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Celebes, 5(01), 1-7.
Sri, D., & Margareta, C. (2020). The effect of entrepreneurship training, the ability to use technology and education on the productivity of women entrepreneurs of UMKM. Economic and Education Journal (Ecoducation), 2(2), 142-158. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v2i2.865
Sutarto, S., Adila, N., Sari, R., & Indriyani, R. (2023). Analisa komplikasi penyakit infeksi dan riwayat berat-panjang badan saat lahir pada kejadian stunting balita di Indonesia. Jurnal Niara, 16(1), 149–166. https://doi.org/10.31849/niara.v16i1.14044
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article