PERANCANGAN, IMPLEMENTASI DAN EVALUASI CYBERBRANDING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA PLATFORM AKUN SHOPEE UMKM ‘MERAJUT ASA KITA’ 2024

Authors

  • M. Attila Ibest Moeslim J. Diko Manajemen Pemasaran, Universitas Telkom
  • Astri Wulandari Manajemen Pemasaran, Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i1.2457

Keywords:

Bisnis, UMKM, CyberBranding, Kesadaran Merek, Jangkauan Pasar.

Abstract

Berkembangnya berbagai sektor bisnis menuntut para pelaku bisnis untuk mempertahankan serta meningkatkan usaha yang telah dibangunnya. Hal ini juga disebabkan oleh berbagai adanya persaingan bisnis. Berbagai upaya dilakukan termasuk menggunakan berbagai strategi bisnis yang di anggap tepat untuk mempertahankan bisnisnya di atas kondisi persaingan yang begitu besar. dalam bisnis terdapat beberapa tingkatan bisnis, baik tingkat mikro, menengah maupun makro. Merajut Asa Kita merupakan salah satu UMKM yang bertempat di Kota Bandung, Jawa Barat. UMKM ini bergerak di bidang busana dan aksesoris dengan benang sebagai bahan utama dan rajut sebagai cara dalam memproduksinya. Merajut Asa Kita mengalami kesulitan dalam meningkatkan kesadaran merek, maka penulis melakukan implementasi teori CyberBranding dengan tiga instrumen utamanya yaitu : informasi, interaktivitas, dan insting. Dalam melakukan penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang di mana penulis menjadi instrumen kunci. Adapun dalam melakukan pengumpulan data penelitian ini penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CyberBranding berpengaruh dalam meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan jangkauan pasar dari UMKM Merajut Asa Kita melalui data yang pengunjung yang terlihat setelah implementasi dari CyberBranding dilakukan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi UMKM Merajut Asa Kita untuk dapat menggunakan CyberBranding sebagai langkah untuk membangun kesadaran merek yang lebih luas lagi dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di Shopee. Implikasi dari temuan ini adalah CyberBranding sangat membantu UMKM Merajut Asa Kita dalam meningkatkan kesadaran merek serta meningkatkan jangkauan pasar.

References

Aisyah, N., Rahman, M. A., & Aisyah, S. (2021). Analisis Islamic Branding Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Melalui Brand Awareness Sebagai Mediasi pada Remaja Wanita di Kota Makassar. Sipakalebbi, 5(2), 180–196. www.kemenperin.go.id

Aurora Lubis, T., Elliyana, D., & Haris Saputra, M. (2023). Post-COVID-19 improvement strategies for strengthening the competitiveness of MSMEs in the tourism area of Jambi Fitriaty 1*. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 16(1), 97–110. https://doi.org/10.25105/jmpj.v16i1.15674

Ayu Anggraini, C., Perbawasari, S., & Ryanto Budiana, H. (2018). Cyberbranding Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness Shopee Indonesia. Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, 2.

Baskara, A., & Nurhayati. (2023). Consumer Behavior in Marketing 4.0: Social Media Marketing and Website Marketing on Purchasing Decisions through TAM As a Mediating Variable. International Journal of Social Science and Business, 7(3), 550–559. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i3.52056

Fatmawati, I., Fathin, A. A., & Jaroenwanit, P. (2023). Understanding how customers shape purchase decisions in the e-commerce marketplace. Bisnis dan Manajemen, 15, 229–254. https://doi.org/10.26740/bisma/v15n2.p229-254

Firdausiah, R. A., Sunaryo, S., Sumiati, S., & Abidin, N. A. B. Z. (2024). Exploring Brand Loyality: Revealing The Effect of Brand Experience Mediated by Brand Love and Trust Among Smartphone Users in Malang City. Jurnal Aplikasi Manajemen, 22(1). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2024.022.01.03

Fitri, G., Susilo, A., Rani, U., & Khotijah, S. A. (2022). The Trusting Beliefs Of Users And The Intention To Continue Making Purchases Via Social Commerce. Journal of Indonesian Economy and Business, 37(1), 1–14. https://journal.ugm.ac.id/v3/jieb

Girsang, R. M., Lie, D., Augustinah, F., & Sudirman, A. (2024). Analysis Customer Satisfaction and its Implications for Customer Loyalty and Purchase Intention for Cinepolis Cinemas Tickets. International Journal of Social Science and Business, 8, 169–181. https://doi.org/10.23887/ijssb.v8i1.56488

Hadi Kurniawanto, Sigit Auliana, Jaka Wijaya Kusuma, Suhandi, & Tjahja Muhandri. (2024). Improving Packaging and Marketing of Local Products Through the Application of Packaging Technology and Innovation to Increase the Income of the Community in Opak Village. International Journal of Social Science and Business, 7(4), 810–816. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i4.73717

Haris, A., Samosir, H. E., & Lubis, S. H. (2022). Marketing Communications as Strategy Expanding Market Share In Era 4.0. International Journal of Social Science and Business, 7(1), 188–198. https://doi.org/10.23887/ijssb.v7i1.53535

Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing management.

Muhyidin, A., Sutar, S., & Maswanto, M. (2024). Towards sustainable consumption: The role of knowledge, environment, and promotion for the millennial generation. Bisnis dan Manajemen, 16, 144–166. https://doi.org/10.26740/bisma.v16n2.p144-166

Nguyen, N. H., & Hoang, D. P. (2024). Linking Relationship Marketing to Customer Loyalty in The E-Banking Context: The Central Role of Customer Satisfaction. Gadjah Mada International Journal of Business, 26(1), 109–140.

Pahlevi, R. (2022). Survei: Shopee Jadi Marketplace Paling Digunakan Pelaku UMKM untuk Jualan Produk. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/11/survei-shopee-jadi-marketplace-paling-digunakan-pelaku-umkm-untuk-jualan-produk

Pranitasari, D., & Sidqi, A. N. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 18(02), 12–31. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.438

Pratminingsih, S. A., Johan, A., & Salsabil, I. (2022). The effect of destination attractiveness on destination attachment and its impact on tourist sustainable behavior. Jurnal Siasat Bisnis, 222–234. https://doi.org/10.20885/jsb.vol26.iss2.art8

Raditya, A., Harianto, E., & Nahar, F. H. (2024). The Role Of Experiental Marketing Towards Purchase Intention In Vertical Building Property Mediated By Brand Image And Brand Awareness. Jurnal Aplikasi Manajemen, 22(1). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2024.022.01.07

Rahmah, N. F., & Wibowo, S. (2020). Pengaruh Promosi Sosial Media Instagram Dan Facebook Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Wisata Alam Gunung Papandayan Tahun 2020. e-Proceeding of Applied Science, 1347–1357.

Rizi, Y. A., Dharma, F., Amelia, Y., & Prasetyo, T. J. (2023). Factors Affecting Trust and Interest In Transactions By Indonesian MSME Sellers In E-Commerce. Journal of Indonesian Economy and Business, 38(1), 19–42. https://journal.ugm.ac.id/v3/jieb

Sabuhari, R., Soleman, M. M., Adam, M. A., & Abdul Haji, S. (2023). Do Adaptability and Innovation Speed Matter in Increasing Sales of MSMEs during the COVID-19 Pandemic? Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 26(1), 115–128. https://doi.org/10.14414/jebav.v26i1.2994

Sudarmiatin, S., Fitriana, F., & Hidayati, N. (2023). The Implementation of Digital Marketing in SME’s: Opportunities And Challenges During The Covid-19 Pandemic. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.9.1.72

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Suryawardani, B., & Wulandari, A. (2020). Determinant Factors of Customers Switching Behavior to Customer Satisfaction and Loyalty in Online Transportation Users in Bandung. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(1), 12–26. https://doi.org/10.15294/jdm.v11i1.21432

Tedjokusumo, C., & R. Murhadi, W. (2023). Customer satisfaction as a mediator between service quality and customer loyalty: a case study of Bank Central Asia. Jurnal Siasat Bisnis, 156–170. https://doi.org/10.20885/jsb.vol27.iss2.art3

Vem, L. J., Ojie Eshue, P., & Ramayah, T. (2024). Role of Cultural Intelligence and Customer Involvement on Behavioral Loyalty Toward Manufactured Products in Nigeria. Gadjah Mada International Journal of Business, 26(2), 141–163.

Vindi, & Irwadi. (2022). Pengaruh Cyber Branding dan Brand Awareness Terhadap Buying Decision Pada Produk Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Manajemen STMB Multismart). CERMIN : JURNAL PENELITIAN, 6(1), 18–29.

Wijaya, I. G. N. S., Malintang Latanro, A. B. B. S., & Sugianitri, N. N. A. R. (2024). The Influence of Marketing Strategy on Marketing Performance from a Management Perspective in the Disruption Era. Binus Business Review, 15(1), 15–28. https://doi.org/10.21512/bbr.v15i1.10431

Wulandari, A., Suryawardani, B., Marcelino, D., Satrya, G. B., Prawita, F. N., & Febrianta, M. Y. (2022). Online Marketing Education and Application Development for MSMEs in Buah Batu District Bandung. Jurnal Penyuluhan, 18(02), 185–195. https://doi.org/10.25015/18202238834

Zatalini, H., Achsani, N. A., & Retnaningsih, R. (2024). Development of Online Store Marketing Strategy for Obsolete Fashion Shukufukuu.Id. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.10.1.119

Published

2024-06-29

How to Cite

Diko, M. A. I. M. J. and Wulandari, A. (2024) “ PERANCANGAN, IMPLEMENTASI DAN EVALUASI CYBERBRANDING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA PLATFORM AKUN SHOPEE UMKM ‘MERAJUT ASA KITA’ 2024”, Sebatik, 28(1), pp. 46–57. doi: 10.46984/sebatik.v28i1.2457.

Issue

Section

Articles