JARINGAN SYARAF TIRUAN PERCEPTRON UNTUK PENENTUAN POLA SISTEM IRIGASI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATRA BARAT

Authors

  • Musli Yanto Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Putra Indonesia “YPTK“ Padang
  • Rini Sovia Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Putra Indonesia “YPTK“ Padang
  • Eka Praja Wiyata Mandala Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Putra Indonesia “YPTK“ Padang

Keywords:

Jaringan Syaraf Tiruan, Algoritma Perceptron, Variabel dan Keputusan

Abstract

Penelitian Jaringan Syaraf Tiruan dengan menggunakan algoritma Perceptron ini, akan digunakan dalam menyelesaikan kasus untuk menunjang sebuah keputusan pada pembangunan irigasi air di daerah Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Metode Jaringan Syaraf Tiruan algoritma Perceptron adalah sebuah metode yang mampu melakukan proses perhitungan dengan mengenali variabel-variabel dalam pencocokan pola dan pada akhirnya hasil keluaran dari Jaringan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pesisir Selatan yang kesulitan dalam menentukan daerah mana yang seharusnya terlebih dahulu di prioritaskan untuk pembangunan sistem irigasi, sehingga pihak Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pesisir Selatan cepat tanggap dalam memutuskan pembangunan sistem irigasi. Konsep pola Jaringan Syaraf Tiruan Algoritma Perceptron yang dihasilkan akan diterapakan kedalam Sistem pengambilan keputusan yang bermanfaat untuk mepermudah kinerja Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Kabupaten Pesisir Selatan dalam pengolahan dan penentuan keputusan pembangunan sistem irigasi.

References

Arifin, Muhamad, 2018 Aplikasi Jaringan Saraf Tiruan Metode Perceptron Pada Pengenalan Pola Notasi, Jurnal SIMETRIS, Vol. 9 No. 1
David. Perancangan Perangkat Lunak Pengenalan PolaKarakter Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan Perceptron. 2011. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA. 1(1): 10-19.
Diyah Puspitaningrum, 2006, Pengantar Jaringan Syaraf Tiruan, Yogyakarta: ANDI.
Fc. Lucky Laura Van, 2016, Klasifikasi Gaya Belajar Visual-Audiotorykinesthetic (V-A-K) Mahasiswa Berbasis Jstmenggunakan Algoritma Perceptron, Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, Volume 7 , Nomor 1.
Fernandya Riski Hartantri Dan Ardi Pujiyanta, 2014, “Deteksi Penyakit Dan Serangan Hama Tanaman Buah Salak Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (Jst) Dengan Metode Perceptron”, Urnal Sarjana Teknik Informatika E-Issn: 2338-5197 Volume 2 Nomor 2.
Hermawan, Arif. 2006. Jaringan Saraf Tiruan Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi
Pujiyanta Ardi, 2009, Pengenalan Citra Objek Sederhana Dengan Jaringan Syaraf Tiruan Metode Perceptron, Jurnal Informatika Vol. 3, No. 1.

Downloads

Published

2018-12-04

How to Cite

Yanto, M., Sovia, R. and Mandala, E. P. W. (2018) “JARINGAN SYARAF TIRUAN PERCEPTRON UNTUK PENENTUAN POLA SISTEM IRIGASI LAHAN PERTANIAN DI KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATRA BARAT”, Sebatik, 22(2), pp. 111–115. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/317 (Accessed: 20 April 2024).