PENGEMBANGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PASING BAWAH PERMAINAN BOLA VOLI SMP KELAS VII
Keywords:
Pengembangan Pembelajaran, Pasing Bawah, Bola voliAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan teknik pembelajaran pasing bawah permainan bola voli untuk siswa SMP kelas VII sebagai solusi bagi guru dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran pasing bawah bawah permainan bola voli. Pengembangan teknik pembelajaran pasing bawah dilakukan di SMP Negeri 1 Palembang dengan menggunakan metode penelitian research adn development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Palembang Kelas VII angkatan 2018/2019. Teknik analisis data deskriptif dengan persentase. Hasil evaluasi satu-satu didapatkan dari guru PJOK adalah sebesar 80% sehingga produk dikategorikan layak, selanjutnya produk sudah dikatakan layak maka dilanjtkan dengan uji coba kelompok kecil pada 12 siswa/siswi kelas VII di dapatkan nilai pada ranah keterampilan pasing bawah sebesar 11 siswa (91,66%) diujicobakan lulus KBM, sedangkan untuk penilaian ranah pengetahuan di dapatkan 11 siswa (91,66%) lulus KBM, dari hasil penelitian ini maka produk pengembangan teknik pembelajara pasing bawah permainan bola voli “layak” digunakan untuk siswa SMP kelas VII. Temuan dalam penelitian ini adalah dihasilkannya 12 baru teknik pembelajaran pasing bawah yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran pasing bawah. Implementasi dari penelitian pengembangan ini adalah dapat digunakan oleh guru PJOK sebagai tambahan variasi teknik dalam mengajar pasing bawah permainan bola voli.
References
Direktorat jenderal manajemen pendidikan dasar dan menengah direktorat pembinaan sekolah menengah atas. 2008. Panduan Penulisan butir soal departemen pendidikan nasional.
Endang Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Hamzah B. Uno dan Nurdin Mohamad. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif, Menarik. Jakarta. Bumi Aksara.
Jamil Suprihatiningrum. 2012. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: A-Ruzz Media.
Mardapi, D. 2012. Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Maya Nurhayati. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Tactical Game Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Educatio Vol 2 No 1, ISSN: 2548-6756 , Hal 1-8.
M. Taufik Hidayat. 2015. Peningkatan Kemampuan Pass Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Latihan Pass Bawah Duduk Berdiri Pada Bangku Dan Pass Bawah Dengan Berjalan Pada Siswa Kelas Vi Sdn Tanggul Wetan 01 Jember. Jurnal Pancaran Pendidikan Vol 4 No 1, ISSN: 0852601X, Hal. 153-164.
Rukmana, Anik. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Saipul A Damanaik, Zen Fadli, dan Hadi Suyono. 2016. Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga yang Sudah Disertifikasi. Jurnal penelitian bidang pendidikan. Vol 22 No 2 ISSN: 2502-7182, Hal 139-134.
Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunardi dan Kardiyanto, D.W. 2013. Bolavoli. Surakarta: UNS Press.
Syafaruddin, Hartati & Destriana. 2018. Development of interactive multimedia the subjects course of work. International Journal of physical education, sport, and health Vol 5 Issue 2, Part A Pag. 01-03. http://www.kheljournal.com/archives/?year=2018&vol=5&issue=2&part=A (diakses tanggal 12 Oktober 2018)
Try Sevita Haryanto, Wasis Djoko Dwiyogo & Sulistyorini. 2015. Pengembangan pembelajaran Permainan Bolavoli menggunakan media interaktif di SMP Negeri 6 Kabupaten di Situbondo. Jurnal Pendidikan Jasmani Vol 25 No 1 ISSN: Page 123-128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights; Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights, The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books, The right to reproduce the article for own purposes, The right to self-archive the article