SMART CITY KUTAI KARTANEGARA DENGAN PENDEKATAN FRAMEWORK CITIASIA: SEBUAH KAJIAN ANALISIS

Authors

  • Indah Fitri Astuti Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Mulawarman
  • Dedy Cahyadi Jurusan Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Mulawarman

Keywords:

analisis, smart city, kutai kartanegara

Abstract

Kabupaten Kutai Kartanegara di provinsi Kalimantan Timur adalah salah satu dari 25 kabupaten/kota yang mendapat kesempatan untuk mulai mengembangkan Gerakan 100 Smart City yang dicanangkan pada Smart City Summit 2017 di Makassar. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJPMD) 2016-2021 kemudian memuat perencanaan pembangunan Samrt City yang disepakati dengan istilah Smart Regency Kutai Kartanegara dengan visi terwujudnya masyarakat kabupaten Kutai Kartanegara yang cerdas dengan sektor pertanian dan pariwisata sebagai penggerak utama yang didukung oleh teknologi informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun analisis Smart Regency Kutai Kartanegara. Metode analisis Smart Regency Kutai Kartanegara disusun dengan menggunakan pendekatan kerangka kerja Citiasia. Model Citiasia mempromosikan kemajuan bangsa dengan menyediakan solusi kota pintar yang menggabungkan model yang akurat dan kuat dengan dukungan teknologi canggih dan mudah digunakan. Terdapat enam aspek cerdas yang akan dianalisis dan dibangun, yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.  Penelitian menghasilkan dokumen analisis Smart Regency yang telah dilengkapi dengan analisis gap antar aspek cerdas, analisis pembangunan Smart Regency, sasaran, arah kebijakan, dan analisis kesiapan daerah.

References

Citiasia, 2015, Smart Nation: Mastering Nation’s Advancement from Smart Readiness to Smart City, Jakarta: 2016.
Hall, R.E., Bowerman, B., Braverman, J., Taylor, J., Todosow, H., Von Wimmersperg, U. The Vision of a Smart City, 2nd International Life Extension Technology Workshop, Paris, 2000.
Sikora-Fernandez D., Stawaz D., The Concept of Smart City in the Theory and Practice of Urban Development Management, Romanian Journal of Regional Science, Vol 10 (1), 2016.

Downloads

Published

2018-12-04

How to Cite

Astuti, I. F. and Cahyadi, D. (2018) “SMART CITY KUTAI KARTANEGARA DENGAN PENDEKATAN FRAMEWORK CITIASIA: SEBUAH KAJIAN ANALISIS”, Sebatik, 22(2), pp. 219–225. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/331 (Accessed: 18 April 2024).