PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PENJASORKES PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Giartama Giartama Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP Universitas Sriwijaya
  • Hartati Hartati Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP Universitas Sriwijaya
  • Destriani Destriani Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP Universitas Sriwijaya
  • Ahmad Richard Victoriand Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sriwijaya

Keywords:

Model Pembelajaran, Tematik Integratif, Penjasorkes, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran tematik integratif penjasorkes pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development . Subjek uji coba skala kecil berasal dari satu sekolah dasar yang terdiri dari 1 orang guru penjasorkes dan 20 siswa, serta untuk subjek uji coba skala besar berasal dari dua sekolah dasar yang berbeda yang terdiri dari 2 orang guru penjasorkes dan 45 siswa. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari: (a) penilaian skala nilai validasi; (b) angket guru penjaskes; , dan (c) nilai tes pengetahuan. Hasil penilaian untuk skala besar dari 1) Skala dari validasai ahli, yang pertama ahli materi pendidikan jasmani dan kesehatan dengan persentase nilai sebesar 74% dan masuk pada kategori “layak” dan yang kedua ahli materi IPA anak sekolah dasar dengan persentase nilai 84% masuk pada kategori “sangat layak”, 2) Angket guru penjaskes dengan nilai rata-rata sebesar 81% sehingga masuk pada kategori “sangat layak”, dan 3) Nilai tes pengetahuan siswa dengan rata-rata nilai 86,2. Hasil penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan model pembelajaran tematik integratif ini layak digunakan untuk proses pembelajaran Penjasorkes di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah guru dapat menggunakan pengembangan model pembelajaran ini untuk variasi dalam mengajar, dan untuk siswa dapat menambah minat dalam mata pelajaran Penjasorkes.

References

Husdarta & Kusmaedi. 2013. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik olahraga dan kesehatan. Bandung: Alfabeta
Ismail.Al-oun Sood,, & Hameed, Al-leheeby, MQ. 2015. Obstacles Facing The Implementation Of Physical Education Curriculum In Iraqi Public Schools As Perceived By Teacher In Anbar Governorate. Al al-Bayt University. Vol. 11. No. 16.
Joyce. Weil. & Calhoun. 2009. Model of teaching Model –Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ken Ghanakan. 2013. The Integrated Learning Experience. William Carey Internasional Development. Jurnal. Vol 2 Issue I Winter.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
Rosdiani, Dini. 2012. Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-12-04

How to Cite

Giartama, G., Hartati, H., Destriani, D. and Victoriand, A. R. (2018) “PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PENJASORKES PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR”, Sebatik, 22(2), pp. 167–171. Available at: https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/334 (Accessed: 29 March 2024).